[DIY Tutorial] Bunga 3 Kelopak dari Kulit Jagung

Alhamdulillah, hari ini menyempatkan untuk membuat karya. Memang sebelumnya aku udah pernah menulis tentang cara membuat bunga dari kulit jagung. Meski agak berantakan, ternyata aku mendapat banyak respon positif, (thanks ^ ^). Jadi, kali ini aku mau sharing lagi cara bikin bunga kulit jagung dengan versi lebih sederhana.


Tahu nggak, sih? Aku selalu hepi kalau dapat jagung. Selain karena itu favoritku, limbah kulitnya bisa di-recycle menjadi karya baru.Yah, emang sih cuma bunga sederhana. Tapi yang bikin seneng, kali ini aku bikinnya bareng sama anakku. Project membuat bunga dari kulit jagung ternyata bisa juga dilakukan bersama anak-anak kecil. Baguslah, kreativitas anak jadi bisa terasah juga kalau dibiasakan untuk berkarya sejak usia dini.



So... apa yang sudah kubuat?
(Maaf sebelumnya, foto-fotonya agak blur... -.-")

Bunga 3 Kelopak dari Kulit Jagung


Alat & Bahan:




  • kulit jagung  yang sudah dikeringkan

  • kawat yang dilapisi selotip daun
  • gunting
  • glue gun/ lem tembak


Cara Membuat:

1.  Keringkan kulit jagung. Lalu potong seperti gambar di bawah ini. Ada 4 potongan, satu untuk inti bunga, dan 3 untuk kelopak bunga. Ukurannya terserah kamu, (kalau aku untuk bagian kelopaknya beda ukuran). Lalu dengan menggunakan ujung gunting tekuk-tekuk ujung atas kelopak agar melengkung seperti bunga asli. (note: lakukan hati-hati jangan sampai sobek, karena kulit jagung sangat tipis dan rapuh jika kering)


2. Beri lem untuk bagian inti bunga, lalu gulung menyerupai pipa dan lekatkan di ujung kawat.

Beri lem dan gulung. 

Tekan-tekan dengan jari agar rapat dan menempel di kawat.


3. Beri lem di bagian bawah kelopak pertama dan tempelkan di inti bunga.

Tempelkan kelopak 1
Tempelkan kelopak 2 di sebelah kelopak 1

Tempelkan kelopak 3 di sebelah kelopak.

Semua bunga ditempel bersebelahan (bukan melingkar seperti bunga jagung yang dulu saya buat). Sehingga bunga tampak menghadap ke satu sisi.

4. DAUN (Opsional)
Potong kulit jagung memanjang seperti di bawah.


Beri lem
5. Lilitkan di batang bunga hingga bawah kelopak bunga. Sisakan beberapa senti untuk daun. Pilin-pilin dengan jari.



Rapikan bunga.









Demikian tutorial sederhana cara membuat bunga dari kulit jagung dengan tiga kelopak. Apakah kamu berencana membuatnya juga? Share karyamu ya... terima kasih ^ ^

Untuk tutorial lainnya bisa dicek di postingan ini : DIY Vas Bungan dari Kaleng Pringles (Recycle)

Semoga bermanfaat

-nisa


Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Hanin Hwa
admin
22.2.15 ×

Makasih, kak!
Tutorialnya membantu banget :)

Reply
avatar
Hanin Hwa
admin
22.2.15 ×

Makasih, kak!
Tutorialnya membantu banget :)

Reply
avatar
F. Nisa
admin
3.3.15 ×

sama2 makasih juga udah berkunjung Hanin Hwa ^ ^

Reply
avatar