STAEDTLER Pensil Terbaik untuk Anak - Sejarah dan Inovasinya

Kemarin saya baru aja melihat video menarik tentang proses produksi STAEDTLER pensil terbaik untuk anak.



Proses pembuatan pensil ternyata begitu canggih. Semuanya dikerjakan mesin, mulai dari pemotongan kayu, pencampuran bahan untuk lead (isi pensilnya tuh), hingga pengemasan produk.

Video cara pembuatan pensil STAEDTLER 

Video berdurasi singkat itu cukup banyak menambah daftar pertanyaan baru di otak saya. Terutama tentang pensil STAEDTLER yang legendaris itu (IYA. Pensil-biru-sejuta-umat-saat-Ujian-Akhir-Nasional alias 2B Mars Lumograph).

Eh, ternyata setelah browsing sana-sini, justru banyak hal yang selama ini saya nggak tahu tentang STAEDTLER. Ternyata produk STAEDTLER itu banyak lho. Bukan cuma pensil, penghapus, dan pensil warna aja.  

Kamu sama keponya dengan saya?

Kalo gitu yuk kita berkenalan lebih dekat dengan STAEDTLER, Pensil terbaik untuk anak.

Sejarah STAEDTLER

Perusahaan STAEDTLER  (awalnya bernama J.S STAEDTLER) yang berdiri pada 3 Oktober 1835 dan berlokasi di sebuah kota tua di Jerman, Nuremberg (N├╝rnberg). Pendirinya adalah Johan Sebastian Staedtler.

Johan Sebastian Staedtler sendiri merupakan generasi ke-3 dari Friederich Staedtler. Friederich adalah pembuat pensil pertama kali sejak tahun 1662. 

Yup. Pensil pertama kali dibuat secara handmade dengan ketekunan luar biasa di setiap batangnya. Secara turun-temurun Friederich mewariskan usaha craftmanship di bidang pembuatan pensil kepada anak cucunya hingga pada tahun 1683 ia pun mendapat predikat kehormatan sebagai pembuat pensil pertama di dunia.

Hingga kini perusahaan STAEDTLER® sudah berjalan hingga berusia 180 tahun. Produk yang dihasilkan bukan hanya pensil kayu saja, tetapi sudah berkembang seiring kemajuan zaman.



Memang kunci STAEDTLER hingga bisa terus bertahan bahkan semakin menjadi raksasa di bidang industri alat tulis adalah dengan terus mengembangkan inovasi. Misalnya, dengan mengeluarkan lini produk yang bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan menulis saja. 

Produk STAEDTLER mulai dari pensil biasa, pensil mekanik, bermacam-macam pena dan bolpen, marker, alat untuk menggambar teknik, aksesoris alat tulis (seperti penghapus, gunting, penggaris, lem, kompas), pensil warna bagus, hingga clay (untuk modelling).

Brand STAEDTLER bahkan sudah lazim dipakai bukan saja oleh anak sekolah tapi juga para profesional mulai dari seniman, artisan craft, hingga bidang teknik atau engineering.

Karena inovasi dan kualitas produk yang bagus, tak heran jika STAEDTLER kerap memenangkan penghargaan. Yang terbaru, di tahun 2011 lalu STAEDTLER berhasil meraih penghargaan Red Dot Award untuk Ballpoint Triplus 426.

Macam-Macam Produk STAEDTLER

Produk STAEDTLER sangat beragam dan di tiap negara berbeda jenis produk yang dipasarkan. Entah apa yang melatarbelakangi perbedaan pemasaran produk tersebut, saya kurang tahu pasti. Yang jelas di Indonesia, pihak yang mendistribusikan produk STAEDTLER adalah PT ASABA.

Pernah dengar PT ASABA?

Bagi yang belum tahu, PT ASABA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang suplai alat tulis dan kebutuhan perkantoran.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini melayani distribusi ke kota-kota besar di Indonesia mulai dari Bandung, Surabaya,Medan, Balikpapan, Semarang, dan Yogyakarta untuk beragam produk alat tulis (stationary), Manajemen Data & Keamanan Kantor, Digital printing, Perlengkapan Komputer, hingga Survey Systems. 



Pensil STAEDTLER


Saat berbicara tentang pensil untuk anak apa yang di benakmu?Apa pensil warna yang bagus untuk menunjang kreativitas anak di masa kini? Lupakan dulu soal gadget dan dunia digital, karena inspirasi lebih mudah ditangkap lewat goresan tangan di atas kertas.

Sampai kapan pun pengguna pensil akan ada. Karena dunia digital tidak bisa mengganti fungsi analog dalam proses kreatif. Itulah mengapa hingga kini, para profesional seperti arsitek, teknisi, seniman, jurnalis, dan profesi lainnya masih menggunakan analog sebagai instrumen untuk berkarya. Pensil dan pensil warna tetap berkembang, belum bisa tergantikan bahkan dengan smartphone tercanggih sekali pun.

Itu pula yang membuat STAEDTLER masih bertahan hingga ratusan tahun. Pensil terbaik STAEDTLER memiliki lead yang kuat karena memiliki antibreak system. 

Berbagai produk pensil yang sudah dirilis STAEDTLER di antaranya:

1.Tradition

2.Mars Lumograph


3.Noris
Pensil Noris memiliki versi triangular untuk desain yang nyaman bagi anak-anak. Membantu anak dalam berkarya dan membangun kreativitas anak melalui setiap coretannya.

Pensil ini menerapkan inovasi untuk memenuhi kebutuhan anak dalam belajar menulis dan menggambar. Bentuknya yang segitiga membuat anak bisa pas menggenggam, nyaman, dan mempermudah koordinasi mata dan goresan tangan. Tak heran di Inggris, varian STAEDTLER Noris sangat populer di kalangan anak sekolah.


Pensil Warna Luna


1.Luna Watercolour Pencils
2.Luna Coloured Pencils
3.Luna Triangular Watercolor Pencils
4.Luna Triangular Coloured Pencils

Pensil warna Luna dari STAEDTLER udah dirilis sejak tahun 90-an. Kapan tepatnya? Saya kurang tahu pasti. Yang jelas ini produk favorit saya sejak zaman SD hingga sekarang.

Saya bahkan merekomendasikan pensil warna Luna untuk anak saya yang preschool karena saya tahu pensil warna ini bagus dan bisa membantu mengasah kreativitas anak melalui media menggambar/ mewarnai.

sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=olPykARjbGw
Wikipedia.com
www.warnaluna.com
Previous
Next Post »

9 comments

Click here for comments
Zia Subhan
admin
7.9.16 ×

Wah ulasannya lengkap banget. Semua produk yang dibahas di sini saya pernah punya. Sekarang nurun ke anak, saya kalo beliin merknya staedler juga. hehehehe

Reply
avatar
Ria M Fasha
admin
7.9.16 ×

Saya juga sejak kecil make staedler
kulaitasnya gx diragukan lagi deh

Reply
avatar
F. Nisa
admin
8.9.16 ×

Sebenarnya artikel ini belum selese, Zia : )
Belum sempeet nyelesaiin, masih repot anak dan cucian.

Reply
avatar
F. Nisa
admin
8.9.16 ×

Jadi inget dulu kalo pelajaran nggambar pasti disuruh pake 2B. Sekelas pensilnya sama semua.
Dikasih nama biar ngga ketuker, sampe dihemat-hemat itu pensil, karena harganya termasuk mahal. hehe

Reply
avatar
10.9.16 ×

Aku selalu pake pensil dan penghapus staedtler juga, anak-anakku juga pake semua.

Reply
avatar
F. Nisa
admin
7.10.16 ×

Waah... setia banget Mbak Lianny #senyum
Aku sebenarnya pengen nyari yang Noris, tapi belum nemu di deket sini. Nyari Luna Aquarel yg isi 36 juga agak susah...pengen beli buat anakku. hiks

Reply
avatar
Dewi Nielsen
admin
14.11.16 ×

Ntah kenapa aku suka banget yang namanya pencil...terutama kalau ada motif2nya..jadi gemes..ujung2nya nggak kepake..cuma pajangan doang sangkin cutenya :D

Reply
avatar
F. Nisa
admin
18.11.16 ×

kolektor pensil nih ceritanya? ^ ^

Reply
avatar
25.11.16 ×

Apakah Anda ingin mendapatkan uang tambahan, Mari ikuti kontes seo http://sahabatqqseo3.com sekarang juga dan dapatkan hadiahnya sebesar Rp. 90 juta dan dijamin aman 100%
untuk pendaftaran anda tidak perlu khawatir, pendaftar gratis
anda hanya perlu modal blogspot atau wordpress
untuk kelanjutannya silakan anda buka link http://sahabatqqseo3.com/peraturan

Reply
avatar