guest post
Makanan yang Kaya Kandungan Probiotik

Makanan yang Kaya Kandungan Probiotik

Kata Probiotik sudah sering kita dengar dari beberapa iklan produk olahan susu seperti yoghurt maupun susu fermentasi. Lalu apa itu probiotik? Probiotik adalah bakteri atau mikroorganisme hidup yang menguntungkan yang ditemukan dalam saluran pencernaan. Kali ini kita akan membahas beberapa makanan yang mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan manusia.

1. Yoghurt

Yoghurt adalah produk olahan susu yang difermentasi dengan baik terutama bakteri asam laktat dan bfidobacteria. Konsumsi yoghurt dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan penderita tekanan darah tinggi. 

Pada anak-anak, yoghurt juga bisa berperan sebagai probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktosa. Hal ini terjadi karena bakteri dalam yoghurt telah mengubah laktosa menjadi asam laktat.

2. Kefir

Kefir adalah minuman susu fermentasi yang dibuat dengan menambahkan biji kefir pada susu kambing atau susu sapi. Biji kefir merupakan kultur bakteri asam laktat dan ragi yang terlihat seperti kembang kol. Beberapa manfaat kefir antara lain meningkatkan kesehatan tulang, membantu menyehatkan pencernaan, dan melindungi tubuh dari infeksi.

3. Asinan Kubis

Kubis halus yang difermentasikan dengan bakteri asam laktat juga merupakan makanan yang mengandung probiotik tinggi. Makanan yang disebut asinan kubis ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang penting untuk kesehatan mata. Akan tetapi pastikan asinan kubis yang akan dikonsumsi tidak dipasteurisasi. Apabila dipasteurisasi, maka bakteri hidup akan mati.

4. Tempe

Produk murah asli Indonesia ini juga terkandung probiotik di dalamnya. Tempe sangat dikenal di seluruh dunia sebagai makanan yang tinggi protein. Proses fermentasi kedelai di dalam tempe dapat menghasilkan vitamin B12, yang justru tidak terdapat pada kedelai.

Vitamin B12 ini sebenarnya lebih mirip seperti yang dihasilkan oleh protein hewani, sehingga tempe sangat cocok untuk dikonsumsi oleh kaum vegetarian.

5. Kimchi

Penggemar makanan Korea tentu tidak asing dengan makanan berikut ini. Kimchi merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari sawi atau jenis sayuran lainnya. Kimchi termasuk makanan yang kaya probiotik, di antaranya adalah Lactobacillus Kimchi. Bakteri ini masih satu jenis dengan bakteri baik seperti Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus rhamnosus.

Credit pictures: unsplash & pixabay

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *