guest post
Ketahui Cara Mengoleskan Diaper Cream yang Benar

Ketahui Cara Mengoleskan Diaper Cream yang Benar


Ruam yang disebabkan karena pemakaian popok bayi menjadi salah satu masalah kulit yang harus segera ditangani. Tanda kemerahan tersebut disebabkan oleh gesekan popok dengan kulit bayi yang masih sensitif.

Meski sudah sering mengganti popok saat si kecil mengompol atau buang air besar, ruam tetap tidak bisa dihindari. Nah, untuk mencegah atau bahkan mengobatinya, kamu bisa mengoleskan diaper cream bayi dengan benar agar ruam pada kulit si kecil tidak muncul lagi.

Sebelum mengaplikasikan krim tersebut, bersihkan dulu bagian bokong si kecil menggunakan produk perawatan seperti sabun all in one. Sebelum dipakaikan popok, keringkan dulu dengan handuk.

Banyak ibu muda yang tidak paham cara mengoleskan krim ini. Sebagian besar dari mereka justru mengaplikasikannya saat ruam sudah terjadi. Tentu saja cara tersebut salah dan membuat perlindungan yang diberikan tidak maksimal.

Berikut ini adalah cara mengoleskan krim ruam/ diaper cream yang harus kamu ketahui.

Diantaranya adalah:

  1. Pilih diaper cream bayi yang terbuat dari bahan alami seperti shea butter, ekstrak alpukat, dan argan oil. Bahan alami tersebut lebih mudah meresap di kulit dan tidak lengket. Saya sendiri terbiasa memakaikan extravirgin coconut oil (evco) atau minyak zaitun murni (evoo), tergantung apa yang tersedia di rumah.
  2. Oleskan krim sebelum terjadi ruam. Jika ruam kulit bayi sudah mengalami ruam, yang harus kamu lakukan adalah mengobatinya dulu. Apabila sudah sembuh, baru oleskan krim tersebut sebelum memasangkan popok pada si kecil.
  3. Pilih diaper cream yang bersifat antibakterial. Ruam juga bisa disebabkan karena tumpukan bakteri pada lipatan kulit. Untuk melindungi kulit si kecil dari serangan bakteri, kotoran, dan juga gesekan dengan popok, sebaiknya oleskan krim tersebut. Perlindungan yang diberikan sangat maksimal sehingga kelembapan alami kulit buah hati tidak akan terkikis.
  4. Pastikan kondisi kulit sudah kering benar. Setelah mandi, segera keringkan bagian tubuh yang akan diolesi krim agar bisa meresap dengan sempurna. Tunggu beberapa saat hingga krim bekerja maksimal lalu pasangkan popok untuk si kecil.

Saat mengganti popok, kamu juga harus membersihkan bagian bokong bayi menggunakan sabun all in one lalu keringkan menggunakan handuk halus. Setelah itu oleskan krim secara merata. Penggunaan produk tersebut sangat efektif mencegah ruam dan memberikan perlindungan berlapis agar kulit tipis bayi tidak bergesekan langsung dengan popok.

Baca juga: Ibu sebagai Health Agent dari Buah Hati

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *