Yuk, Menjadi Sahabat Bagi Lingkungan

- sponsored post -

Sejak Februari 2016 Pemerintah sudah meluncurkan uji coba wajib bayar (minimal Rp. 200,00) untuk kantong plastik di minimarket atau supermarket. Saya dengan senang hati menanggapi program ini karena tentu berdampak positif bagi lingkungan, terutama dalam mengurangi penggunaan plastik/ kresek.

Saya sendiri kini terbiasa untuk membawa tas sendiri untuk berbelanja. Meski kadang khilaf juga dalam keadaan tertentu. Hufft....

Yeah, menimbun kresek untuk apa coba?
Saat ini yang menjadi problem adalah ternyata makin lama tumpukan kresek dari minimarket yang hampir tiap minggu saya kunjungi makin banyak. Sementara membuangnya ke tempat sampah juga memiliki konsekuensi yang menurut saya cukup riskan.

Pertama, tukang sampah hanya datang seminggu sekali untuk mengangkut sampah. Artinya, sampah bisa berubah menjadi “raksasa berbau busuk” yang nantinya akan mengganggu saya dan tetangga... selama berhari-hari, ewwh.

Kedua, konsekuensinya adalah bumi butuh sangat lama untuk mengurai sampah plastik. Ratusan hingga jutaan tahun, tergantung jenis bahannya.

Intinya, saya harus melakukan sesuatu untuk meminimalisir sampah di rumah. Berusaha menjadi sahabat bagi lingkungan dalam skala kecil, setidaknya bagi saya sendiri, keluarga, dan tetangga sekitar.

Dan senangnya, saya banyak mendapat inspirasi kreatif tentang mengubah sampah menjadi produk yang berguna. Salah satu yang saya lakukan adalah memanfaatkan kantong plastik dari minimarket untuk dirajut menjadi wadah serbaguna.

Saya membuat mini basket ini dari beragam jenis kresek yang saya miliki. Ada kresek hitam dari warung, kresek merah, dan kresek Alfamart Sahabat Indonesia. Makin variatif warna kreseknya, makin lucu hasilnya.

Believe it or not: butuh banyak kresek buat bikin wadah kecil ini.

what do ya think?

Wadah ini saya pakai untuk menyimpan benang-benang untuk ongoing project yang sedang saya kerjakan. Saya bisa taruh di mana pun tanpa membuat gulungan benang berantakan.

Saat ini saya berencana membuat banyak “benang” dari kresek untuk dirajut menjadi berbagai barang. Misalnya, basket untuk tempat alat tulis, tempat kosmetik, atau tas besar untuk jalan-jalan dipakai belanja lagi ke minimarket.

Cara membuatnya cukup mudah kok. Insya Allah akan saya tulis tutorial lengkapnya di lain waktu… ^ ^

Menjadi Sahabat Bagi Lingkungan itu Mudah

Ada banyak cara untuk membuat lingkungan kita menjadi lebih baik. Bagi skala perorangan atau keluarga keluarga kecil seperti saya, hal itu bisa dilakukan dengan meminimalkan sampah atau mendaur ulang produk, atau mendonasikan barang yang masih bisa dipakai pada orang lain. Bahkan mengurangi gaya hidup konsumtif (hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan) juga bisa memberi kontribusi postif bagi lingkungan.

Sementara bagi skala besar seperti perusahaan, kontribusi bisa dilakukan dengan menerapkan program CSR (Corporate Social Responsibility) untuk membantu masyarakat di berbagai bidang (sosial, lingkungan, ekonomi).

Contoh perusahaan yang berkomitmen membantu masyarakat dengan program CSR adalah Alfamart dengan konsep Alfamart Sahabat Indonesia.

sumber: Official website Alfamart

Manfaat positif dari kegiatan CSR ini adalah kita diajak untuk peka dengan keadaan lingkungan dan sosial. Bahkan kita juga bisa turut serta mendukung kampanye sosial Alfamart untuk masyarakat di berbagai wilayah Indonesia.

Caranya adalah melalui program DonasiKu. Konsumen bisa menyisihkan uang kembalian saat berbelanja di Alfamart.

Uang hasil donasi akan digunakan untuk membantu kegiatan CSR misalnya dengan memberi bantuan truk sampah, pembangunan MCK yang layak untuk warga, pembagian alat untuk membuat biopori, pembangunan taman kota, hingga penanaman pohon untuk rehabilitasi lingkungan.

Well, kita tidak akan bisa benar-benar “menyelamatkan dunia”. Tapi dengan kontribusi nyata (meski tampak sepele) yang kita lakukan untuk lingkungan dan sesama, tentu bisa membuat lingkungan kita menjadi lebih baik.

Minimalnya kita memiliki awareness untuk peduli dengan lingkungan dan mendukung program CSR yang memberi manfaat bagi masyarakat luas.

Siapa sangka hanya menyisihkan uang kembalian saat belanja di minimarket, kita bisa membantu masyarakat Indonesia tersenyum lebih lebar?


Kamu siap untuk menjadi sahabat bagi lingkunganmu? Kontribusi apa yang kamu lakukan? Silahkan berbagi di kolom komentar, ya...! 


Let's go green

-Nisa

Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
30.11.16 ×

Bagus nih artikelnya, mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga lingkungan,,.

Reply
avatar
30.11.16 ×

lingkungan wajib kita pelihara ya kan mbak
madura bersatu

Reply
avatar
F. Nisa
admin
5.12.16 ×

Terima kasih

Reply
avatar