Jam Tangan Cute untuk yang Alergi (Dermatitis Atopik)


Sejak kecil aku memiliki alergi yang sering bikin aku minder. Selain asma, aku juga mengalami dermatitis atopik atau eksim. Jenis alergi yang kusebut terakhir ini menyerang bagian kulit sehingga timbul ruam dan bentol-bentol berisi cairan bening yang sangat gatal dan perih.

Penyebabnya belum diketahui secara spesifik. Hanya saja untuk dermatitis atopik biasanya terjadi setelah bagian tubuh mengalami kontak dengan alergen (material apapun yang memicu alergi, bisa sabun, bahan kimia, kain, debu, dll).

Selain itu juga bisa dipicu karena gangguan sistem imunitas yang “gagal paham” dalam merespon zat tertentu. Biasanya karena mengkonsumsi makanan yang mengandung protein alias seafood, ayam, daging, telur, dan konco-konconya.

That’s why kalau alergi ini udah muncul rasanya tersiksa banget. Kulit melepuh dan mengelupas berkali-kali, diiringi gatal yang luar biasa.

Kalau makanan pemicu alergi kan masih bisa dihindari, tapi kalau alerginya karena kontak dengan benda-benda yang tiap hari musti dipakai kan repot juga. Misalnya nih ya, gara-gara pakai jam tangan, bagian pergelangan tangan pun bisa gatal-gatal dan kena eksim... >,<


Sebenarnya kalau mau kreatif ada caranya lho biar tetep bisa pakai jam tangan tanpa harus takut alergi. Misalnya dengan memodifikasi bagian dari jam tangan tersebut.

Kalau aku biasanya sensitif dengan logam (biasanya nikel) di talinya dan di kepala jam. So, biar kulit nggak terkena bagian logam ini, lepas aja, trus ganti dengan bahan lain yang lebih nyaman dipakai.

Kayak begini nih...

Jam Tangan Cute makram
sumber

Jam tangan ini mirip banget kayak yang pernah dipakai temenku pas SMP. Bener-bener cute banget, serius deh.

Kepala jamnya sih biasa aja, tapi tali pengikatnya terbuat dari tali yang disimpul (makram). Aku tanya temenku, beli di mana? Eh...dia bilang jam tangannya nggak ada di toko mana pun, dia dapat itu dari kerabatnya di China atau somewhere gitu. Dalam hati (waktu itu) mupeng berat, yah sayang banget ya, padahal lucu banget.

Buat percobaan beli yang murah dulu di pasar ^ ^


Selain dengan teknik makram, tali juga bisa dibuat dengan merajut (knit atau crochet). Waah... suka banget deh.
1. Ini pakai teknik knit. Tapi sama aja, keren. sumber
2. Berocco: Ada polanya juga lho... ^ ^
3. Cool. sumber: pinterest

4. Pengen bikin untuk mainan anak.  sumber


Bagian tali jam tangan, entah yang dari logam atau leather juga bisa mengiritasi kulit. Solusinya, bisa pakai benang rajut untuk membuat tali baru. Selain bisa memilih material benang yang nggak bikin alergi, kita juga bisa mendesain dan memodifikasi desain tali yang unik dan beda. Cocok banget buat yang suka ngaku-ngaku anti-mainstream, hehe...

Untuk yang alergi benang benang dari bulu binatang (wol merino) tinggal pilih benang lain, misal nilon yang superhalus, atau katun. Begitu pun kalau alergi dengan benang sintetis (semacam polypropilene), bisa melirik alternatif benang lain yang cocok.

Trus, tingkat kerapatan talinya juga bisa disesuaikan. Mau yang solid atau yang berlubang-lubang dengan motif cantik juga bisa aja. Ada banyak polanya di internet, googling aja ya... ^ ^v

Alternatif lain : mix & match dengan renda dan kain



sumber

... Or Play with Beads! (Oww, Too Cute to Be True)


Inspirasi jam-jam ini cuma buat yang alergi aja ya. Kalau misal kulitnya baik-baik aja alias normal dan nggak sensitif kayak aku, ya mending jam tangannya dibiarkan apa adanya aja. Apalagi kalau jam tangannya model kontemporer kayak Swatch (barusan aku cek harga jam tangan Swatch di Zalora sekitar 800 ribuan gitu deh).

Eh, tapi ya terserah juga sih, kalau ada yang merasa crafty & mau ngrombak jam tangan mahal juga silahkan aja. Nggak ada yang nglarang, kok hehe.

Nah, kalau kalau kamu juga alergi jam tangan dan merasa punya solusi, jangan lupa sharing di komentar ya... thanks ^ ^

---
Note: Kadang alergi eksim atau DA itu bener-bener nggak bisa ditolerir dengan apapun. Jadi kalau memang tidak bisa pakai jam, ya tidak perlu.
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
21.4.15 ×

keren, unyu2 banget =D

Reply
avatar
21.4.15 ×

Pernah kepikiran mau bikin ginian, soalnya punya jam yg masih bagus tapi talinya udah jelek banget, tapi kapan bikinnya ya :D

Reply
avatar
F. Nisa
admin
23.4.15 ×

Hoo, sama. Iya, sayang sekali aku sendiri belum eksekusi ini. Belum sempet.... >,<

Reply
avatar