Ganti Domain: Sebuah Keputusan yang Berat

Bismillaah...




Beberapa hari ini benar-benar merasakan dilema yang cukup menyita pikiran. Domain andalahku: graphicalova.com terancam tidak bisa diperpanjang.

Domain ini dibeli dari perusahaan domain dari UK. Qadarallah..., perusahaan itu tutup dan tidak bisa dikontak lagi.

Misteri tutupnya perusahaan itu juga terkesan tidak transparan. Bahkan saat misua hendak mengeluarkan domain tersebut ke tempat lain, ternyata juga tidak bisa karena panelnya dihapus sepihak oleh perusahaan tersebut.

Sebenarnya aku nggak seberapa paham dengan dunia per-domain-an ya, tapi menurut penjelasan misuaku, ternyata jika panel dihapus sepihak itu menunjukkan adanya i'tikad tidak baik dari perusahaan itu. Karena klien tidak bisa memindahkan domainnya dan terancam dihapus jika tidak dperbarui saat due-date terjadi.

Membayangkan domain ini akan hilang, rasanya sedih sekali. Walaupun belum 1 tahun, tapi domain ini sudah banyak dikenal dan "ear-catchy" bagi sebagian orang dan pembaca setia blog ini.


Tapi karena tidak ingin berlarut-larut, akhirnya aku berusaha mengikhlaskan domain itu dan memakai domain baru shenisa.com yang kebetulan nganggur selama beberapa bulan ini.

Alhamdulillah, setelah pergantian ini aku melihat bahwa rangking blog-ku di serp masih bertahan di pejwan (untuk beberapa postingan). Meski alexa jadi gendut luar biasa, insya Allah secara perlahan-lahan aku akan berusaha sebaik mungkin untuk membangun blog ini dari awal.

Alhamdulillaah ala kulli haal.
Semoga ada hikmahnya. ^ ^




Moral of the story: belilah domain di perusahaan domain yang handal & terpercaya yang sudah terkenal service-nya selama bertahun-tahun. jangan mudah percaya dengan penyedia domain abal-abal, apalagi yang menawarkan gratisan domain, karena bisa jadi mengalami nasib sepertiku.


Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
anotherorion
admin
14.5.15 ×

waduh g bisa diperpanjang gara2 penyedia layanannya tutup ya mbak :3

Reply
avatar
@cizzos
admin
15.5.15 ×

Pake layanan dlm negeri aja mbak. Penyedia layanan domain dan hosting dlm negeri juga bagus dan bisa diandalkan.

Reply
avatar
Adi
admin
17.5.15 ×

Saya suka desain blognya. Semoga lekas ramping alexa nya

Reply
avatar
Enny Law
admin
6.6.15 ×

betul
aku juga dulu beli domain di salah satu penjual di Indonesia
penjualnya tiba2 hilang euy

Reply
avatar