Cara Membuat Kerajinan dari Stik Es Krim: Rumah Kecil (tutorial gambar step-by-step)

Bismillaah....

Lamaa banget ya udah nggak posting tutorial diy. Oh ya, sebelumnya saya udah pernah posting cara bikin stik es krim warna-warni. Sekarang saatnya kita praktek cara bikin rumah kecil yang imut dan lucu.



Bikinnya gampang banget. Karena emang saya sukanya yang gampang dan nggak ribet. Apalagi modalnya nggak sampe 10ribu untuk beli bahannya. Hemat dan menyenangkan ^ ^


Kata si Sulung, ini namanya rumah kelinci. Karena muatnya untuk boneka kelincinya yang kecil aja. Kadang dia juga menyebut ini rumahnya mobil (hotwheels yang mini-mini itu loh).

Sebelumnya saya minta maaf karena ini late post banget, dan fotonya masih pake kamera hp jadul yang jelek kualitasnya.

Bahan:


  • Stik es krim 1 pak aja (kira-kira isi 60 stik) saya beli sekitar Rp. 6000P
  • Potongan kardus kecil.


Alat:

  • Gunting
  • Lem tembak


Cara Membuat:

1. Pertama stik es krim dipilah dulu. Saya beli ini agak kasar jadi perlu digosok/ dihaluskan permukaannya. Hati-hati jangan sampai patah.

2. Susun pondasinya sisi kanan kiri, depan belakang. Sesuaikan jumlah stiknya.
Berhubung punya saya kurang, maka di bagian pintu saya kosongkan (rencananya bikin pintu dari kardus yang bisa dibuka-tutup).

3. Rekatkan samping stik setiap dua batang. Lalu dilem lagi hingga seperti gambar di bawah ini.
Note: penting untuk membuat kayu tambahan dari stik yang digunting dan dilem melintang di sisi dalam rumah, baik posisi atas maupun bawah. Biar kokoh tak tertandingi...#jiah #korbaniklan



4. Susun atap dengan cara yang sama seperti membuat dinding. Punya saya cuma bagian yang miring aja yang pake stik. Sementara depan belakang pakai kardus bermotif bekas jam dinding (ternyata matching euy..hihi).


5. Kalo sudah taruh atap di atas rumah. Itu atapnya bisa dilepas. Biar kelincinya bisa masuk rumah..hee


6. Sebenarnya gini doang juga udah bisa seh. Kalau saya bikin tambahan pintu dan jendela pakai kardus. Caranya kardus  digunting seukuran pintu, trus tengahnya diberi knob yang dilem. Trus pasang pintu pakai double tape yang direkatkan di sisi dalam rumah.

Hasilnya adalah ...

Tadaa.. 

Pintunya bisa dibuka-tutup.
Yuhuu, udah jadi ya. Meski belepotan lem tapi seruu. .

Semoga bisa dipahami ya tutorialnya.

Happy crafting


Nisa


Newest
Previous
Next Post »