Install Font di Puppy Linux Tahr

Bismillaah

Kali ini aku akan menuliskan caraku menginstal font di Puppy Linux. Seperti yang sudah kutulis sebelumnya di sini, bahwa saat ini aku memakai PuppyTahr dan tak lagi menggunakan Inkscape untuk mendesain.

Karena melihat font yang ada saat ini hanya standar dan kurang keren ya, makanya aku mencoba untuk menambah variasi font di sini.

Caranya cukup simple sebenarnya. Karena yang diperlukan adalah mengcopy atau menggeser/drag file font tersebut ke direktori font. Lokasi direktori font ada di  /usr/share/fonts.

Perlu diingat bahwa Puppy Linux beroperasi di RAM, sehingga jika mengcopy file langsung (embed file) akan membuat direktori penuh (apalagi jika font yang mau dicopy sangat banyak). Akibatnya laptop bisa menjadi sangat lemot dan gampang crash.

Jadi solusinya adalah saat mencopy, pilih link to file (jangan copy atau move). Oh ya, sebelumnya file font disimpan di lokasi eksternal (di luar pup_save.xxx file. , tergantung versi berapa yang dipakai. Kalau aku pakai Puppy versi 6).

1. Pilih font yang hendak diinstal. Jika file-nya di-zip, jangan lupa diekstrak dulu.



2. Cari direktori  /usr/share/fonts
Klik ikon mata untuk melihat semua folder directory. Kalau tidak ada folder .fonts , kita bisa bikin sendiri.




3. Klik directory font.
4. Drag/ geser file font yang diinginkan ke folder font. Akan muncul pilihan copy, move, dan link (relative dan absolute). Kurang tahu apa bedanya link (relative) dan link (absolute). Aku sendiri memilih yang relative sih.

5. Selesai

Setelah itu bisa dicek, apakah font sudah terinstal atau belum. Perhatikan pula bahwa tidak semua jenis font bisa dipakai.
Hasil instal font Riesling.ttf
penampakan font Melbourne light di Inklite


Demikian tutorial singkat tentang cara menginstal font di Puppy Linux 6 (Tahrpup 6).
Semoga bermanfaat.

-Nisa

bacaan:
http://linux.wikia.com/wiki/Puppy_Linux/How_to_install_fonts_in_Puppy_Linux
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
taichi
admin
5.5.15 ×

Mantap gan, ini ane bagi blog directory indo baru gratis 100%
bitKul.Com

Reply
avatar
F. Nisa
admin
27.6.16 ×

kok nggak bisa webnya?

Reply
avatar