guest post,  travel

Belajar Budaya Belitung di Kampoeng Fi Fi

Ingin berwisata sambil belajar budaya Belitung? Kini kamu bisa ke Kampoeng Fi Fi, kampung budaya yang diprakarsai oleh Fifi Lety Tjahaja Purnama. Kampung budaya ini menghadirkan berbagai keunikan tradisi dan kekayaan Belitung di satu tempat. Lokasinya nyaman untuk berkeliling, sehingga kamu bisa mengajak keluarga dan teman-teman.

(sumber : kompasiana.com)

Penasaran? Jangan lupa memasukkan kampung wisata ini ke dalam rencana perjalanan saat booking hotel online.

Asal-usul Kampoeng Fi Fi

Tahukah kamu kalau Kampoeng Fi Fi awalnya bernama Kampoeng Ahok? Ini karena Fifi adalah saudara dari Basuki Tjahaja Purnama, yang akrab disapa Ahok. Fifi memutuskan membuat tempat wisata ini setelah mendengar banyak turis di Belitung yang menanyakan lokasi rumah Ahok. Fifi membangun replika rumah keluarga besarnya sebagai fitur utama dari Kampoeng Ahok.

Karena Ahok sangat membanggakan asal-usulnya di Belitung, Fifi menjadikan tempat wisata tersebut sebagai sarana belajar budaya Belitung. Pemasukan dari turis dijadikan modal untuk berbagai kegiatan sosial. Akan tetapi, karena kini Basuki tidak ingin lagi dipanggil Ahok, nama tempat wisata tersebut juga harus menyesuaikan. Pada bulan Maret 2019, nama Kampoeng Fi Fi pun secara resmi diperkenalkan.

Kampoeng Fi Fi berlokasi di Desa Gantung, Kecamatan Gantungm Kabupaten Belitung Timur. Kamu bisa mencapainya dengan berkendara selama 75 menit dari Bandara H. A. S. Hanandjoeddin. Rute terdekat adalah dari Manggar, ibu kota Belitung Timur, karena kamu hanya perlu berkendara selama sekitar 30 menit.

Kegiatan di Kampoeng Fi Fi

Replika rumah Ahok menjadi pusat dari kegiatan di tempat wisata ini. Aslinya, rumah tersebut dibangun pada tahun 1924, dan telah mengalami renovasi sebanyak tiga kali. Arsitekturnya bermodel rumah panggung, seperti kebanyakan rumah di dekat pantai. Ketika masuk, kamu akan melihat interior yang masih khas seperti rumah zaman dulu. Berbagai perabotnya dibuat meniru rumah yang asli, lengkap dengan berbagai perabot dan foto lama.

Rumah tersebut bukan satu-satunya kegiatan di kampung wisata ini. Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan, seperti:

1. Wisata kuliner

Ruang makan di replika rumah panggung ini dijadikan tempat wisata kuliner. Kamu bisa memesan aneka hidangan laut khas Belitung Selatan dan es kelapa. Ruang makan ini memiliki meja lesehan dengan alas tikar, sehingga suasananya santai.

2. Belajar tentang batik

Tahukah kalian kalau Belitung juga memiliki batik khas? Batik ini memiliki pola dan metode pembuatan unik. Bahan pewarnanya diolah dari bagian pohon bakau. Pola khasnya mencerminkan alam Belitung, seperti buah krementing, kopi Manggar, dan hewan tarsius. Di kampung wisata ini, kamu bisa melihat batik asli Belitung serta proses pembuatannya.

3. Belanja produk UKM

Kamu bisa mendukung pemilik usaha kecil Belitung dengan membeli produk-produk mereka di Kampoeng Fi Fi. Ada kerupuk ikan, getas, abon ikan, keripik sukun, hingga kopi.

Kampoeng Fi Fi juga memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap. Ada toilet, klinik, dan tempat parkir yang cukup luas. Area di dekat kampung ini juga dekat dengan aneka penginapan, restoran, dan fasilitas umum lain.

Cara memesan akomodasi di Belitung

Temukan hotel di Belitung dengan mudah lewat Airy Rooms. Kamu bisa menemukan hotel, penginapan murah, hingga homestay dengan harga terbaik. Tidak ada biaya tersembunyi, sehingga kamu tidak akan kaget saat hendak membayar. Fasilitas setiap kamar Airy cukup lengkap, misalnya AC, air panas, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, Wi-Fi, dan air mineral.

Menginap nyaman di Belitung kini bukan masalah. Airy adalah solusi terbaik berburu penginapan murah dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *