Bikin Fractal Mandelbrot Pakai Gimp

Aku bukannya tidak tahu kalau kita bisa bikin fractal di Gimp. Tetapi aku sendiri jarang melakukannya karena belum familiar dengan settingan di Gimp untuk membuat fractal art yang bagus.

Meski begitu, aku sendiri menganggap kalau program ini bukan jenis program yang ideal untuk membuat fractal art. Kalau ingin membuat "the real fractal art" ya bikin aja di program yang khusus, misalnya Apophysis, Ultrafractal, dll.

Sekilas tentang Mandelbrot


Mandelbrot sendiri merupakan salah satu jenis fractal yang sangat terkenal di abad kali ini. Ditemukan di tahun 1980 oleh Benoit Mandelbrot, seorang ahli matematika, yang merumuskan mandelbrot set dari penjumlahan dan perkalian sederhana.

Keindahan Mandelbrot set terlihat dari kesederhanaan pola dan kompleksitas yang menjadi satu kesatuan. Mandelbrot seakan tidak bertepi (infinity), atau tak terhingga (dalam matematika digambarkan dengan simbol) karena setiap sudut menghasilkan bentuk baru.


Fractal Mandelbrot pun menjadi salah satu ikon seni fractal yang sangat populer. Ditambah lagi misteri matematika yang tersembunyi di balik keindahan fractal ini, membuat kalangan ahli matematika berupaya mempelajarinya. Bahkan dari kalangan seniman, banyak yang terinspirasi dan memasukkan mandelbrot set ke dalam bagian dari karya seni budaya populer.

***

Nah, itulah sekilas tentang Mandelbrot. Sekarang aku sendiri juga mencoba membuat fractal sendiri secara instan di program yang sudah ada.Untuk di Gimp yang aku pakai (versi 2.8), salah satu lokasi edit gambar dengan fractal bisa dilihat di bagian:

filters -> maps -> fractal trace

Seperti ini hasilnya:

fractal using gimp
screenshot
Setelah itu akan muncul window untuk mengedit parameter yang diinginkan.
Untuk backgroundnya bisa milih. Mau di-repeat (pakai warp), transparan, hitam, atau putih. Kalau aku sendiri pilih warp. Kalau pilih opsi yang lain, kurang suka aja.

Berikut ini hasil coba-coba yang kulakukan.

variasi 1

variasi 2
original
Oke. sekian untuk kali ini.

sumber bacaan:
https://classes.yale.edu/fractals/MandelSet/welcome.html
http://warp.povusers.org/Mandelbrot/
Previous
Next Post »