Daftar Handicraft Indonesia yang Tersohor Hingga Pasar Internasional

- Guest post -

Selain kaya akan kekayaan alam dan budayanya, Indonesia juga kaya akan kerajinan tangannya loh. Dari ribuan handicraft Indonesia, ada beberapa yang identik dengan negeri maritim ini bahkan menjadi warisan dunia. Apa saja sih handicraft Indonesia yang namanya menggaung hingga kancah internasional?

1. Kain Batik

Siapa yang tak kenal handicraft Indonesia yang satu ini. Kain batik sangat terkenal di mata lokal maupun mancanegara. Motif dan cirinya yang khas merupakan daya tarik yang ampuh menarik perhatian masyarakat luar negeri. Bahkan, kini kain batik telah menjadi gaya hidup bagi kebanyakan orang, terutama dalam berbusana.

Uniknya, kain batik telah diakui sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO. Wah, semakin bangga saja nih dengan handicraft Indonesia.

2. Kain Tenun

Kain yang satu ini juga tak kalah menarik dan unik dari kain batik. Berbeda dengan batik, kain tenun dibuat dengan menorehkan lilin malam di permukaan kain. Cara pembuatannya juga terbilang unik, benang-benang yang menjadi bahan dasarnya ditenun secara tradisional hingga membentuk menjadi sehelai kain dengan motif nan cantik. Maka tak heran, jika kain tenun ini dibanderol dengan harga melangit. Beberapa daerah yang terkenal dengan kain tenunnya antara lain Bali, Lombok, Minang, Kalimantan, dan Toraja.

3. Kayu Ukir

Kerajinan tangan berbahan dasar kayu ini juga memiliki nilai estetik tersendiri. Pasalnya, kerumitan baik pada bentuk, motif, atau desainnya membuat kayu ukir memiliki daya jual yang tinggi. Selain itu, kayu yang digunakannya pun merupakan kayu kualitas unggul karena tumbuh di negara tropis. Di Indonesia, daerah yang terkenal dengan kerajinan kayunya adalah Jepara. Hal ini terbukti pesanan kayu yang datang tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari Eropa. Wah, keren ya?

4. Anyaman Bambu

Etnik dan unik, dua kata yang cukup mewakili handicraft Indonesia, anyaman bambu. Di tangan terampil, bambu bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan yang memiliki fungsi praktis dan estetis. Seperti tatakan gelas, keranjang, tas tangan, patung, hingga furnitur. Tidak kalah dengan kerajinan tangan lainnya, anyaman bambu juga bisa mencuri perhatian masyarakat internasional. Selain bambu, Indonesia juga terkenal dengan anyaman rotannya.

5. Keramik

Kok bisa keramik digemari masyarakat internasional? Eits jangan salah, walaupun keramik bukan asli dari Indonesia, tetapi hasil kerajinan tangan buatan Indonesia juga bisa menarik perhatian pasar luar negeri loh. Handicraft Indonesia keramik ini banyak diekspor ke negara-negara Eropa. Seperti vas bunga, guci, patung dan dekorasi rumah lainnya.

Selain lima produk di atas, masih banyak handicraft Indonesia yang ternyata sudah mendunia. Bagaimana menurut Anda? Semakin bangga dong menjadi warga Indonesia karena kekayaan kerajinan tangannya. Yuk, lestarikan kerajinan tangan lokal dengan mulai menggunakan produk dalam negeri!
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Lusi
admin
26.10.15 ×

Punya kain dari bbrp daerah tapi ditumpuk aja. Sayang mau dijahit.

Reply
avatar
F. Nisa
admin
26.10.15 ×

asyik, dikunjungi mbak Lusi. .. ^ ^
wah, samaaa....emang kalo kain khas daerah itu masing2 punya keunikan sendiri. aku sendiri juga punya tapi nganggur gitu aja. eman banget mau dibikin sesuatu.

Reply
avatar