Glass Painting: Interview dengan Restya Mochtar (Owner Mini Sumoz) #3C

Glass Painting: Interview dengan Restya Mochtar (Owner Mini Sumoz) #3C

Bismillaah...

Holaa...semua! Senang sekali hari ini kita bisa berdiskusi dengan salah satu crafter dalam segmen ChitChat with Crafter (#3C) on Shenisa.com : )

Yay.



Sebagaimana yang udah saya janjikan beberapa waktu lalu, akhirnya saya berkesempatan untuk mempublish hasil interview singkat tentang dunia craft. Kali ini adalah Glass painting atau melukis di gelas/kaca.

Untuk itulah saya menghubungi Mbak Restya owner Mini Sumoz DIY yang juga menekuni bidang glass painting ini. Harapannya, kita bisa sedikit punya gambaran sebelum menggelutinya. Thank you, Restya! Semoga ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua... : )

1. Hai, Restya. Aku udah lihat karya-karya terbarumu (terutama glass painting). Bisa dijelaskan nggak itu awalnya gimana sih, kok bisa tertarik menekuni glass painting?

Sebelumnya dulu tertarik glass painting pas acara Expo, karna warnanya yang colorful & terkesan mewah bikin media kaca (yang dipakai) jadi semakin berkilau. Itu udah beberapa tahun yang lalu, sebelum akhirnya ikutan pelatihan Glass Painting bulan Juli kemaren.

Awalnya cuma iseng aja pengen nyari kesibukan buat ngisi waktu luang di sela-sela bikin makanan. Kebetulan waktu itu ada pelatihan yang diadain Dinas Koperasi Jatim. Dari pelatihan itu ternyata hasilnya tak terlalu mengecewakan hingga akhirnya aku diikutkan untuk pelatihan lanjutan setelah melalui proses seleksi. Dari situ jadi sering eksperimen di rumah dengan motif simple. Ternyata keterusan bikin karna respon orang sekitar cukup banyak. ^_^


copyright (2016): MiniSumoz DIY


2. Trus, tools yang dipakai untuk membuat glass painting itu apa aja? Di mana dapetinnya?

Toolsnya ga banyak, cuma butuh beberapa bahan yang gampang dicari di sekitar. Cuma cat yang dipakai ga bisa sembarang cat soalnya berpengaruh pada penyerapan ke media. Di sini kita bisa memakai cat yang khusus buat kaca.

Bahan-bahan:
- media gelas atau kaca
- outliner
- cat khusus kaca
- pola
- kuas/lidi
- palet
- tissue & cotton bud (untuk menghapus kesalahan)
- thinner

Buat yang ada di Surabaya, bahan-bahan ini bisa didapatkan di Toko Bintang Palapa, Jalan Tunjungan Surabaya. Atau di Toko Pasifik, Malang.

3.Menurutmu yang paling susah dalam proses membuat karya itu apa sih? Gimana kamu menghadapinya?

Mungkin karna perlu kesabaran & ketelatenan, sedangkan aku sebaliknya, jadi disitulah letak kesulitannya. Hehe.. Dalam proses pembuatannya yang detail butuh ketelitian & ketelatenan biar hasilnya maksimal.
copyright (2016): MiniSumoz DIY

4.Kamu terjun ke dunia craft itu murni hobi atau untuk berbisnis?

Sebelumnya sih karna hobi aja, buat ngisi waktu luang. Tapi seiring waktu, aku rasa peluang bisnis ini lumayan menjanjikan juga. Dengan modal yang relatif kecil, hasil jadinya sangat menjanjikan. ;)

5.Kalau ada orang yang melihat karyamu trus mencemoh atau mengkritik pedas, kira-kira apa yang akan kamu sampaikan pada orang tersebut?

Kritikan sih biasanya aku artikan sebagai bentuk perhatian orang lain terhadap kita. Aku tipe orang yang santai mendengar kritikan, jadi kalau ada yang mengkritik biasanya aku tampung semua, meski tetep memfilter juga mana yang baik & mana yang engga.


copyright (2016): MiniSumoz DIY

6.Oh ya, selain sebagai crafter aku lihat kamu juga aktif berorganisasi. Bisa dijelasin nggak kamu aktif apa aja? Dan apa saja kegiatannya?

Waah.. ini yang bingung gimana jelasinnya! Hahaha..

Sekarang lagi aktif sebagai salah satu pengurus di Grup Asosiasi UMKM Bojonegoro, dimana para pelaku bisnis UMKM di Bojonegoro berkumpul. 

Kegiatan kami di organisasi adalah memberikan wadah bagi pebisnis UMKM untuk mendapatkan pelatihan, informasi peluang & kerjasama. Selain itu kami juga mengadakan kegiatan seminar & bazaar. 

Oh iya, kami juga memfasilitasi pelaku UMKM Bojonegoro dengan pemasaran online melalui web khusus di www.umkmbojonegoro.com dimana profil anggota UMKM ditampilkan & www.etrade.id sebagai tempat mendapatkan informasi cara menjalankan bisnis.

7.Kereeen! Btw, jika ada orang yang tertarik ingin berkecimpung di bidang glass painting, nasihat apa yang akan kamu berikan?

Kadang orang takut memulai karna banyak yang bilang melukis Glass Painting itu susah, padahal sebenernya sih gampang banget. Gak perlu keahlian untuk melukis, yang penting adalah ketelatenan & kesabaran.

Melukis itu gak harus sempurna, karna itulah ke-khas-an kita & disanalah letak seninya. Jadi kalau bisa, ciptakan kreasimu & jangan takut untuk salah. ;)

copyright: Restya Mochtar (2016)


8.Siapa orang yang menginspirasimu untuk berkarya selama ini?

Mba Siti Hidayah – Zahida. Beliau adalah pebinis & motivator muda Bojonegoro yang multitalenta, yang berhasil membuat craft daur ulang menjadi barang bernilai tinggi. 

Selama ini beliau yang sering memotivasi & memberikan inspirasi dalam bidang crafting & bisnis.

9.Selain glass painting, kamu juga menekuni bidang apa aja?

Karna hobi yang banyak, jadi selain Glass Painting ini juga bikin Clutch & Tas Decoupage, belajar merajut (udah dapet 2 kantong hp. Hehe), & eksperimen melukis kain. 

Selain craft, aku juga berbisnis makanan kecil bernama MINI SumoZ..dimana Coklat Kopi menjadi salah satu produk favorite nya.  ;)

10. Cokelat Kopi??!! That looks super-delicious! Saya HARUS COBA, kayaknya...hehe



Oke, itulah tadi sesi wawancara ChitChat with crafter (#3C) edisi perdana tentang glass painting.
Bagi yang ingin tahu lebih detil tentang crafter satu ini silahkan kepoin di media sosialnya di:

Facebook: restya mochtar| Instagram: @rrezt & @minisumoz_diy| Line: minisumoz_id


Semoga bisa menginspirasi sobat shenisa semua : )



Happy crafting

Nisa


----
Well, saya cukup terbuka dengan para crafter yang ingin diwawancara untuk berbagi ilmu dan pengetahuan seputar craft. Saya akan mempublish-nya di blog ini gratis. Hitung-hitung buat mendukung crafter dan promosi UKM dalam negeri.

Apa saja bidangnya? Ya...banyak. Mulai sewing, crochet, knitting, decoupage, scrapbooking, quilt, wire craft, clay, ...hmmmm, ngga bisa disebut satu-satu deh kayaknya. 

Kamu salah satunya? Jangan ragu, hubungi saya via contact.

Previous
Next Post »

6 comments

Click here for comments
Novaw
admin
5.9.16 ×

Wow menarik bangett.. kira2 untuk sisi bisnisnya diapain ya? buat souvenir kah?

Reply
avatar
Anonim
admin
7.9.16 ×

Cantiknyaaaaaaaaaaaaaaaa. Pasti susah bikinnya

Reply
avatar
F. Nisa
admin
8.9.16 ×

Bisa buat souvenir pernikahan, buat oleh-oleh khas Indonesia (klo ke luar negeri), apa lagi ya?

Reply
avatar
F. Nisa
admin
8.9.16 ×

Coba aja, kayaknya seru : )

Reply
avatar
@deravee
admin
10.9.16 ×

asik yah menyalurkan kreatifitas..bisa painting juga ya,baru taunya yang lettering itu

Reply
avatar
F. Nisa
admin
30.9.16 ×

banyak hal baru yang muncul dari ide2 kreatif teman-teman crafter. saya juga pengen bisa...sayangnya itu baru sekedar wacana.

Reply
avatar