Tips Mendesain Ruang Dapur yang Kecil

Bagi yang suka masak, mendekorasi dapur sendiri tampaknya bisa menjadi aktivitas yang sangat penting dan bisa jadi menyenangkan. Biar mood memasak makin maksimal, ada banyak style dan desain yang bisa diadopsi. Misalnya, style Asia yang mengacu pada desain gaya Jepang, China, Korea, Turki,  atau style ala Amerika dengan gaya country-nya, style minimalis ala Skandinavia, dan style apa saja yang bisa diterapkan di dapur dan bikin suasana memasak jadi lebih seru.
dapur yang indah...bikin kita jadi betah  : )
Apakah anda termasuk yang suka bereksperimen di dapur namun belum melakukan hal berarti untuk menciptakan dapur yang sesuai impian? Atau anda ingin mendekorasi sesuai yang ada di imajinasi, namun tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mewujudkannya? Jika ya, maka nggak ada salahnya membaca artikel di blog kali ini… ^ ^

Buat perencanaan detail tentang desain dapurmu. Rencana itu penting sebelum melakukan apapun agar hasil yang didapat juga maksimal. Jika yang dirombak meliputi bagian lantai, maka anda perlu menghitung presisi ukuran lantai dapur yang hendak didesain ulang. Pilih material yang sesuai untuk lantai. Bisa dari bahan keramil, marmer, kayu asli, kayu imitasi, batu, dan lainnya.
dapur kusam, bikin masak jadi enggan ya...: (
Jika ternyata ruang dapur tidak terlalu luas, anda bisa mencoba merombaknya sehingga tampak lebih luas. Pertama tentukan dulu apakah anda akan melakukan perubahan pada bagian dasar dapur (misalnya atap, lantai, tembok, dll)  atau kamu hanya akan menambahkan elemen dan aksen yang akan membuat dapur tampak berbeda. Misal, mengecat dinding dapur yang kecil dengan warna yang dingin. 

Baca juga: Tips Sebelum Mengecat Rumah

Warna dingin meliputi; biru, ungu, hijau, magenta, aqua. Alasan memilih warna dingin ini tak lain adalah kemampuannya yang dapat membawa udara agar suasana dapur terasa sejuk. Selain itu fakta juga menunjukkan bahwa warna ini juga membuat ruangan tampak lebih besar.

Anda bisa juga mengecat dengan warna netral semisal, krem, beige, abu-abu, putih, atau warna netral lain. Dengan merencanakan detail mengenai warna cat untuk dinding, atap, dan bagian interior dapur, anda bisa memperoleh dampak yang positif dalam beraktivitas.  Mood yang bagus mendorong hasil karya  masakan yang lebih bagus, bukankah begitu? : )

Selanjutnya, anda juga bisa menerapkan perspektif yang berbeda dalam merencakan desain dapur. Salah satunya dengan menambah elemen, furniture, atau perangkat dapur yang akan membantu memaksimalkan desain ruangan. Pencahayaan yang baik bisa diperoleh dengan memasang perangkat lampu yang cocok.

Tidak perlu membeli yang terlalu ngejreng, cukup yang bisa menonjolkan area-area tertentu dalam ruangan sehingga bisa tampak lebih luas. Sesuaikan juga lampu, warna dinding, model perangkat dapur, furniture, dan juga tirai jendela agar tampak matching dan selaras.

Nah, demikian sobat 
Semoga bermanfaat ya.... 


-nisa

image credit: publicdomainpictures.net

Previous
Next Post »