SUN INDONESIA: Dukung Anak Muda Menjadi Enterpreneur

Siapa sangka bahwa di era dunia digital saat ini banyak anak muda Indonesia semakin kreatif dalam berkarya. Kita patut berbangga karena anak muda kita, nggak kalah jika harus bersaing ketat dengan anak-anak muda dari negara tetangga bahkan negara maju lainnya terutama di bidang teknologi informasi, seni, dan inovasi.
Sun Indonesia Entrepreneur Idea Competition
Menulis ide-ide bisnis.
via sxc.hu

Ngomong-ngomong soal inovasi. Salah satu faktor utama yang ditengarai mampu mendongkrak anak muda kita dalam berinovasi dan berkreasi di berbagai bidang termasuk bisnis, desain, dan teknologi adalah adanya event-event atau kompetisi perlombaan di kalangan anak muda kita. 

Kontes semacam ini akan mendorong seseorang berpikir kreatif dan berupaya memecahkan persoalan dengan hasil terbaik. Sangat penting untuk dicatat bahwa pengalaman dalam berkreasi dan berkompetisi dengan sesama itulah yang utama, bukan faktor besar kecilnya hadiah.

So…
Saya sangat mengapresiasi dengan program yang diluncurkan Sun Indonesia yang secara tak langsung berpartisipasi positif dalam menciptakan ranah yang kondusif bagi anak muda Indonesia. 

Sun indonesia di tahun 2014 ini sudah mengadakan event-event berkualitas. Sebut saja Entrepreneur Idea Competition yang merupakan kontes adu kreativitas dalam menyusun ide business plan. Kontes semacam ini sejalan dengan program pemerintah yang berupaya meningkatkan kualitas pendidikan anak muda Indonesia tentang kewirausahaan.

 Berawal dari tingginya angka usia produktif yang dapat menimbulkan berbagai masalah ekonomi dan sosial, pemerintah berusaha untuk mendorong anak-anak muda kita untuk mengembangkan potensi diri dengan berwirausaha. 

Menjadi pegawai kantoran biasa hanya akan membuat seseorang terlalu nyaman dalam zona aman. Berwirausaha butuh ide yang kreatif, semangat yang tidak putus, mental yang kuat dan kokoh dalam menghadapi risiko, dan kemampuan berkomunikasi yang baik. 

Menurut saya semua ini adalah kombinasi yang “cantik” agar seseorang bisa berbisnis. Tidak perlu menunggu tua, bahkan ini semua bisa dimulai dan dipelajari sejak muda. Maka kontes-kontes semacam ini sangat patut untuk digalakkan.

Kontes kreatif lainnya yang juga diselenggarakan Sun Indonesia adalah Sun blogwriting competition, dan Sun Papercraft Photo Contest. Kontes yang saya sebut terakhir ini: Sun Papercraft Photo Contest berlangsung dari April- November 2014 dan diundi setiap bulan. 

Kontes ini mengharuskan peserta yang ikut untuk membuat dan berkreasi dengan Sun PaperCraft Model yang ada di semua kemasan Photo Paper bersticker khusus. Paper craft sendiri merupakan kerajinan yang sangat populer di era kontemporer. 

Bermain paper crafts atau paper toys dapat membantu mengasah imajinasi, dan koordinasi yang bagus antara tangan dan otak. Baik dewasa maupun anak-anak sangat menyukai aktivitas ini karena menyenangkan dan memacu kreativitas lebih baik.

Sun Indonesia: One Stop Solution di Era Digital

Saya sendiri ingin flashback ke masa lalu, ketika hidup di tahun 90-an. Teknologi informasi belum secanggih sekarang. Ukuran komputer saya masih gede banget, tanpa mouse, tanpa flashdisk, dan yang paling nyiksa banget adalah nggak ada internet waktu itu.

Tak banyak yang saya bisa nikmati dari program komputer yang ada karena tampilannya pun masih sangat basic, layar hitam dan teks putih doang! Bandingkan dengan desktop/ laptop/ netbook zaman sekarang. Saya membayangkan anak sekarang jika menggunakan komputer versi jadoel seperti tahun 90-an itu. Seperti apa ya?

Sejujurnya saya bersyukur sekali karena teknologi berkembang pesat. Informasi pun semakin mudah didapat. Kebutuhan akan promosi, periklanan, dunia desain di berbagai sekolah, dan kantor-kantor pun tidak seperti 10 atau 20 tahun lalu. 

Era digital membuat hasil yang berbeda. Alat-alat pendukungnya pun semakin lengkap dan canggih. Saat ini jika memiliki PC, atau perangkat pendukung komputer seperti printer, tinta (tinta refill, tinta infus, tinta sublim), kertas, photo paper, sticker paper, art paper, dan lainnya tidak cukup sekedar yang biasa saja. Setiap orang yang menginginkan hasil terbaik tentu menginginkan produk terbaik.

Lantas di mana suplier terbaik yang menyediakan produk terbaik?
Sun Indonesia menjadi salah satu One stop solution di bidang teknologi digital printing.
Oke… mungkin anda bertanya-tanya. Apa buktinya?

1.      Sun Indonesia menyediakan berbagai keperluan untuk keperluan cetak digital. Mulai dari mesin-mesinnya, tinta-tintanya (seperti: tinta refill, tinta infus, tinta sublim) yang memiliki kualitas sangat bagus bahkan di atas tinta original (dimuat di koran Jawa Pos), aneka kertas, kertas SUN seperti photo paper, sticker paper, transfer paper, art paper, dan lain-lain.

Tinta Sun Indonesia berkualitas tinggi.
via FB SUn Indonesia

2.      Sun Indonesia menyediakan berbagai keperluan bagi anda yang ingin berbisnis di bidang cetak digital. Cek saja kategori Paket Usaha. Anda bisa memilih ingin berbisnis apa? Mau usaha cetak pin, mug, printing kaos? Semua tersedia mulai bahan baku hingga mesinnya. Pilih sendiri suka-suka, sementara untuk “alat-alat perangnya” serahkan pada Sun Indonesia.

3.      Sebagaimana yang sudah saya ulas sebelumnya. Sun Indonesia mendukung anak muda Indonesia untuk melejitkan kreativitas mereka dengan mengadakan event-event yang berkualitas, bukan sekedar untuk mempopulerkan produknya tetapi memberikan sumbangsih berharga agar anak muda bisa berpikir kreatif. Event yang diadakan di tahun 2014 ini meliputi: Entrepreneur Idea Competition, Sun Papercraft Photo Contest, dan Blog writing competition.

4.      Penting untuk para Crafter: (ayo, teman-teman crafter perhatikan ini ya! : )) Sun Indonesia juga menjual perangkat mesin yang akan melengkapi kita dalam berkarya. Bagi yang hobi bikin book binding atau menjilid buku sendiri, Sun Indonesia menyediakan berbagai perangkat untuk penjilidan, mesih pemotong kertas, dan glue yang cocok untuk projek kalian. Bagi yang suka quilt, fotografi, model making, scrapbook, dan butuh rotary (circle) cutter untuk memotong kain atau kertas hias, bisa membelinya di sini juga. 


Salah satu produk Sun Indonesia yang penting untuk dimiliki para crafter. Rotary cutter! Yay!
via Sun Indonesia


 
SUN INDONESIA
Ayo, crafters! udah punya ini belum?
via Sun Indonesia
Sun Indonesia bukan hanya menyediakan berbagai kebutuhan untuk cetak digital dan perangkat pendukungnya. Namun juga berpartisipasi mendukung anak muda melejitkan kreativitas mereka. 

Memanfaatkan produk terbaik dan paket usaha yang ditawarkan Sun Indonesia bisa menjadi salah satu jalan yang bisa ditempuh. Asal tahu saja, usia bukan hambatan untuk berbisnis atau berwirausaha. Terus belajar, terus menambah pengalaman, mematangkan ide dan menganalisis risiko bisnis harus senantiasa diasah.

Previous
Next Post »