Impian Teknologiku Diwujudkan oleh AMD: Fractal Art is My Passion

Selama ini saya selalu mengharapkan laptop saya memiliki kemampuan grafis yang keren tapi nggak menghabiskan baterai. Ingin punya performa bagus, tapi powernya lebih efisien. Ingin yang desainnya unggul, tapi nggak pasaran. Ingin yang kemampuannya canggih, tapi harganya nggak mahal. 


Fractal art
Saya menahan diri untuk tidak terlalu berharap bahwa semua yang saya angan-angankan itu benar-benar akan jadi nyata. Bagi saya itu hanyalah “wants” bukan “needs”, karena saya bukan desainer grafis, desainer web, animator, atau arsitek yang butuh performa tinggi untuk mengoperasikan laptop. Bukan pula saya seorang gamer atau apa, karena saya home user biasa. Paling-paling saya pakai laptop cuma buat blogging dan membuat fractal art  (hobi favorit saya selain mendesain dan merajut).

Fractal Art is My Passion

Fractal art sendiri adalah karya seni digital dengan algoritma matematis (disebut juga algorithmic art atau fully computer-generated art). Fractal art hanya dibuat di komputer dengan bantuan fractal-generating software khusus. Ada banyak proses untuk menghasilkan karya fractal art yang cantik dan rumit. Meliputi pengaturan parameter yang tepat, kalkulasi matematis, dan rendering hasil fractal art dalam bentuk gambar, 3D, atau animasi.

Ini contoh fractal art yang pernah saya buat : )

Night



Saya sendiri yang tidak terlalu suka matematika, nekat mempelajari fractal art beberapa tahun lalu dengan “ tweaking” alias free style dari random batch yang tersedia. Karena penasaran saya pun susah payah mempelajari tutorial fractal art yang banyak tersebar di DeviantArt.

Sayangnya saya sudah jarang berkreasi dengan fractal karena tampilan grafis laptop saya yang jelek. Saya selalu butuh waktu lama untuk mengecek apakah ada flaws atau titik-titik yang mengganggu tampilan fractal yang saya buat sebelum melakukan rendering. Karena ini proses yang sangat melelahkan, menghabiskan waktu berjam-jam (bahkan kadangkala berhari-hari) dan membuat mata saya sakit ketika menatap laptop terlalu lama. Akhirnya saya menyerah dan tidak lagi membuat fractal... : (


Galeri saya di deviantart aja udah lama banget "mati suri".


Impian Teknologiku Diwujudkan oleh AMD

Impian itu sudah lama saya simpan dalam-dalam dan tidak terlalu berharap banyak karena kalaupun ada solusi inovatif untuk teknologi ini, saya mungkin tidak mungkin bisa membelinya. Bayangan saya pasti mahal.
Namun ketika saya membaca berita tentang peluncuran AMD A-Series APU (codename-nya Kaveri untuk versi terbaru 2014 ini), jujur saja saya sangat terkesan. AMD (Advanced Micro Devices) menjawab keinginan-keinginan terpendam seperti yang saya miliki. Mungkin ada banyak jutaan orang di luar sana yang juga memiliki keinginan serupa.

Penasaran,nih. Wallpapernya itu fractal art jugakah? via AMD
Inovasi AMD yang saya baca di situsnya www.amd.com adalah bahwa prosesor AMD A-series APU yang dirilis ini akan menaikkan level kinerja laptop dengan tetap menjaga agar baterai laptop tetap tahan lama, proses lebih cepat, mendukung untuk multitasking, dan kemampuan grafis yang keren. Teknologi yang ditawarkan prosesor ini akan membuka pengalaman baru yang lebih nyata, meskipun kita berada di dalam rumah atau sedang travelling/ mobile sekalipun.
AMD A-Series APU  ini memiliki kemampuan lebih cepat dan lebih baik. Teknologinya menggabungkan multi-core x86 CPU dan Radeon GPU dalam satu chip. Ditambah dengan dukungan software yang cocok menjadikan AMD APU menjadi chip yang powerful, sangat efisien, tapi tetap ramah di kantong. Sementara itu banyak kalangan gamer yang menggunakan chip ini karena performanya yang cepat, grafis yang keren seakan main game console di PS, Nintendo wii atau Xbox.

Mengenal AMD A-Series APU

Karena saya masih awam dan gaptek, maka saya hanya akan menjelaskan sekilas saja tentang chip Kaveri terbaru ini.

Pertama, AMD A-Series APU Kaveri memiliki core processor  dan graphics processor Radeon yang canggih (4 CPU cores, 8 GPU cores). Inovasi yang membawa lebih banyak efisiensi power dan performa yang sangat tinggi. AMD menggunakan full GPU di dalam chip terbarunya sehingga kemampuan laptop dalam memproses gambar akan jauh lebih sempurna. Kecanggihan chip terbaru AMD ini bisa dilihat saat laptop mampu mendeteksi gestur gerakan. Misalnya, dengan sekedar melambaikan tangan saja. CPU dan GPU memproses gerakan tangan dengan algoritma khusus.

Kedua, teknologi baru yang diwujudkan AMD melalui produk ini adalah penyatuan memory resource dari CPU dan GPU guna menambah performa sistem memori keseluruhan. Saya pribadi tidak mampu menjelaskan detail prosesnya karena ini topik yang sangat “techy” dan saya bukan geek

Ketiga,  arsitektur memori APU sangat bagus. APU menjalankan pengiriman proses data dari CPU ke GPU (dan sebaliknya) dengan latensi yang sangat rendah.

Keempat. AMD Turbo Core memiliki teknologi yang mampu menjalankan power bergantian antara CPU dan GPU berdasarkan loadingnya. Kita bisa menggunakan pemrosesan dengan satu aplikasi pada CPU, lalu mengoperasikan data paralel lainnya pada GPU dalam hardware yang sama. Turbo Core mampu menaikkan frekuensi GPU saat GPU menjalankan tugasnya yang intensif. 

Jika salah satu CPU atau GPU yang aktif, maka kita bisa menaikkan kecepatan dengan maksimal. Baik CPU core dan GPU saling bekerja sama dalam memproses serangkaian data yang besar sekalipun, sehingga program yang dijalankan dapat beroperasi dengan lebih cepat dan efisien.

Kelima, semua keunggulan yang ada pada AMD A series APU, tidak menjadikan produk ini mahal. Malah harga yang dibandrol jauh lebih terjangkau dibandingkan kompetitornya.

Kesimpulannya...

via http://semiaccurate.com/

Jika kita biasa menggunakan PC atau laptop untuk multitasking maka chip AMD A-Series APU Kaveri ini akan sangat membantu kinerja kita. Mau mengerjakan tugas pakai office, menjalankan aplikasi lain, membuat audio/video, digital art seperti 3D, animasi, atau fractal art bisa dilakukan secara multitasking. Secara sederhana teknologi ini membantu kita dalam menggunakan laptop dengan dan efisien dengan harga yang pas di kantong kita.

AMD dengan teknologinya semakin mempermudah kita untuk menggapai apa yang selama ini hanya ada di imajinasi kita. Bukankah hidup akan terasa lebih nyaman jika pekerjaan kita bisa selesai dengan cepat? Bukankah kita semua menyukai kemudahan dan efisiensi dalam segala hal? Jika ya, maka sudah saatnya kita mengambil pilihan.

Wish List: Create More and More Fractal

Untuk saya pribadi saya ingin membuat kreasi wallpaper fractal art berukuran super besar (Hi-Res), dengan style abstrak, bahkan bisa tampil dengan multi-monitor. 
via velocyra
Saya ingin membuat fractal dengan tampilan yang multi-screen dengan Radeon Eyefinity, bisa me-render fractal dengan tingkat kerumitan yang tinggi plus detail yang sangat akurat tanpa membuat laptop crash atau nge-hang bahkan saat melakukan deep-zoom sekalipun adalah impian saya selama ini (yang bahkan saya sudah hampir putus asa untuk mewujudkannya *lebay).

Impian teknologiku diwujudkan oleh AMD, biarpun yaa...tetap saja saya musti nunggu tabungan penuh dulu untuk mewujudkan semua impian itu... ^ ^

Last, I hope I can get a New Notebook Powered with Newest Technology of AMD APU Kaveri soon, so I can Create Better Fractal Art...more and more.


===================

Disclaimer: Postingan ini untuk Lomba Blog AMD 2014. Konten dalam postingan ini bersifat opini pribadi. 
===================

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Pugna
admin
7.8.14 ×

Wah bisa ngegame terus gak berhenti2 nih kalo peralatannya kyk gitu..

Reply
avatar
F. Nisa
admin
14.8.14 ×

hmm, krn saiah bukan gamer, jd gk tahu. tp teknologi bagus apa buat nge-game aja? buat yg lain juga bisa dunk.. : )

Reply
avatar