travel

Traveloka Xperience di Mata Seorang Homeschool-Mom

Pengalaman saya sebagai ibu homeschool yang butuh kepraktisan dalam mencari lokasi liburan, memilih tempat yang ramah anak, dan sesuai budget tentunya, membuat saya selalu riset sebelum mendatangi suatu lokasi.

Source: Freepik | Canva

Meski pandangan saya mungkin tampak bias, saya pikir tak ada salahnya berbagi informasi untuk kamu yang mungkin butuh referensi (sekaligus misi) yang mirip dengan preferensi saya dalam berlibur.

So, saya jelaskan sedikit bagaimana proses petualangan itu bukan dimulai sejak di lokasi tujuan. Tapi semua bermula sejak awal pencarian. Bagaimana menemukan tempat bagus sesuai kebutuhan kita dengan mudah, online, tak perlu capek antre, paperless, dan ini yang penting…harganya jauh lebih hemat (emak-emak banget!). 

Saya kasih tahu rahasianya.

Yup, pakai saja Traveloka Xperience.

Pertanyaan berikutnya, mungkin bisa ditebakโ€ฆ 

Apa itu Traveloka Xperience?

Baiklah saya akan kenalkan sedikit saja tentang Traveloka Experience. Bagaimanapun juga tak kenal, maka tak sayang.

Traveloka Xperience merupakan bagian terbaru dari platform Traveloka yang berfungsi untuk membantu kita-kita ini memesan beragam produk aktivitas, liburan, dan gaya hidup di berbagai lokasi. Mulai dari Indonesia, negara-negara di Asia Tenggara, hingga Australia.

Dirilis mulai tahun 2019, Traveloka Xperience memiliki misi memperluas cakrawala penggunanya untuk merasakan pengalaman tanpa batas dalam satu genggaman.

Tak percaya? Kita lihat, yuk, menu apa saja yang ditawarkan di Traveloka Experience.

Mulailah dengan mengetik situs Traveloka di www.traveloka.com. Lalu tap bagian Traveloka Experience. Setelah itu kamu akan menuju ke halaman yang memuat beragam pilihan menu

Ada banyak pilihan kegiatan untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan kita sebagai milenial atau gen Z yang haus akan petualangan. Yup, percaya atau tidak? Milenial kayak kita, tuh, justru lebih suka menghamburkan menginvestasikan uang untuk kebutuhan yang sifatnya non-benda.

Malah lebih suka melakukan recovery mental, refreshing, retreat ke tempat baru, dan aktualisasi diri. Kebutuhan akan barang, bukan lagi prioritas utama.

Nah, demi menjawab kebutuhan hajat hidup kaum muda milenial ini, maka Traveloka Xperience menawarkan pilihan:

  • Attractions
  • Movies
  • Events
  • Entertainment 
  • Sports 
  • Beauty and spa
  • Playgrounds
  • Transports
  • Tours 
  • Travel essentials 
  • Food and drinks 
  • Classes and workshops 
Screenshot dari Hp saya

Jadi, kalau kamu ingin mencari jati diri dengan solo traveling ke kota sebelah. Atau ingin tur bersama teman-teman reuni SMA ke tempat wisata yang bisa untuk orang banyak, kamu bisa banget cari tahu tempat yang oke di Traveloka Xperience.

Bukan hanya itu saja. Misalnya, kamu sedang gabut karena kebanyakan pekerjaan, lalu pengen menenangkan diri ke cafe yang banyak kucingnya, atau mau ke museum yang paling sepi se-Jakarta, kamu bisa juga langsung booking tiket, terus cabut ke sana.

Praktis. Hemat. Efisien. Nggak perlu jauh-jauh beli tiket on the spot, deh.

Bangga Punya Traveloka Experience: Sudah Merambah ke 7 Negara! 

Melalui platform Traveloka, para pengguna bakal dimanjakan dengan kesempatan untuk memperoleh akses end-to-end untuk tujuan favoritnya. Bahkan, kemudahan ini sudah merambah hingga ke 7 negara, dari Asia Tenggara hingga Australia. 

Artinya apa? Kalau saya mau liburan ke Malaysia buat seru-seruan di Legoland, saya bisa pesan semua keperluan. Mulai dari tiket pesawat pulang-pergi, tiket hotel, tiket masuk ke lokasi wisata, kalau lapar tinggal mencari restoran yang ada di sekitar dalam satu platform saja. 

Kalau kayak begini, pengguna Traveloka pasti bakal setia. Nikmatnya jadi user yang manja.

Mengapa Menggunakan Traveloka Xperience? 

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu memilih layanan yang disediakan di Traveloka Xperience. Setidaknya menurut saya sendiri ada 5 keunggulan yang dirangkum dalam satu fitur ini. 

5 Keunggulan Traveloka Xperience

designed by shenisa using Canva.
Source: Global Data | Katadata

1. Traveloka Xperience menjawab Kebutuhan Milenial untuk Pengalaman Baru dan Gaya Hidup

Traveloka Xperience menjawab kebutuhan terkait gaya hidup yang makin meningkat di kalangan milenial dan generasi Z.

Sebagai pelopor penyedia booking dan pencarian aktivitas gaya hidup, Traveloka Xperience berupaya memenuhi ekspektasi akan kebutuhan mencari petualangan yang makin dianggap penting di zamam sekarang ini. Layanan ini melengkapi pencarian end-to-end terlengkap dan terbaik untuk memanjakan pengguna Traveloka.

2. Nikmati Pilihan Wisata Domestik dan Internasional bersama Mitra Bisnis Traveloka Xperience

Traveloka Experience membantu menemukan wisata terbaik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sekaligus memajukan mitra bisnis Traveloka Xperience untuk lebih berkembang.

3. Beragam Inventori Aktivitas, Liburan, dan Rekreasi yang Berkualitas di 60 negara

Traveloka Xperience memiliki 15 ribu inventori aktivitas, hiburan, dan rekreasi hingga 60 negara. Ada 12 aktivitas seru yang bisa kamu pilih sesukamu.

4. Harga Hemat, Efisien, dan Pembayaran Mudah dalam Satu Genggaman

Traveloka Xperience menawarkan harga yang jauh lebih hemat. Serta kemudahan memilih dan booking tiket seiring dengan kemudahan untuk pembayaran. Saat ini Traveloka Xperience memiliki metode pembayaran hingga 40 pilihan.

5. Customer Service yang Andal dan Siap dalam 24/7

Punya pertanyaan atau permasalahan yang belum terpecahkan? Hubungi saja layanan Customer service yang siap sedia memandumu setiap harinya. 

2 Aktivitas Seru Pilihan Saya di Traveloka Experience

Karena saya lebih membutuhkan liburan berkualitas tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, saya memilih untuk mengeksplorasi #XperienceSeru  yang luar biasa di area selatan dan Timur Jakarta. Yah, semata-mata karena dekat rumah aja, sih.

Ah, tak perlu panjang-panjang. Inilah 2 aktivitas menarik untuk liburan untuk anak di Jakarta ala homeschool mom shenisa.

1. Educational Xperience: Pusat Peragaan IPTEK Indonesia Science Center, TMII

Mungkin ingatanmu sempat melayang ke masa masih berseragam sekolah dulu. Ketika pelajaran sains begitu memusingkan dan nggak seru sama sekali. 

Ups, mungkin saya saja yang mikir begitu. Pelajaran sains kalau kata saya sih susah banget. Apalagi Fisika dan Kimia. Kebencian saya dengan pelajaran ini membuat saya memilih jurusan IPS saat SMA.

Designed by shenisa using Canva

Sementara itu citra sains dan iptek berubah drastis kalau kamu mendatangi Pusat Peragaan IPTEK Indonesia Science Center di kawasan TMII.

PP-IPTEK ini didukung oleh Kemenristekdikti yang menelurkan program STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) untuk anak-anak dengan konsep yang menyenangkan.

Pamflet dari PP-IPTEK

Anak bisa bermain sambil mempelajari prinsip-prinsip ilmu sains dan teknologi. Belajar fisika, matematika, atau kimia jadi mudah dan seru! Malah bikin ketagihan. Siapa tahu anak-anak nantinya bakalan jadi the next Tesla atau Pak Habibie?

Memangnya di PP-IPTEK ada apanya, sih?

Saya menominasikan tempat ini karena ada program, peragaan, dan wahana belajar yang bisa kamu nikmati bersama anak.

Bangunan PP-IPTEK terdiri dari 5 lantai. Tak akan cukup waktunya untuk menjelaskan semua wahana yang ada di tempat ini saking banyaknya. Saya akan tulis beberapa yang menurut saya paling menarik dan worthy dari tempat ini. Beberapa di antaranya adalah:

1. Wahana Petualangan Sains

Inilah tempat untuk anak yang suka berpetualang. Mampukah anak menyelesaikan tantangan lewat berbagai alat peraga yang ada? Uji kemampuan sains-mu di sini.

2. Wahana Tesla Coil

Bagaimana rasanya hidup dalam sangkar? Hanya di sini kamu bisa bereksperimen dengan alat peraga wahana Tesla Coil terdiri dari sangkar Faraday yang bisa mengalirkan listrik. 

Dilengkapi dengan alat bernama Tesla coil yang mengeluarkan listrik bertegangan hingga jutaan volt. Apa yang terjadi jika kamu masuk ke dalam Sangkar Faraday dan dialiri dengan listrik mega volt dari Tesla Coil? Tewas tersetrum-kah? Atau justru baik-baik saja? Temukan jawabannya di sini.

3. Wahana Taman Jurassic 

Di mana lagi bisa melihat model 3D dinosaurus yang dilengkapi dengan mekanik elektronik? Bisa gerak-gerak gitu, kan. Horor dan seru!

4. Demonstrasi Roket Air

Nikmati asyiknya belajar prinsip Fisika sekaligus menerbangkan roket berbahan air dan bertekanan udara di area outdoor. Siapa tahu nantinya bakal kerja di NASA.

5. Wahana Getaran dan Gelombang

Sebagai warga yang tinggal di negeri banyak gempa seperti Indonesia, rasanya cukup bijak kalau kita mengajak anak ke wahana ini untuk mengikuti simulasi rumah gempa. Karena saya tak yakin simulasi ini diajarkan di sekolah. 

Bukankah gempa atau tsunami, tak bisa diprediksi kapan datangnya? Yup, di wahana ini kita belajar simulasi rumah gempa, yang buka setiap hari pada jam 9.30 dan jam 14.00 WIB.

Lokasi PPIPTEK

Berkunjung ke PPIPTEK yang ada di wilayah Taman Mini Indonesia Indah di kawasan Jakarta Timur. 

Tentunya sewaktu kamu ke tempat ini, kamu butuh tiket masuk gerbang masuk TMII dan tiket masuk PPIPTEK. 

Gedung PPIPTEK ada di dekat pintu 4 TMII. Berlokasi di dekat istana anak-anak Indonesia dan Museum Migas. 

Fasilitas:

  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat bermain untuk bayi
  • Aneka wahana yang variatif dan edukatif
  • Bioskop mini
  • Ruang outdoor
  • Ruang belajar
  • Berbagai alat peraga STEAM

Jadwal:

Senin-Kamis: 08.30 – 16.00 WIB

Jumat: 08.30 – 16.00 WIB

Sabtu, Minggu, dan Hari Libur : 09.00- 16.00 WIB

Biaya loket

Tiket masuk TMII dan tiket masuk PPIPTEK bisa dibeli on the spot dan online. Dengan harga:

Rp. 16.500/orang

Rp. 14.850/orang (khusus rombongan, minimal 40 orang)

Cara Hemat Beli Tiket Masuk PPIPTEK dengan Traveloka Xperience 

Screenshot Traveloka Xperience
  1. Masuk ke situs www.traveloka.com atau buka aplikasi Traveloka dan tap ikon kategori Traveloka Xperience di homepage
  2. Cari kolom search dan ketik PPIPTEK. Klik ikon ๐Ÿ”Ž
  3. Kamu bisa lihat apa saja informasi di PPIPTEK, mulai dari foto-foto lokasi, review pengunjung, termasuk harga spesial yang ditawarkan Traveloka Xperience.
  4. Wow, dapat diskon lebih murah kalau beli lewat Traveloka Xperience. Beli tiket di lokasi harganya Rp 16.500 per orang, sementara lewat Traveloka Xperience kamu dapat harga spesial sebesar Rp 16.005 per orang saja! Lumayan, kan. 
  5. Klik Find Tickets
  6. Ganti jadwal kunjunganmu dengan mengeklik ikon kalender. Pilih kapan kamu akan berkunjung. Pastikan kamu tahu jadwal buka dan jam buka-tutup lokasi, ya. 
  7. Setelah itu klik select
  8. Isi data diri lengkap untuk booking e-ticket.
  9. Bayar sesuai metode pilihan yang kamu suka. 
  10. Tunggu konfirmasi dan kamu akan dapat e-ticket dari Traveloka Xperience. 

Jangan lupa kamu juga butuh tiket untuk masuk ke TMII. Jadi pastikan kamu memesan juga di Traveloka Xperience juga, ya. 

2. Family-Friendly Xperience: Indoor Playground Kidzooona

Kidzooona dibangun dengan misi menyatukan hubungan dan koneksi lebih baik untuk orang tua dan anak serta mengajarkan perilaku yang baik melalui hubungan sosial bersama teman.

Wajar, sih. Karena di Jepang sendiri, kebanyakan orang tua dua-duanya bekerja. Jadi konsep bermain dan edukasi antara orang tua dengan anak menjadi nilai jual playground ini.

Designed by shenisa using Canva
Source: Freepik.com|Kidzooona

Kidzooona bisa digunakan untuk anak mulai umur 0 tahun hingga 12 tahun. Ada arena khusus bayi dan tempat menyimpan stroller. Bahkan untuk bayi bisa masuk gratis tanpa tiket. Cukup tunjukkan akte kelahiran saja.

Setiap pengunjung nantinya akan mendapat gelang tanda masuk dan kunci loker (untuk menyimpan sepatu dan barang lainnya). Yup, di sini harus pakai kaos kaki, ya. Sepatu atau sandal harus dilepas dan ditaruh di loker.

Setiap anak yang masuk ke Kidzooona harus ditemani oleh satu orang dewasa sebagai guardian. Idealnya ya orang tua sendiri, sih. Tapi boleh juga ditemani yang lain seperti ART atau baby sitter. Saya pernah juga melihat bocah kecil asyik bermain ke sana ke mari, sementara mbak-mbak pengasuhnya pontang-panting mengikuti. 

Gaya Jepang diadopsi untuk memfasilitasi permainan edukatif yang membantu anak-anak berpikir kreatif sekaligus analitis melalui peraga yang ada di playground ini.

Contohnya, nih. Saya melihat permainan bongkar pasang rumah di dalam area Kidzooona yang entah kenapa permainan ini agak sepi peminat. Padahal, kapan lagi gitu bisa pura-pura bikin rumah sendiri dengan balok-balok, tiang, kubus dari bahan foam yang aman untuk anak. Tentu saja untuk membangun rumah diperlukan bantuan orang dewasa.

Kidzooona sendiri terdiri dari beragam permainan dengan gaya Jepang. Semua permainannya memiliki standar sesuai negeri asalnya. Ada banyak permainan yang bisa dimainkan di Kidzooona. Beberapa di antaranya adalah:

  • trampolin
  • mandi bola
  • roda gulung
  • track mobil- mobilan mini
  • bongkar pasang rumah-rumahan ukuran besar
  • Bermain peran pekerjaan orang dewasa. Contohnya: polisi, dokter, pemadam kebakaran, kasir toko, penjual dan pembeli, dll.
  • koleksi buku.
  • area bayi
  • kolam bola
  • puzzle
  • mainan bongkar pasang kecil dengan beragam bentuk
  • papan permainan sensorik
    • rumah boneka dari kayu

Fasilitas

  • Loker
  • Rest area/tempat duduk dan meja
  • Sofa
  • Area khusus untuk event
  • Tempat jualan minuman dingin
  • Toilet mall berlokasi dekat dengan di Kidzooona 

Lokasi

Kidzooona Lippo Mall Kemang

Jl. Pangeran Antasari No.36, RW.5, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Tlp: 021-29056772

Email: [email protected]

Website: http://www.aeonfantasy.co.id/

Jadwal:

Buka: 10.00-22.00 WIB

Biaya

Weekdays Rp 90.000/hari & Rp 60.000/1 jam

Weekend Rp 150.000/hari & Rp 90.000/1 jam

  • Bayi gratis masuk
  • Boleh bolak-balik masuk, asal gelangnya masih dipakai dan izin dulu sama mbak-mbak yang jaga.
  • Harga sudah termasuk dengan 1 orang dewasa pendamping

Cara Hemat Beli Tiket Masuk Kidzooona dengan Traveloka Xperience

Screenshot halaman Traveloka Experience
  1. Masuk ke situs www.traveloka.com atau buka aplikasi Traveloka dan tap ikon kategori Traveloka Xperience di homepage
  2. Cari kolom search dan ketik Kidzooona (o-nya ada 3 lho, jangan lupa)
  3. Klik ikon ๐Ÿ”Ž
  4. Kamu bisa lihat apa saja informasi di Kidzooona, mulai dari foto-foto lokasi, review pengunjung, termasuk harga spesial yang ditawarkan Traveloka Xperience.
  5. Lagi-lagi dapat diskon kalau pesan lewat Traveloka Xperience.
  6. Lihat saja perbedaan harganya. 
  7. Klik Find vouchers untuk melihat pilihan e-tiket.
  8. Saya pilih tiket untuk all day biar puas main-mainnya. Harga normal Rp 150.000 per anak + 1 guardian. Wah, lihat diskonnya separuh harga. Cuma bayar Rp 75.000 per anak + 1 guardian. ALL DAY!
  9. Kamu juga bisa ganti jadwal kunjunganmu dengan mengeklik ikon kalender.
  10. Pilih berapa orang yang akan kamu ajak ke sana.
  11. Bayar e-ticket sesuai harga yang tertera. 
  12. Tunggu konfirmasi dan kamu bisa dapatkan e-ticket paperless untuk senang-senang seharian di Kidzooona. Love it! 
Screenshot halaman Traveloka Experience

Nah, itulah sekilas ulasan saya yang lumayan panjang tentang Traveloka Xperience.

Ringkasnya, sih. Traveloka Xperience ini melengkapi platform Traveloka yang sudah ada. Sehingga Traveloka bisa menjadi one stop solution untuk kamu yang membutuhkan layanan end-to-end mulai dari mencari tempat wisata tujuan, cari tiket termurah untuk transportasi, memperkirakan berapa total biaya perjalanan, mulai kendaraan, akomodasi, sampai beli tiket masuk ke lokasi wisata. Semuanya jadi satu.

Booking e-tiket atau voucher pun cepat, paperless, dan sistem pembayaran aman. Tak perlu antre dan tak perlu capek. Kurang apa coba?

Thank you, Traveloka Xperience! Good job! 

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *