Peci Rajut Mendadak

Bismillaah.

Peci rajut itu termasuk salah satu item yang paling banyak kubuat. Setidaknya setiap beberapa bulan sekali aku selalu membuat peci baru untuk my dear husband.

Meski sudah sering kubuatkan, tetap aja ia selalu butuh peci baru. Kalau bukan karena rusak (terkena jamur- maklum tempat tinggalku agak minim sinar matahari), kadang ia juga sering memberikan pecinya pada orang yang "kelihatannya" suka dengan peci yang ia pakai. Intinya, kalau sudah dipakai orang lain dan kelihatannya orang itu suka, maka ia dengan senang hati memberikannya cuma-cuma. Kalau sudah begitu, biasanya aku akan menawarkannya peci baru. Sekalian belajar motif baru.



Untuk bahannya, aku sendiri sudah mencoba beragam jenis benang. Mulai dari mabel yarn, benang katun lokal, katun halus, soft cotton, rayon, nilon, poliester, kasmilon, akrilik linen, merino wool, bahkan benang siet. Menurutku dari semua jenis benang itu, yang paling ideal untuk dijadikan peci adalah benang katun halus dan soft cotton. Selain karena dari segi harga lumayan terjangkau, bahan katun juga lebih luwes untuk dirajut, nyaman dipakai, nggak kusam, lembut dan tidak berbulu.har

Itu menurutku sih. Kalau kata suamiku sendiri, ia lebih suka pakai peci dengan bahan mabel yarn. Satu-satunya peci kesayangannya adalah peci biru dongker dengan motif shell stitch yang  dirajut dengan benang mabel. Aku juga suka sih, merajut dengan benang mabel. Cuma aku sendiri agak jarang beli benang ini, hehe. Mungkin next project deh, pengen nyoba benang ini lagi.

Peci Rajut Mendadak

Seminggu yang lalu aku pun membuatkannya lagi peci baru. Setelah mengobrak-abrik koleksi benang rajut, akhirnya aku menemukan sisa soft cotton putih dan katun lokal abu-abu.

Meski katun lokalnya terlihat sangat kumal, anehnya saat dirajut ternyata hasilnya nggak jelek-jelek amat. Aku pikir mungkin karena dipadukan dengan soft cotton yang warnanya lebih shiny dan dibuat motif cable.

peci rajut crochet kufi hat
simpel dan bisa dipakai bolak-balik
Aku membuatnya sehari sebelum ia pergi ke acara besar seminggu yang lalu. Alhamdulillah, peci ini bisa *uhuk* menyempurnakan penampilannya...hehe

Gara-gara bikin peci ini aku jadi pengen bikin peci-peci yang lain lho...

Salah satunya ini.
crochet kufi hat for prayer
(by f.nisa(2015)
by f.nisa(2015)
Begitulah...^ ^

Next project mungkin bakal bikin ginian lagi. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan.


Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
2.11.15 ×

Tutorial nya dong mbak, mkasih

Reply
avatar
F. Nisa
admin
27.6.16 ×

belum sempet...hyaaa
nggak bisa janji dulu, takut ngecewain : (

Reply
avatar