Merajut Membantu Menekan Stres bagi Tahanan Perempuan di Amerika Serikat

Sejak belajar crochet dari beberapa tahun lalu, saya mendapat banyak manfaat positif dari aktivitas merajut. Crochet sangat bagus untuk melatih kemampuan berhitung, mendesain dengan struktur yang rapi, melatih otak untuk tetap fokus, meningkatkan kreativitas (misalnya, dalam memadukan warna dan motif), hingga kemampuan untuk bersabar.

Merajut mengoptimalkan kinerja otak melalui koordinasi yang sinkron antara tangan dengan mata. Bahkan dalam keadaan terdesak, merajut bisa menjadi solusi mendapatkan serpihan rupiah guna menjaga agar asap dapur tetap ngebul.

credit


Sebenarnya inti dari postingan kali ini bukan semata-mata tentang manfaat merajut. Namun lebih pada kemampuannya untuk terapi psikologis. Semua berawal dari sebuah artikel yang saya baca di sini

Menarik sekali ketika di negara lain, merajut ternyata digunakan untuk membantu orang dalam mengatasi masalah-masalah psikis bahkan menjadi program khusus untuk para napi.

Seperti di sejumlah penjara di Amerika Serikat, program merajut menjadi bagian dari aktivitas yang bisa dipilih oleh narapidana. Para napi akan diajari crochet atau knit dan hasil karyanya akan disumbangkan di komunitas tertentu yang membutuhkan.

Salah satu program yang dianggap sukses membantu para napi adalah program crochet di Snyder County Prison, Pennsylvania. Program ini dilatarbelakangi dengan keinginan untuk membuat para napi tetap produktif dan sibuk tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Bahkan di penjara ini para tahanan perempuan  bisa menjadi guru rajut bagi tahanan lainnya.

Material seperti benang dan hakpen diperoleh dari sumbangan masyarakat. Lalu mereka pun bersama-sama merajut dan saling membantu untuk menghasilkan karya-karya cantik seperti selimut, topi, dan item-item lain untuk disalurkan kembali kepada masyarakat seperti rumah sakit, panti asuhan atau panti jompo.

Program ini laris manis dan banyak menarik  minat para tahanan. Bukan hanya perempuan saja, malah para napi laki-laki juga ikut bergabung dalam program ini lho.

Menurut laporan riset, aktivitas ini bukan hanya berhasil menekan biaya untuk terapi kesehatan jiwa kaum hawa di Snyder County, malah tindak kekerasan verbal antar napi perempuan di penjara tersebut berkurang drastis dengan diluncurkannya program ini.

foto

Selain itu mereka bisa menyibukkan diri dengan berkarya, menjadi lebih produktif, lebih sabar dan tenang dalam mengatasi masalah-masalah psikis. Para napi pun bisa rukun satu sama lain karena energi mereka dialihkan untuk kegiatan merajut ini.

Program merajut di Snyder County banyak diminati para tahanan karena:
  • Merajut (terutama crochet di sini) bisa menjadi cara yang positif untuk menghabiskan waktu luang di dalam penjara.
  • Para tahanan merasa senang jika bisa berbagi pada orang lain yang membuat mereka merasa nyaman.
  • Merajut dengan sesama tahanan wanita lain memberikan perasaan tenang dengan kontak sosial yang terjadi antara mereka.
  • Kegiatan itu mengingatkan mereka dengan aktivitas merajut bersama keluarga yang saat ini tidak bisa mereka lihat di dalam penjara.
  • Merajut secara efektif bisa bermanfaat untuk kesehatan mental (misalnya, stres).

Riset yang dilakukan di Snyder County akhirnya semakin membuka mata saya bahwa  merajut bisa menjadi solusi masalah-masalah kejiwaan. Merajut ternyata bisa menjadi semacam terapi untuk membuat orang kembali melakukan hal-hal yang lebih positif dan bermanfaat untuk sekitar, meskipun hanya membuat satu-dua topi kecil untuk bayi kecil di panti asuhan.

Merajut bisa meredakan stres, membuat otak tetap fokus dan senantiasa berpikir, dan bahkan bisa juga untuk menaikkan self esteem atau kepercayaan diri.

Saat seorang perajut berhasil membuat karya, orang lain yang melihatnya biasanya akan memberikan feedback. Begitupun saat melihat karya orang lain yang jauh lebih bagus, biasanya akan timbul keinginan untuk memperbaiki kualitas diri untuk membuat karya rajutan yang terbaik.

Jadi, sudahkah Anda belajar merajut? Atau mendapatkan manfaat nyata dari merajut? Sampaikan opini di kolom komentar ya, ^ ^

Let's crochet more and more

sumber:
http://www.crochetconcupiscence.com/2013/08/snyder-county-prison-crochet-program-succeeds/
http://www.crochetspot.com/prisoners-crochet/
http://www.dailyitem.com/news/snyder-county-inmates-make-afghans/article_b79c7898-2dc2-5510-a484-5a28817cc5c6.html



Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
pipit
admin
11.1.15 ×

Mba, saya tuh pengen banget bisa merajut.
Tapi sy ga punya skill di jahit menjahit atau perbenangan.
Apa saya bisa Mba?

Reply
avatar
F. Nisa
admin
13.1.15 ×

ya, nggak apa2. dicoba dulu aja, mba, hehe

Reply
avatar