review
Review: Buku Homeschooling on A Shoestring

Review: Buku Homeschooling on A Shoestring

Review: Buku Homeschooling on A Shoestring

Judith Waite Allee dan Melissa L. Morgan adalah pengarang buku Homeschooling on a Shoestring yang diterbitkan Harold Shaw Publishers. Buku ini mengulas bagaimana menjalankan homeschooling secara hemat. Beberapa cara yang disarankan adalah dengan meminjam berbagai alat bantu ajar, buku-buku, materi pelajaran, dan beragam referensi penting untuk mendidik anak. Atau bertukar/barter dengan orang tua homeschooling lainnya. Cara lainnya adalah dengan membeli materi tersebut di toko barang bekas. Bahkan kalau mampu, orang tua bisa membuat materinya sendiri.

review buku Homeschooling on A Shoestring

Dalam bukunya, pengeluaran untuk bahan ajar tidak terlalu menguras dompet. Ia banyak bergantung pada sumber rujukan di perpustakaan, di komunitas homeschooling, di kelompok/komunitas seperti pramuka, kelompok/klub hobi misalnya klub komputer, klub sains, majalah, kamus dan ensiklopedia yang beli dari pasar loak/ toko barang bekas/ garage sale.

Ia juga menyarankan untuk sering mendatangi tempat-tempat belajar yang beda, seperti museum, taman kota, departemen lingkungan, atau tempat-tempat yang dikelola pemerintah yang bernilai edukasi. Anak juga bisa mendatangi orang yang ahli untuk belajar. Atau pihak komunitas homeschooling bisa mendatangkan ahli bidang/ bisa dari orang tua anak-anak homeschooling yang punya keahlian tertentu untuk mengajar.

Bisa dibilang buku ini lumayan informatif dan sangat membantu untuk menghemat pengeluaran dalam menjalankan homeschool. Bagi yang memulai homeschool, buku ini bisa menjadi acuan terkait bagaimana mendapatkan sumber-sumber pelajaran dengan biaya minim bahkan gratis.

Ada banyak ide juga terkait bagaimana membuat proses belajar bersama anak tetap menyenangkan dengan bahan materi yang begitu sederhana di sekitar kita.

Selain itu pembelajaran juga bisa dilakukan dengan berjejaring membentuk komunitas homeschooling dengan sesama keluarga yang menjalankan metode ini. Para orang tua yang memiliki keahlian bisa membagikan ilmunya kepada anak-anak yang memiliki minat yang sama. Keberagaman keahlian dari tiap orang ini bisa menjadi kekuatan penting untuk menyalurkan ilmu kepada anak-anak sehingga mereka tetap bisa belajar dengan biaya yang sangat terjangkau.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Homeschooling on a Shoestring

Kelebihan

  • Ada banyak ide tentang cara menghasilkan uang dari dalam rumah.
  • Ada rujukan untuk kurikulum yang hemat
  • Banyak ide/ saran untuk memperoleh bahan dan alat mengajar yang terjangkau
  • Saran-saran melakukan kunjungan dengan biaya minim
  • Cara mengatur rumah, menyederhanakan biaya hidup di rumah, dan menjalani kehidupan yang minimalis

Kekurangan

Banyak informasi yang sudah terlalu jadul. Mungkin karena buku ini sudah ada di zaman 90-an. Apalagi untuk bab terkait dengan teknologi. Bab teknologi ini menurut saya kurang relevan untuk diterapkan di zaman 2018 ini.

Cara Mendapatkan Buku Homeschooling on A Shoestring

Buku ini setahu saya dijual di Amazon. Tapi saya sendiri membacanya lewat perpustakaan online. Yup, saya meminjam buku Homeschooling on A Shoestring lewat smartphone karena gratis dan tak perlu keluar rumah. Sebenarnya kurang enak sih, apalagi smartphone saya bukan yang retina display. Atau jika ingin membacanya gratis, bisa meminjamnya di perpustakaan lokal di kotamu.

Selain itu, jika kamu ada waktu bisa juga mencari buku ini di toko buku lokal yang menjual buku-buku luar negeri berbahasa Inggris.

Saya sendiri masih belum tertarik untuk membeli buku fisiknya, karenanya saya memilih meminjamnya di internet. Meski buku ini cukup bagus, tapi karena kebanyakan saran sudah terlalu jadul, maka saya sekedar mengambil pengetahuan yang relevan saja.

 

Happy reading

Nisa

 

Artikel Lain:

STAEDTLER Pensil Terbaik untuk Anak – Sejarah dan Inovasinya

Wanita Wajib Memperhatikan Hal-Hal Ini Ketika Memilih Jam Tangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *