Menjajal Bikin Custom Tshirt di Uteesme

Halo, sobat semua. Kali ini nih Nisa mau review Utees.me. Udah tau belum apa itu Utees.me? Kalau belum, silahkan baca-baca dulu ya.

Berkenalan dengan Uteesme


Uteesme adalah salah satu tempat di mana kita bisa print t-shirt yang sesuai dengan keinginan kita tanpa dibatasi jumlah. Desainnya bisa milih dari yang dipajang di situs, atau kalau kurang sreg bisa bikin kaos custom-made sendiri.


Awalnya saat tahu kabar launching-nya Utees.me, jujur saja aku agak skeptis karena memang merasa saat ini lagi tak butuh. Buat apa? Sekarang ini kostum 'kebesaran' sudah berubah. Dari t-shirt ke daster #eaa... Maklum, ibu muda sok sibuk (sibuk ngurus anak dan beragam tugas mulia lainnya...*halah).

Sampai suatu hari suamiku yang tugas di luar kota perlu baju untuk ke kantor. Suamiku itu memang selalu minta pertimbangan atau saran sebelum memutuskan pembelian.

Awalnya kukira dia berencana untuk beli kemeja. Tapi ternyata ia pengen kaos. Lah, nggak apa-apa tuh ngantor pakai oblong gitu?

Ternyata di kantornya, boleh pakai t-shirt. Sebenarnya suamiku kurang suka pakai t-shirt kalau pergi keluar. Jadi koleksi kaosnya dipakai di rumah.

Itu pun kebanyakan t-shirt hadiah dari produk atau event. Jadi hampir pasti semua ada mereknya.  Lah, nggak keren banget, kan?

Untuk alasan kepraktisan akhirnya kusarankan ia untuk pesan kaos di Utees.me. Biar dia bisa pesan yang sesuai dengan keinginannya.

Apalagi Utees.me menyediakan platform aplikasi online t-shirt creator. Platform ini memfasilitasi kreativitas kita untuk berkarya dalam medium kanvas berupa t-shirt. Bukan sekedar mendesain, user nantinya juga bisa mencetak kaosnya, membaginya ke media sosial.

Mendengar saran dari istri tercinta (#uhuk..) suamiku pun mengecek www.utees.me. Tak menunggu lama, ia pun tertarik memiliki design t-shirt yang lebih personal untuk dikirim ke alamatnya.

Platform Utees.me


:::: Bagaimana cara memakainya?

Inilah pertama kalinya aku mencoba menjajal kemampuan aplikasi design t-shirt online di Utees.me. Setelah bikin akun dan login, pilih design your own t-shirt dan kita disuguhi dengan contoh kaos polos.

Bagian kanvasnya ada di bagian depan kaos dan di bagian belakang. Kita bisa memilih model kaos yang diinginkan. Saat mencoba mendesain, ada tiga pilihan model untuk pria, wanita, dan anak-anak. Semuanya berlengan pendek.

Selanjutnya bisa pilih warna dan mulai berkreasi dengan template, font, dan gambar clipart yang disediakan. Atau kalau nggak ingin pasaran, bisa import desain sendiri dalam format jpg atau png dengan rekomendasi ukuran 900 x 1273 pixels.

Selesai berkreasi, desain bisa diberi judul, deskripsi dan ada pilihan untuk menyimpan secara privat atau dipublikasikan secara luas. Bisa juga dibagi ke media sosial. Yah, siapa tahu ada yang tertarik order.  Lumayan kan dapat royalti $ 1,11 per desain.

::::User-friendly

Well, menurutku cukup mudah mengoperasikan aplikasi desain ini. Tapi aku sendiri masih merasa kurang sreg kalau mendesain di smartphone. Enakan pakai laptop, jadi lebih puas editingnya.

Inilah hasilnya...





Melihat Utees.Me Lebih Dekat


Sambil menunggu order t-shirt geek dikirim untuk suamiku, aku pun menyempatkan diri menjelajah website Utees.me.

Sekilas websitenya tampak sederhana, tapi well-maintained. Tampilan background putih dan nuansanya yang modern tetap ramah di mata. Diakses dari smartphone pun ringan dan mobile-friendly.

Kategori dalam menu sudah lumayan lengkap, navigasi juga mudah, dan pilihan t-shirt yang beragam terpampang jelas. Jika kebingungan, kita bisa mengakses halaman FAQ yang akan menjelaskan detail info yang kita tanyakan. Masih bingung karena nggak bisa bahasa Inggris? Ada fasilitas live chat, atau kontak saja media sosial Utees.me dan sampaikan pertanyaanmu dalam bahasa Indonesia.

Ya, website utees.me memang pakai bahasa Inggris. Mungkin target pasarnya juga mencakup internasional. Tagline di webnya sendiri bertuliskan custom t-shirt designs by creatives worlwide. Artinya? Berkarya pun menjadi hak siapa saja, tanpa dibatasi geografis, usia, status (tak peduli desainer pro atau amatir). Everyone is unique.

Perlu diketahui kalau Utees.me ini dari PT. Mitra Kersa Artha, yang merupakan hasil joint venture antara Light House dengan Crazy Hackerz. Membidik kalangan pecinta tshirt, perusahaan ini mengembangkan platform design kaos yang berbasis media sosial. Inilah yang bikin Utees.me beda dari kompetitor jasa print kaos lainnya.

Hasil Print Tshirt Uteesme

:::: Packaging

Saat print custom t-shirt yang dipesan sudah diterima, jujur aku terkesan dengan kerapian packagingnya. T-shirt dibungkus dengan kertas berlogo "U" dan dilapisi plastik tebal untuk melindungi isinya.



:::: Kualitas Kaos dan Print

Dari segi kualitas, kaosnya sendiri terasa halus dan lembut saat diraba. Juga tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.




Bagian print-nya juga bagus, cerah, dan memiliki efek timbul. Meski awalnya aku merasa was-was karena gambar yang digunakan untuk desain saat itu hanya berukuran 600 pixels saja, nyatanya hasil print-nya tidak mengecewakan, tuh.

Dilihat dari detailnya, t-shirt utees.me ini kelihatan eksklusif. Bagian lehernya ada semacam garis berwarna merah yang menyatu dengan jahitan di bahu. Jadi kaosnya terkesan nggak monoton.

Trus ada tulisan Utees.me juga yang di-print di bagian tengkuk yang menunjukkan branding produk. Aku lebih suka begitu daripada diberi label yang dijahit, rasanya kalau ada yang mengganjal di leher kan nggak nyaman banget.

Oh ya, karena yang pakai suami, nggak afdol dong kalau nggak nanya pendapatnya. Yup, sudah kuduga, suami saya bilang kaosnya pas banget dan terasa adem. Meskipun begitu ia juga berharap pilihan warna kaosnya diperbanyak lagi.

:::: Harga

Harga t-shirt adalah Rp144.000 untuk satu sisi. Kalau desain di dua sisi (depan-belakang) jadi Rp188.000. Harga ini sudah termasuk ongkir ke seluruh Indonesia.

::::UPDATE: Setelah Setahun? Bagaimana Kualitasnya?
Setelah berkali-kali dipakai dan dicuci (handwashed). Warna kaos mulai memudar. Print di bagian depan juga tidak setajam dulu.

Begitulah review singkat dariku. Semoga bermanfaat ya.

That's what I think. What about yours? Tell me in the comments : )


Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
31.12.15 ×

perlu di coba ini bikin custom tshirt,.....

Reply
avatar
F. Nisa
admin
3.1.16 ×

Sip. Emang seru klo bikin sendiri.

Reply
avatar