Tutorial: Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung

Tutorial: Cara Membuat Bunga dari Kulit Jagung- Postingan kali ini adalah tutorial non-rajutan ^ ^
Selain emang pengen ganti suasana, aku juga kebetulan beberapa bulan lalu mencoba membuat bunga sendiri dari kulit-kulit jagung yang ada di rumah. Alhamdulillah bulan September lalu dapat panenan jagung banyak. Jagungnya dibakar sementara kulitnya daripada jadi sampah akhirnya aku jadiin sesuatu yang bisa bermanfaat...ehem ehem.


Step by step diy bunga klobot jagung

Bunga-bunga dari klobot jagung ini bisa jad penghias rumah dan hasilnya bisa jadi unik dan natural. Aku secara pribadi suka dengan warna kulit jagung yang sudah kering. Warnanya earthy dan natural.

Tutorial ini terinspirasi dari blog ini http://www.joyeverafter.com/blog/2012/11/14/corn-husk-flower-diy.html dengan modifikasi dari aku sendiri. Tapi problemnya aku belum tahu formula yang tepat biar kulit jagungnya gak gampang lepas dari kelopaknya.

Bahan:
Kulit jagung (dikeringkan di suhu ruangan kira-kira beberapa hari sampai warnanya berubah kuning pucat atau kecoklatan).
Lem (aku pake lem UHU, mungkin bisa juga diganti lem lilin/ lem tembak/ gluegun)
Gunting
Baskom berisi air


Cara membuat:
1. Pilih kulit jagung yang teksturnya masih bisa dibengkokkan, jangan yang terlalu keras atau terlalu tipis karena kulit ini gampang robek. Aku pribadi sengaja memilih kulit jagung yang sedikit bengkok agar menyerupai kelopak bunga beneran.
2. Buat pola kelopak dengan gunting. Aku bikin langsung dengan menggunting kulit jagungnya, mulai dari 3-4 kelopak kecil, 3-4 kelopak sedang, dan 5-8 kelopak besar. Polanya nggak harus simetris gitu sih, menurutku. Bikin aja sesuai keinginanmu, tiap beda potongan hasil jadi bunganya juga beda. Asyik kan?
3. Rendam 1 helai kulit jagung ke dalam sebaskom air. Setelah ia tampak layu, ambil dan tiriskan. Tunggu sampai kering. Potong 1 helai kulit jagung tersebut menjadi selebar 1-2cm, lalu lem di satu sisi,  dan gulung hingga membentuk 1 roll tabung kecil.
4. Buat lingkaran dari kulit jagung dengan diameter sama dengan diameter roll. gunting dan tempelkan bulatan tersebut di bagian roll. Dengan begitu roll tersebut bisa berdiri tegak dan di bagian samping roll tersebut menjadi tempat ditempelkannya kelopak-kelopak bunga.

bagian tengah = roll

5. Tempelkan bagian-bagian kelopak mulai dari paling atas yakni kelopak-kelopak kecil, disusul kemudian dengan kelopak sedang, dan terakhir kelopak besar. Susun melingkari roll sehingga menyerupai bunga asli.
6. Keringkan dan beri gagang dari lidi atau kawat yang dibalut dengan leaf tape.


i love the natural look of corn husk! so lovely...


Hmm... jadinya gak beraturan ya? Emang itulah uniknya bunga ini, menurutku lho...
Apa kamu mau coba buat juga di rumah? ^ ^

[ Update] Coba deh cek tutorial bunga dari kulit jagung yang lain di tulisanku lainnya. Klik di sini.

Happy crafting ^ ^



Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
F. Nisa
admin
31.1.14 ×

terima kasih udah berkunjung.

Reply
avatar
vicky rani
admin
28.8.14 ×

wah.. bagus bgt.. aku mau coba ah. makasih sharingnya bos.

Reply
avatar
Julio
admin
14.5.15 ×

good.. thank infonya ya..

Reply
avatar