Daftar Checklist Sebelum Memilih Hotel di Jakarta

Sebagai manusia pasti dalam hidupnya pernah bepergian. Entah itu dalam frekuensi yang sering maupun jarang. Nah, saat perjalanan ini terkadang kita butuh tempat istirahat, apalagi dalam perjalanan yang cukup jauh dan memakan waktu berhari-hari. Bagi seseorang yang memiliki sanak saudara bisa tinggal sementara waktu di rumah saudaranya. Namun, bagi yang tidak punya, maka hotel adalah pilihan satu-satunya.

Gambar: pixabay.com

Ada banyak jenis hotel yang tersedia saat perjalanan. Ada yang berbentuk penginapan seperti ruang kamar biasa, hostel, dan kos-kosan. Tergantung kita mau memilih penginapan yang jenis apa, semua sesuai budget yang kita siapkan. Apalagi jika kamu melakukan perjalanan ke Jakarta. Di Jakarta –seperti yang kita tahu sendiri– susah sekali menemukan hotel yang murah dan berkualitas. Biasanya ada yang murah namun kurang berkualitas, ada yang berkualitas tapi mahal. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang membuat hotel bisa dikatakan berkualitas.

1. Pelayanan yang baik

Pelayanan yang baik adalah syarat utama sebuah hotel dikatakan berkualitas. Untuk mengetahui apakah hotel tersebut pelayanannya baik atau tidak, kamu bisa menanyakan pada saudara atau teman yang pernah menginap di hotel tersebut. Jika kamu tidak mendapatkan orang yang bisa memberikan informasi, kamu bisa coba cari di internet bagaimana review orang lain tentang hotel tersebut. Kebanyakan orang akan mereview dari hati jika memang pelayanannya baik atau jelek.

2. Fasilitas Wi-Fi di tempat umum dan kamar

Bagi kamu yang suka mengabadikan perjalananmu, fasilitas Wi-Fi sangat penting dimiliki oleh sebuah hotel. Wi-Fi ini banyak sekali kegunaannya. Mulai dari digunakan untuk Skype bagi yang ingin mengobrol dengan keluarganya di rumah hingga mengunggah tulisan di blog tentang perjalanan yang kamu lakukan.

3. Dekat dengan tempat strategis

Hotel yang bagus adalah hotel yang dekat dengan banyak tempat strategis seperti: bandara, terminal, mall, rumah sakit, ATM, dan toko serba guna. Jadi, jika kamu butuh sesuatu kamu tidak perlu bingung karena tempatnya jauh. Dan yang paling penting adalah tempat yang dekat itu biayanya juga lebih murah jika kamu menggunakan ojek atau taksi online.

4. Memiliki tempat bersantai

Tempat bersantai juga sangat penting loh. Apalagi jika kamu sedang dalam perjalanan jauh. Sekedar ngopi di cafe yang ada di area hotel cukup untuk menghilangkan rasa lelah dan penat selama perjalanan. Tempat santai tak hanya berupa cafe, bisa juga berupa taman yang di dalamnya banyak tanaman yang indah.

5. Terdapat fasilitas dan layanan lainnya

Selain yang saya sebutkan di atas, hotel yang bagus punya fasilitas dan layanan lainnya seperti: tempat khusus perokok, layanan laundry, penitipan barang, dan kotak penyimpanan. Fasilitas tersebut memang terlihat remeh, namun sangat membantumu saat perjalanan.

Nah, jika kamu sudah tahu ciri-ciri hotel yang berkualitas dengan kelima poin yang sudah saya sebutkan tadi, tentu untuk memilih hotel murah di Jakarta tapi gak murahan bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Bagaimana caranya? Kamu bisa cek di website penyedia daftar hotel yang ada di Jakarta, lalu sortir berdasarkan harganya. Misal kamu punya budget 500 ribu per malam, maka sortir hotel yang kamu cari di Jakarta dengan harga sewa di bawah 500 ribu per malam. Jika sudah termuat hasilnya, kamu cek apakah hotel tersebut memenuhi kelima poin hotel berkualitas yang sudah disebutkan. Oh yah, jangan lupa baca juga komentar orang lain yang pernah menginap di hotel tersebut untuk pertimbanganmu. Biasanya orang akan memberikan rating di atas 7/10 untuk hotel dengan kualitas bagus dan harga yang murah.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
23.3.17 ×

Saya kalau hotel pilihnya yang aksesnya dekat ke tempat transportasi dan harganya juga nggak mahal.

Congrats bro Nita Lana Faera you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar