Mengapa Merajut?

Apa yang paling menyenangkan dari merajut? Kalau aku secara pribadi, aku menemukan banyak hal yang tidak terduga dalam melakukan aktivitas craft satu ini.

Selain manfaat merajut yang sudah aku tulis di postingan yang lalu, aku juga merasakan dampak positif yang semakin membuatku makin suka merajut. Crochet is the most favorit things, you know.

Seperti apa?
mengapa merajut
"Crochet-round" by flora


1. Belajar sesuatu yang baru

Rasanya ini menjadi satu hal yang penting, karena aku udah lulus sekolah bertahun-tahun yang lalu. Belajar merajut membuatku merasa seperti anak kecil yang dengan bersemangat ke sekolah untuk mempelajari hal-hal baru. Aku menyiapkan kotak craft berisi jarum-jarum hakpen, benang-benang kesukaanku dengan warna-warni yang banyak, serta buku pola rajut untuk menjajal model rajutan yang belum pernah kubuat.

Jujur saja, aku benci melaku kan aktivitas monoton, apalagi jika tidak membantu mengaktifkan otak. Dengan belajar merajut, otak kita akan aktif dan itu sangat bagus untuk mencegah kepikunan. Hehe, percaya atau tidak? Nenek-nenek yang suka merajut itu ingatannya masih banyak yang bagus lho, salah satunya karena mereka rajin merajut.

2. Mencegah Stres

Baiklah, stres adalah hal yang paling menyakitkan karena dampaknya bukan hanya diri sendiri tapi juga orang-orang dekat kita. Aku tidak suka mengalami stres, so... merajut adalah satu hal yang bisa mengusir derita dan galau karena kita jadi lebih fokus dengan berkarya.

Ini jauh lebih murah daripada pergi ke psikiater. Trust me...!

3. Mempererat hubungan sosial
Karena aku punya kelompok merajut di daerahku, rasanya tidak ada hal yang paling menyenangkan kecuali bergosip ngobrol bersama teman-teman sejawat sambil menyelesaikan rajutan. Ini juga salah satu hal yang bisa membuat hubungan sosial menjadi lebih baik.

Kami biasa saling bertukar pola, saling mengajari teknik baru, dan melakukan cal (crochet along) untuk mengupdate kemampuan masing-masing.

Baca juga:Memberdayakan Perempuan Muda dengan Merajut

4. Meningkatkan produktivitas
Daripada menonton tv, bergosip nggak jelas, atau melakukan hal-hal tak berguna yang wasting time banget, mending merajut aja.

Merajut bisa menjadikan waktu luang kita menjadi berharga karena hasilnya bisa dinikmati sendiri atau untuk orang lain. Kita bisa merajut kaus kaki untuk suami, membuat tirai untuk rumah, membuat topi bayi untuk tetangga yang melahirkan, atau menjual karya rajut kita. Lumayan kan? Sambil menyelam, minum air gitu loh... ^ ^

5. Hemat Karena hampir semua benda bisa dirajut
Merajut nggak perlu pakai benang khusus yang mahal. Kalau kamu suka tantangan, bahkan tali rafia, kresek, sumbu kompor, benang kasur, juga bisa dirajut lho...cocok buat siapa aja yang out of the box... dan eco-friendly ^ ^

Bagi aku yang semuanya musti diatur dengan budget yang ketat dan akurat, rasanya aku nggak akan bisa tahan dengan hobi-hobi yang mahal dan menguras kantong. Beruntung sekali dengan merajut, kita nggak perlu khawatir karena ini termasuk hobi yang terjangkau dan bahkan kalau kita jago bisnis... uang yang dikeluarkan untuk beli bahan bisa kembali balik modal (bahkan untung besar). Kalau misal nggak bisa jualan juga nggak masalah, karena manfaat merajut sendiri sudah cukup besar untuk menjadi recovery berbagai hal yang butuh pengeluaran besar (untuk mencegah stres misalnya).


Itu aku. Bagaimana dengan kamu? Mengapa memilih merajut? Sharing di komentar ya... ^ ^
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
11.4.15 ×

Sayangnya saya ga pandai merajut, hehehe

Reply
avatar
16.4.15 ×

iya merajut menghilangkan stress
kalo lagi bete enaknya merajut, langsung hilang deh betenya, yang ada pusing mikirin pola hehehe

Reply
avatar
F. Nisa
admin
23.4.15 ×

Kalau level rajutnya sekelas Mbak Dona, ya nggak perlu pakai pola lagi. Malah bikin pola baru, gitu ya mbak? ^ ^

Reply
avatar
F. Nisa
admin
24.4.15 ×

belajar aja. mudah kok sebenernya ^ ^

Reply
avatar