[video] Dasar Merajut Crochet: Membuat Single Crochet SC

Tutorial Dasar Merajut Crochet: Membuat Single Crochet (SC) ini menjadi materi kedua untuk belajar merajut. Percaya atau tidak, hanya dengan menguasai chain dan SC aja, kita sudah bisa membuat projek rajutan lho.

Misalnya tutorial semangka rajut di blog ini. Gampang banget untuk diterapkan bahkan bagi yang baru belajar rajut sekali pun.


Nah, bagi yang ingin belajar bikin Single crochet, saya sudah membuat tutorialnya dalam bentuk foto.

Mohon maaf kalau ukuran file-nya besar.




Saya juga sertakan dalam bentuk video, bagi yang masih belum paham.

Membuat Single Crochet (SC)





Beberapa catatan penting yang harus diperhatikan dalam membuat tusuk sc:

1. chain 1 untuk setiap awal baris tidak dianggap (tidak dihitung). Dan fungsi chain ini penting untuk mengikat rajutan, membuat rajutan lentur dan "naik" jika rajutan tersebut dirajut mendatar (bukan melingkar).

2. Pada rajutan melingkar, biasanya ch 1 dihilangkan agar rajutan tampak seamless. Biasanya project rajutan tertentu, misalnya tapestry crochet yang membutuhkan rajutan sc yang berkesinambungan hingga membentuk motif yang diinginkan.

Dampaknya, bisa jadi rajutan tersebut semakin bergeser/ miring sehingga kadang motif tersebut juga terlihat kurang simetris.



3. Tips untuk membuat rajutan yang lurus pada tusuk sc adalah dengan trik tertentu. Ada yang menghilangkan sc di tusuk pertama dan hanya menggantinya dengan chain 1 saja, ada juga yang menggunakan waistcoat stitch.

contoh waistcoat stitch yang dirajut pada tapestry crochet.

Waist coat stitch dilakukan dengan menusukkan jarum di bagian yang berbentuk v pada sc. Untuk lebih jelasnya bisa googling.

Demikian tutorial kali ini.

Selamat Belajar

Nisa
Previous
Next Post »