7 Fakta Pantai Kuta Selalu Menjadi Destinasi Favorit Hingga Kini

Dulunya Pantai Kuta merupakan pelabuhan dagang di Pulau Bali dan menjadi pusat pemasaran. Seiring berjalannya tahun, Pantai Kuta menjadi destinasi yang populer dan menjadi landmark Pulau Dewata. Berbagai fasilitas pun mulai dilengkapi seperti kedai-kedai, pusat perbelanjaan, dan hotel dekat Pantai Kuta dengan harga yang bervariatif.


Meskipun dianggap sebagai wisata mainstream, Pantai Kuta selalu saja menarik perhatian berbagai wisatawan dan inilah fakta-fakta yang membuatnya kian digandrungi.

1. Pantai Terdekat dari Bandara

Untuk pantai yang populer, Kuta adalah pantai yang tedekat dari Bandara Udara Internasional Ngurah Rai. Namun, ada lagi pantai yang paling dekat bahkan kamu bisa berfoto dengan background pesawat lepas landas yakni Pantai Tuban. Jarak dari Bandara Ngurah Rai ke Pantai Kuta kurang lebih 4,4 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit. Dari Bandara ke Kuta, kamu dapat menggunakan transportasi umum seperti taksi, kendaraan umum online (Ojek atau taksi) atau bus Trans Sarbagita. Termurah adalah menggunakan bus yakni Rp 3.500 tapi kamu harus pergi ke luar Bandara dan mencari halte terdekat. Kedua yakni transportasi online tetapi kamu harus bersembunyi dari pangkalan taksi, ongkosnya kira-kira Rp 27.000,- berbeda jauh dengan taksi yang biasa yakni Rp 60.000,- tanpa argo.

2. Tempat Melihat Sunset Terbaik

Ajak teman atau saudara yang ingin sama-sama menyaksikan matahari terbenam karena jika tidak memiliki keinginan yang sama kamu bisa saja ditinggalkan dengan teman yang bosan menunggu matahari terbenam. Umumnya matahari terbenam di Bali sekitar pukul 18.18. Untuk melihat matahari terbenam atau terbit kamu dapat memiih spot dimanapun. Hal inilah yang menjadi daya tarik Pantai Kuta untuk melihat sunset karena tidak perlu jauh-jauh untuk naik ke atas tebing. Matahari yang tenggelam dengan memancarkan warna jingga akan terlihat jelas tanpa ada gunung atau pepohonan yang menghalangi.

3. Surga bagi Surfing Pemula

Dengan berbekal uang Rp 250.000, kamu sudah bisa belajar surfing dengan instruktur profesional selama dua jam. Selain instruktur, kamu pun sudah mendapatkan pinjaman alat surfing, dan wet suite bagian atas. Ada banyak operator surfing yang dapat kamu pilih di sepanjang Pantai Kuta. Umumnya, wisatawan yang belajar surfing kebanyakan dari wisatawan mancanegara.

Sebelum belajar langsung dengan instruktur, peserta akan menonton tayangan mengenai penggunaan alat, teknik dan juga antisipasi bahaya. Setelah selesai dan mengganti pakaian, barulah memperlajari gerakan selancar di daratan Pantai Kuta. Kamu harus mempraktikan gerakan apa yang sebelumnya dilihat pada tayangan. Gerakan tersebut dilatih berulang-ulang hingga lancar. Setelah yakin barulah diizinkan untuk praktik langsung di laut. Papan selancar yang digunakan untuk pemula berukuran lumayan besar dan berbentuk oval yang akan membuat seimbang.

4. Belanja Souvenir khas Bali

Jangan lupa untuk berbelanja souvenir khas Bali disini. Di sepanjang Pantai Kuta banyak pedagang souvenir yang berjejer menjajakan kain, pakaian, hingga aksesoris. Jangan mengkhawatirkan masalah harga, karena pasar oleh-oleh maupun pedagang disepanjang Pantai Kuta menjajakan dagangannya dengan harga yang terjangkau.

5. Berkunjung ke Penyu Raksasa

Selain bersenang-senang, daerah Kuta juga menawarkan wisata edukasi salah satunya penangkaran penyu raksasa. Lokasi bersampingan dengan kantor Satgas Pantai Kuta. Di tempat penangkaran itu kamu bisa melihat proses pemeliharaan penyu dan anak penyu yang baru menetas. Pelepasan tukikpun biasanya diadakan di Pantai Kuta dengan terlebih dulu mengumumkannya lewat pengeras suara. Banyaknya tukik yang dilepas tergantung dari berapa telur yang menetas. Nah, jadi saat jam 16.00 bersiap dirilah, bisa saja hari itu kamu beruntung dan bisa ikut melepaskan penyu ke pantai.

6. Keliling Kuta dengan Dokar

Dokar atau kereta kuda biasanya digunakan di desa-desa. Tapi kamu bisa menikmati sensasi naik dokar di Pantai Kuta. Apalagi untuk turis luar negeri, pengalaman seperti ini adalah hal yang berbeda. Kamu dapat keliling Kuta dengan naik dokar dan melewati berbagai jaan seperti Poppies II, jalan Legian, hingga kembali ke Pantai Kuta. Untuk berkeliling dengan dokar kamu harus merogoh kocek Rp 100.000 untuk sekali jalan atau jarak dekat Rp 50.000,-. Dokar dapat menampung kurang lebih empat orang penumpang. Jangan takut tidak kebagian dokar karena sepanjang titik Pantai Kuta kamu dapat menemukannya dengan mudah dari pagi hingga malam hari.

7. Bersantai di Tepi Pantai

Menikmati air kelapa di pinggir pantai sambil melihat ombak yang berkejaran adalah kegiatan yang tak boleh kamu lewatkan saat di Pantai. Kamu dapat menyewa payung ala pantai seharga Rp 50.000 sudah dapat sepasang atau menyewa tikar mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000 tergantung ukuran. Ukuran karpet yang disewakan mulai dari 50 sentimeter hingga 100 sentimeter.

Masih tertarik liburan selanjutnya ke Pantai Kuta? Kamu dapat cari hotel di Pantai Kuta sesuai dengan bujet yang dimiliki. Tarif hotel di sekitaran Pantai Kuta mulai dari Rp 80.000 hingga jutaan rupiah. [placement]
Previous
Next Post »