unik

Manfaat Memiliki Hobi di Zaman yang Penuh Tekanan Ini

Saya sering berpikir bahwa hidup ini akan membosankan sekali jika tidak punya hobi. Apalagi bagi yang mengerjakan tugas atau kewajiban setiap harinya.

Hobi berkebun bisa memberikan dampak positif, lho. @freepik.com

Setiap hari, selama 24 jam, masa harus melakukan kerjaan yang sama? Tentu saja memanfaatkan waktu untuk hal-hal di luar kewajiban utama penting juga dilakukan untuk hal-hal yang positif dan bermakna.

Saya termasuk yang senang mengalihkan dunia rutinitas dengan hobi yang membuat saya enjoy. Apapun hobinya, selalu ada kesempatan untuk mengembangkan kreativitas secara alami yang mungkin audah ada dalam diri kita sejak kecil.

Namun keberadaan kreativitas ini terkubur karena tidak tersalurkan dengan tepat selama bertahun-tahun karena… Yeah, kita terlalu sibuk dengan diri sendiri sehingga lupa.

Mengapa kita perlu memiliki hobi dan mengembangkannya di luar keseharian kita?

1.Hobi membantu kita untuk mengenali diri sendiri

Apa jadinya seseorang yang tidak mengenali diri sendiri? Barangkali ia akan lupa dengan hal-hal yang ada di dalam dirinya. Entah hal positif maupun negatif. Dengan memiliki, kita bisa mengganti agreasivitas dengan menyalurkan tenaga kita lewat olah raga atau melukis, berkuda, bahkan merajut. Memiliki hobi membuka cakrawala baru tentang hidup yang penuh makna dan tujuan. Bukan hanya fokus pada kekurangan diri dan negativitas dari peristiwa yang ada di sekitar.

Hobi sendiri tak perlu dilakukan setiap hari. Cukup dilakukan secara berkala. Setiap seminggu sekali atau sebulan sekali, tidak masalah.

2.Menjalankan gaya hidup yang lebih aktif

Memgembangkan hobi bagus untuk membantu diri lebih aktif. Dibandingkan tidur-tiduran atau malas-malasan sambil nge-binge Netflix, yang membuat tubuh jadi kurang gerak, lebih baik jika beraktivitas dengan mengerjakan hobi bermanfaat. Seperti berkebun, memanah, berenang, atau memasak. Manfaat mengembangkan hobi bukan hanya bermanfaat untuk fisik saja, tapi juga untuk kesehatan mental

3.Bertemu orang lain dengan hobi yang sama

Bergabung dengan komunitas juga memberi dampak positif untuk mengembangkan hobi dan memperkuat hubungan sosial yang sehat dengan orang lain.

4.Mengatasi stres

Salah satu cara mudah dan murah adalah mengerjakan hobi. Apalagi jika kamu melibatkan anggota keluarga untuk saling membantu mengerjakan hobi itu bersama-sama.

Selain bisa meningkatkan bonding orang tua dan anak, kamu juga bisa merasakan tekanan hidup berkurang karena kamu mulai enjoy menikmati hidup apa adanya.

5.Menumbuhkan rasa bangga karena bisa menghasilkan karya lewat hobi

Hobi membantumu untuk mencapai tujuanmu. Menyelesaikan berbagai projek dengan deadline serta mampu Menyelesaikannya akan membuat perasaan kita lebih baik. Citra positif dalam diir membantu kita mengatasi masalah rendah diri dan ketidakmampuan untuk mengambil keputusan.

Apapun hobi yang kamu pilih pastikan hal itu bermanfaatnya minimalnya untuk diri sendiri. Jangan sampai hobimu merusak kondisi kesehatanmu secara mental atau fisik (main game online sampai lupa waktu, lupa ibadah, lupa makan/tidur) atau membuatmu dalam masalah keuangan yang kacau (terlilit hutang karena hobi traveling misalnya).

Jadi, apa hobimu? Tuangkan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Happy Hobby Day 🎉

Nisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *