9 Ide Desain Interior yang Memberi Kesan Luas pada Apartemen

Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat dan lahan pemukiman yang semakin sempit, tinggal di apartemen nampaknya telah menjadi pilihan terbaik yang paling tepat untuk dipilih oleh penduduk kota besar seperti Jakarta. Karena selain alasan semakin sempitnya lahan pemukiman yang tidak memungkinkan Anda untuk membeli rumah, memilih untuk tinggal di apartemen juga memiliki pertimbangan lain seperti praktis, cepat (karena tidak perlu dibangun dari awal), fasilitas lengkap (kolam renang, gym, sauna), dan keamanan 24 jam penuh.

 Gambar: pixabay.com

Apartemen sudah didesain sedemikian rupa oleh desain interior rumah dan pada umumnya telah dilengkapi dengan perabotan umum seperti wastafel, perabotan kamar mandi, dan kompor. Lain halnya bila apartemen yang kita miliki masih kosong melompong sehingga mau tidak mau harus mendekorasi ulang agar apartemen sesuai dengan selera kita. Tetapi yang tidak bisa dilakukan dengan apartemen adalah pembedahan total seperti rumah biasanya. Selain itu, alasan untuk mendekor ulang apartemen Anda adalah agar apartemen yang berukuran lebih kecil daripada rumah pada umumnya, tidak terasa sempit untuk Anda dan keluarga. Simak tips-tips berikut agar apartemen Anda yang tadinya terasa sempit bisa ‘disulap’ dan terasa lebih luas.

Singkirkan Barang yang Tidak Berguna

Furnitur dan dekorasi yang berlebihan bisa menjadi malapetaka bagi ruangan apartemen. Hindari penggunaan benda-benda yang tidak begitu penting, atau taruh benda-benda tersebut ditempat yang tidak mudah terlihat, misal rak di balik pintu atau dibawah meja. Penataan sederhana akan membuat ruangan tampak lebih luas.

Menggunakan Ranjang Multifungsi

Kamar sempit dan tidak memungkinkan untuk menempatkan ranjang beserta lemari baju? Jangan khawatir. Siasati masalah ini dengan cara membeli ranjang yang sekaligus berfungsi sebagai lemari pakaian dibagian kolong ranjang. Daripada membeli ranjang biasa yang kosong di bagian bawahnya dan tak bisa dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan, lebih baik Anda membeli ranjang yang di bagian bawahnya terdapat laci-laci sebagai pengganti lemari pakaian.

Meja Makan = Meja Kerja

Teruntuk Anda yang memiliki apartemen 1 ruangan alias tipe studio, rasanya tidak mungkin untuk memiliki meja makan dan meja kerja sekaligus. Atasi hal ini dengan cara menggabungkan meja kerja dan meja makan menjadi satu. Cukup dengan membeli meja simpel yang desainnya tidak terlalu rumit, sehingga fleksibel untuk dijadikan meja makan maupun meja untuk bekerja dan belajar.

No Bath Tub, No Problem

Kamar mandi apartemen kebanyakan hanya berukuran 2x2m. Bagi Anda yang ingin untuk memiliki bath-tub alias bak mandi untuk merelaksasikan tubuh setelah seharian beraktifitas, nampaknya harus merelakan impian Anda. Namun sisi baiknya adalah Anda dapat menghemat space yang tidak sedikit dan menghemat air dengan membeli shower biasa.

Memasang Rak Buku di Atas Tempat Tidur

Memanfaatkan space se-optimal mungkin adalah kunci utama dalam ‘menyulap’ apartemen agar menjadi terasa lebih luas. Apabila ruangan yang ada tidak memungkinkan Anda untuk menginstal rak buku di lantai, pasang rak buku Anda di dinding atas tempat tidur. Jadi, kalau di malam hari Anda belum ngantuk tapi malas untuk meninggalkan ranjang, tinggal ambil buku di atas kepala Anda dan voila!

Menggunakan Cat Terang untuk Memberi Kesan Lebih Luas

Penggunaan cat berwarna gelap seperti hitam, kelabu, atau biru tua akan memberi kesan ‘berat’ kepada ruangan yang mengakibatkan otak manusia berpresepsi bahwa ruangan semakin lama semakin sempit. Cat dinding-dinding apartemen Anda dengan warna cerah dan ringan seperti warna putih, krem, kuning yang tidak terlalu mencolok, atau biru langit sehingga ruangan pun terasa lebih luas.

Memasang Kaca Besar

Pemasangan kaca berukuran besar memberikan kesan lebih luas seketika dengan adanya ilusi optik. Selain itu, kaca juga berfungsi untuk memperluas cahaya yang masuk dan juga sebagai pengganti jendela dalam memancarkan cahaya. Apabila memungkinkan, lebih baik lagi bila Anda memasang kaca di seluruh satu bagian dinding ruangan.

Memilih Lantai Berpotongan Besar

Lantai yang terpotong kecil-kecil (kurang-lebih 10 cm) seakan menegaskan sempitnya ruangan apartemen yang Anda miliki, pilihlah lantai yang berpotongan besar atau kalau sudah terlanjur dipasang lantai berukuran kecil, alasi lantai dengan karpet bermotif ringan.

Menyelaraskan Motif Furnitur

Saat membeli furnitur untuk apartemen, usahakan membeli barang yang memiliki motif atau setidaknya warna yang senada. Pemilihan furnitur yang tabrak motif seperti tribal dengan polkadot, akan memberi kesan sempit dan norak sehingga memperburuk citarasa yang apartemen Anda miliki.


Mencari Penyedia Jasa Interior Design

Dalam mengimplikasikan 9 ide diatas ke dunia nyata tentu membutuhkan bantuan ahli agar proses pengerjaannya cepat dan benar. Beruntung-lah Anda yang memiliki background pendidikan di bidang Arsitektur atau Design Interior, atau Anda yang memiliki koneksi ke penyedia jasa interior design. Lalu bagaimana dengan yang tidak memiliki hubungan dan pengetahuan sama sekali mengenai jasa interior desain yang profesional dan dengan harga yang tentunya reasonable?

Sejasa.com adalah marketplace penyedia jasa di Indonesia yang menyediakan berbagai jasa, salah satunya adalah jasa desain interior rumah. Dengan menggunakan Sejasa, Anda akan mendapatkan estimasi biaya dari proyek yang Anda inginkan. Prosedurnya pun cukup praktis, Anda cukup mengakses website dan mengisi formulir tentang proyek apa yang ingin Anda kerjakan, dan mendapatkan rekomendasi penyedia jasa profesional dari Sejasa.com!
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
6.2.17 ×

sama jangan banyak sekat kayaknya, ya. Biar kelihatan lapang

Reply
avatar
6.11.17 ×

Setuju sama komen diatas. banyak sekat malah kesannya ndak elegan soalnya.

Reply
avatar