Mengenal InkLite (Inkscape Lite)

  • geek

Sudah sebulan ini aku pakai InkLite (InkscapeLite) menggantikan Inkscape. Ini merupakan program drawing vector yang dibundel dalam satu paket di distro Puppy Linux (selain mtpaint, kapan-kapan aku coba tulis deh) yang kupakai. Seperti namanya, program ini jelas lebih ringan daripada Inkscape versi reguler.

Tak banyak info mengenai Inkscape Lite ini. Tapi dari sejumlah forum yang kubaca, InkLite ini merupakan fork dari Barry Kauler yang menggunakan versi C terbaru dan memperbaiki sejumlah bugs yang ada. Ia membuat versi Inkscape yang lebih ringan dan cepat daripada edisi C++ saat ini.

logo inkscape lite

Setelah aku perhatikan memang Inklite terlihat beda dengan Inkscape. Perbedaannya terletak pada “feel”. Itu yang pertama kali kurasakan saat mengeksplorasi Inklite ini. Karena saking simpelnya, aku merasa agak “njeglek” (bahasa jawa, kalau dibahasaIndonesiakan apa ya?).

Aku terbiasa pakai Inkscape yang full dengan pilihan dan settingannya. Bisa bikin beragam efek dan ilustrasi kompleks dengan banyak variasi tools yang disediakan. Kebalikannya saat memakai Inklite, rasanya banyak sekali yang hilang.

Ya iyalah, itulah kenapa Inklite terasa enteng dan “basic” banget. Kalau sekedar bikin karya yang simple, rasaya cukup kok. Aku juga yakin seiring berjalan waktu, aku akan terbiasa memakainya… (^  ^)

Fitur:

  • Struktur anatomi Inklite terlihat sederhana. Sebagian tool yang dirasa tidak perlu dihilangkan. Menu bar dan tool box kelihatan sangat “basic”.
  • Pilihan settingnya seperti filter, misalnya, terbatas banget (bahkan nggak ada).
  • Color pallete tersembunyi. Kalau sudah terbiasa pakai inkscape, bakal repot saat hendak mewarnai.
  • Tak banyak pilihan seperti yang ada di Inkscape regulerInklite cuma sekitar 4-6 Mb aja, sementara Inkscape setidaknya 40 Mb. Ringan banget kan..?

Coba lihat penampakannya:

INKLITE

inkscapelite
Oh…where is the bucket tool? I miss it… *sad
inklite vector
Mencoba bikin vector

coba bandingkan dengan Inkscape.

INKSCAPE

credit: Tavmjong.free.fr

Beberapa Karya Sederhana yang Kubuat:

artwork using inkscape lite

artwork using inkscape lite

 Basic banget, kan? ^ ^

Info tentang InkscapeLite

Title: inkscapelite.tczl
Description: Inkscape Lite
Version: 0.36.2
Author: Inkscape people + Barry Kauler
Original-site: http://openlab.jp/puppylinux/download/sources/
Copying-policy: GPL
Size: 608K

Sejauh ini aku tidak merasa ada problem berarti dalam memakai Inklite. Ya, selama cuma pakai distro Puppy, mau tak mau ya harus membiasakan diri memakai Inklite. Oke, deh sekian dulu.

Semoga bermanfaat ya.

sumber bacaan:

 
http://bkhome.org/blog/?viewDetailed=01238
http://forum.tinycorelinux.net/index.php?topic=463.0
Inkscape: Guide to a Vector Drawing Program – http://tavmjong.free.fr/INKSCAPE/MANUAL/html/Anatomy.html

Tinggalkan Balasan

This Post Has 4 Comments

  1. F. Nisa

    Inkscape itu yang program vector yang kira2 sepantaran ma corel/ adobe ilustrator. Bisa buka format .cdr & .ai juga. Tapi kalo inklite ini, ah…terlalu minimalis dan ngga bisa bisa buat edit vector dari .cdr ato .ai *very very sad

  2. Andi S

    Saya baru aja instal Slacko Puppy, dan Inklite satu paket. Pertanyaannya, apakah Inkscape dan GIMP juga bisa diinstal di Puppy?

  3. F. Nisa

    ada yang bilang bisa, tapi harus download update list reponya dulu, diinstal pake paketnya ubuntu.. wallahu a'lam , aku sendiri juga belum nyoba