materi homeschooling
{Belajar Aqidah} Mengenalkan Anak tentang Allah sang Pencipta Alam Semesta (Free Workbook PDF)

{Belajar Aqidah} Mengenalkan Anak tentang Allah sang Pencipta Alam Semesta (Free Workbook PDF)

Bismillaah.

Sebagian orang tua muslim menyadari bahwa pendidikan aqidah sangat penting untuk diajarkan sejak dini untuk putra-putri mereka. Di antaranya adalah dengan mengenalkan anak tentang tauhid, mengenal Allah Azza wa Jalla yang menciptakan alam semesta, dan mengokohkan dalam hati anak bahwa kita semua harus mentauhidkan segala bentuk ibadah kepada-Nya semata.

Perkara mudah? Tentu tidak.

Saya sendiri awalnya bingung bagaimana memulai mengajarkan aqidah ini terutama untuk anak yang masih usia batita atau balita. Tantangannya tentu harus pintar memilih kata-kata dalam memberikan penjelasan yang bisa dicerna oleh akal si Anak.

Alhamdulillaah, bersyukur saya mendapat buku acuan pendidikan aqidah yang sesuai sunnah untuk usia TK. Buku ini sangat membantu untuk memberikan gambaran sekiranya materi apa saja sih, yang perlu diajarkan pertama kali untuk si Kecil.

Karena anak saya waktu itu belum bisa membaca, maka saya terlebih dulu membaca seluruh isi buku tersebut dan menceritakan ulang kepada anak sulung saya dengan bahasa yang lebih sederhana. Konsep paling awal yang diajarkan adalah tentang rububiyah, yakni tentang Allah sebagai pencipta jagad raya dan seluruh isinya.

Allah yang menciptakan segala yang ada di langit seperti bintang, bulan, matahari, awan, dan mengatur pergerakan benda-benda langit sehingga manusia, hewan, dan tumbuhan di bumi bisa merasakan manfaatnya. Begitupun segala yang ada di bumi, seperti laut, gunung, pepohonan, aneka satwa, udara, tanah, api, semuanya merupakan ciptaan Allah semata.

Awal mengajarkan tentang aqidah ini, saya tidak terlalu memaksa anak saya untuk langsung paham. Nyatanya dalam mengajarkan apapun membutuhkan pengulangan secara terus-menerus sehingga cepat atau lambat anak bisa memahaminya.

Kadang menjelaskan tentang hal ini bisa juga melalui tanya-jawab bersama anak. Kadang di saat senggang, tiba-tiba anak melontarkan pertanyaan tak terduga. Untuk menjawabnya pun kita bisa sambil memberikan pendidikan. Seperti saat anak sulung saya, M, berkata:

Ummi, rambutku lurus nggak, Mi? Aku pengen rambut lurus kayak temanku.” Rupanya dia merasa kurang sreg dengan rambutnya yang bergelombang. Kebanyakan teman-temannya memang memiliki rambut yang lurus.

Mendengar pertanyaan polos ini, saya pun merasa perlu menjelaskan sekaligus menyisipkan pendidikan soal aqidah. Saya sampaikan bahwa Allah azza wa jalla yang menciptakan kita dengan kondisi yang berbeda-beda. Ada yang diberi rambut lurus, keriting, berombang. Ada yang warnanya hitam, pirang, merah, cokelat. Ada yang rambutnya tebal, tipis, bahkan botak. Semua itu atas kehendak Allah saja, dan kita sebagai makhluk-Nya tidak bisa memilih. Seperti apa pun kondisi fisik kita, itulah yang terbaik, sehingga kita harus bersyukur.

Penjelasan seperti ini sering sekali saya lakukan setiap kali anak bertanya tentang dirinya. Meski awalnya belum terlalu paham, seiring berjalannya waktu akhirnya ia pun bisa memahaminya, biidznillah. Walhamdulillah.

Contoh lain yang bisa dilakukan untuk mengenalkan anak tentang Allah sebagai sang Pencipta adalah:

  1. Mengajak anak untuk mengamati sekitarnya. Melihat matahari dan bulan yang bergantian muncul di siang dan malam hari.
  2. Mengamati diri sendiri atau orang lain. Bahwa manusia memiliki dua mata untuk melihat, satu hidung, dua telinga untuk mendengar, kaki untuk berjalan, dll. Semua yang Allah ciptakan pada diri manusia tentu memiliki fungsi dan manfaat yang nyata.
  3. Mengajak anak berjalan-jalan untuk melihat aneka tumbuhan dan hewan. Adanya gunung, laut, pantai. air terjun, dan berbagai keindahan alam yang hanya Allah saja yang bisa menciptakan sekaligus memeliharanya.
  4. Mengamati dan merasakan hal-hal yang tak tampak. Seperti angin yang tak terlihat, namun kita bisa merasakannya. Terik matahari yang panas menyengat, aroma bunga yang wangi, dan adanya kuman, virus, bakteri meski kita tidak bisa melihatnya.
  5. Mengamati fenomena alam seperti hujan, salju, bintang jatuh, hujan meteor, pelangi, gunung meletus, geyser, dll. Fenomena alam itu ada yang mengaturnya yakni Allah ta’ala.

Workbook PDF Belajar Aqidah untuk Usia TK – SD : Allah Ta’ala sang Pencipta 

Untuk mempermudah pembelajaran tentang aqidah ini. Saya membuat workbook untuk anak usia prasekolah, TK, maupun SD. Formatnya sederhana sekali karena pada masa ini anak lebih suka dengan kemasan yang menarik secara visual. Saya bagi workbook-nya di blog ini, semoga bermanfaat.

Saya membuatnya dalam versi hitam-putih saja, agar anak bisa mewarnai sendiri gambar-gambar yang ada di workboook ini. Selain itu juga biar lebih murah biaya cetaknya, dibandingkan full-colour.

DOWNLOAD (870 kb)

 

Semoga bermanfaat, ya.

 

Nisa

 

Artikel lain:

{Printable} Materi Bahasa Arab Dasar 1: Buah-Buahan

Belajar Mufrodat Bahasa Arab (Mengenal Nama Bangunan) Free Printable

Tags :

4 thoughts on “{Belajar Aqidah} Mengenalkan Anak tentang Allah sang Pencipta Alam Semesta (Free Workbook PDF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *