Manfaat Merajut

Mengapa hobi rajut banyak digemari? Ada beragam alasan untuk menjawab pertanyaan itu. Bahkan saya pikir, jawaban antara satu orang dengan yang lain tidaklah sama. Hobi rajut sebagaimana hobi yang lainnya, memiliki aspek yang sangat personal. 

Manfaat Merajut yang Penting untuk Diketahui:

Manfaat Kesehatan

#1. Membantu Otot dan Otak, Serta Mencegah Alzheimer
Bagi seseorang, merajut bisa jadi adalah hobi yang sangat menyehatkan. Seseorang yang merajut dapat melepaskan tekanan otot-otot di tangan karena menuntut ketrampilan tangan dalam membuat suatu bentuk karya. Makanya tidak heran kalau ada penelitian yang menyebutkan bahwa merajut adalah solusi yang bagus untuk mencegah alzheimer.

#2. Mempertajam Ingatan
saya pernah pula membaca di surat kabar bahwa seseorang dapat terhindar dari kepikunan karena merajut. Ingatan mereka masih tajam meskipun sudah lanjut usia. Mereka masih bisa berhitung dengan tangkas dan kecermatan mereka sangat bagus.


#3. Terapi Kejiwaan/ Psikis
Selain itu dalam sumber yang lain, merajut juga mampu menjadi terapi yang bagus untuk penyakit kejiwaan tertentu. Depresi kronis, stres, schizophrenia, dan demensia adalah beberapa jenis penyakit jiwa yang bisa diringankan dengan melakukan hobi satu ini.

Merajut membantu melepaskan tekanan stres. Aktivitas yang membutuhkan ketelitian, repetisi, dan ketenangan. Fokus pada bagian-bagian detail rajutan membuat seseorang lupa dengan pekerjaan lainnya. Merajut membawa ke dunia baru yang hanya akan membuat kita mau tak mau fokus pada hitungan tusukan, jenis motif, warna, dan detail lainnya agar semata-mata hasilnya bisa menjadi sempurna.

Memandang aneka warna benang dan beragam teksturnya juga berdampak positif untuk mata. Apalagi bagi yang seharian bekerja di depan monitor. Tentu saja mengalihkan sejenak pandangan mata ke tumpukan benang warna-warni akan sangat menyenangkan.


Manfaat Ekonomi

crochyayboxes
 Merajut bukan cuma memberi manfaat untuk sisi psikologis kita. Tetapi juga bisa mendatangkan sisi profit untuk hasil karya yang berhasil dijual. Meskipun tidak semua orang bisa mendapatkan banyak uang dari merajut, namun setidaknya ada aspek positif yang dirasakan seseorang saat mampu menjual hasil karya rajutannya.

Kepuasan yang dimiliki pun bukan cuma saat merajut karya yang cantik, unik, dan spesial, kepuasan saat orang lain menghargai karya kita dengan sejumlah uang dan mereka bahagia saat menerimanya/ memakainya adalah nilai plus.

Manfaat Sosial

Kegiatan merajut juga dapat menghubungkan orang-orang dengan hobi yang sama untuk saling bertukar pikiran, saling berbagi pola, dan saling mengajari satu sama lain. Seperti yang saya lakukan di sini.

Sebagian ada yang membuat perkumpulan atau komunitas rajut di daerah masing-masing yang bisa dikunjungi para penyuka rajut handmade baik yang senior atau yang baru belajar. Ada pula yang lebih nyaman untuk saling berhubungan dengan sesama perajut melalui grup-grup online, seperti di facebook, milis, dan situs-situs yang lainnya.
  

Apapun alasanmu menekuni hobi rajut ini maka semangatlah selama hal itu memberikan dampak positif baik untuk kebutuhan kesehatan, finansial, maupun kebutuhan sosial.

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
17.7.14 ×

Setuju sekali mba. Aku pernah baca jg ttg keuntungan merajut. Salah satunya memang melepas stres. Hahaha kayanya statemen bhw mrajut itu buat oma2 tidak terlalu benar ya.

Reply
avatar
F. Nisa
admin
7.8.14 ×

anak2 sd & smp di tempatku juga sempet "demam rajut" lho. mungkin karena emang lagi nge-trend yah.

Reply
avatar