guest post
Obati Demam Berdarah dengan Daun Pepaya, Bisakah?

Obati Demam Berdarah dengan Daun Pepaya, Bisakah?

Daun pepaya sejak lama dipercaya bisa mengobati penderita demam berdarah. Benarkah hal ini?

Sudah sejak lama, penanganan demam berdarah tidak mengharuskan penderitanya opname di rumah sakit. Bahan-bahan alami pun dipercaya dapat mengatasi demam berdarah. Salah satunya yang cukup terkenal adalah daun pepaya. Bagaimana faktanya?

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, jika untuk membantu pemulihan dari demam berdarah, daun pepaya adalah pilihan tepat.

“Daun pepaya tidak bisa menyembuhkan demam berdarah. Tapi, karena banyak mengandung antioksidan, daun pepaya berguna untuk pemulihan demam berdarah yang jauh lebih cepat,” ujar dr. Sepri.

Menurutnya, daun pepaya tidak dapat menaikkan trombosit atau menurunkan hematokrit, yakni kadar sel darah merah dalam darah. Namun, bila dikonsumsi selama sakit demam berdarah, daun pepaya dapat membantu agar proses pemulihan pasien menjadi lebih cepat.

Pengobatan demam berdarah

Seperti dijelaskan dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, pengobatan demam berdarah saat ini memang bersifat suportif. Dalam kata lain, pengobatan masih menggunakan beberapa jenis obat yang berfungsi untuk menurunkan gejala yang dialami pasien.

@mdominguezfoto/unsplash.com

“Obat yang diberikan biasanya beragam, mulai untuk menurunkan demam, pereda sakit kepala, obat mual, dan lain-lain,” kata dr. Karin.

Selain itu, terapi cairan juga sangat penting bagi penderita demam berdarah. Pada umumnya, penderita demam berdarah akan mengalami kebocoran plasma yang menyebabkan kekurangan cairan di dalam pembuluh darah.

Namun, daripada mengobati, bukankah lebih baik mencegah demam berdarah? Lakukan pencegahan demam berdarah dengan cara 4M Plus ini:

  • Menguras wadah air, seperti bak mandi, tempayan, dan vas bunga.
  • Menutup semua wadah air agar nyamuk tidak dapat masuk dan bertelur di dalamnya.
  • Mengubur semua barang bekas yang dapat menampung air, seperti ban bekas, kaleng, dan botol supaya tidak jadi sarang nyamuk Aedes aegypti.
  • Memantau semua wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk secara berkala.
  • Plus, menghindari kemungkinan tergigit nyamuk dan tidak menggantung baju.

Anda juga dapat memelihara ikan agar dapat membantu membasmi jentik-jentik nyamuk yang ada di dalam kolam. Taburkan pula bubuk abate di wadah penampungan air untuk membunuh jentik-jentik nyamuk.

Daun pepaya memang tidak bisa digunakan untuk mengatasi sakit demam berdarah. Tapi kabar baiknya, daun dengan rasa pahit ini dapat mempercepat pemulihan dari sakit demam berdarah. Jika Anda merasakan gejala demam berdarah seperti yang telah dipaparkan di atas, lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *