guest post
Dampak Trombosit Rendah Pada Tubuh

Dampak Trombosit Rendah Pada Tubuh

Dalam proses pembekuan darah adanya trombosit sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kadar jumlah trombosit juga dapat digunakan dalam sistem deteksi dini dan diagnosis penyakit-penyakit yang ada. Terdapat beberapa penyakit yang berpotensi menurunkan trombosit seperti, deman berdarah, infeksi sepsis, kekurangan zat besi, dan gangguan ginjal.

Namun ada pula beberapa kasus trombosit dengan jumlah rendah yang tidak terdapat gejala, akan tetapi menimbulkan perdarahan berat pada penderita. Adapun gejala trombosit rendah ini misalnya seprti bintik ungu kemerahan, muncul memar, urine atau tinja berdarah, gusi dan hidung berdarah. Bila tanda ini muncul Anda bisa mengonsumsi obat meningkatkan trombosit sebagai pencegahan.

Pengaruh Turunnya Trombosit Pada Tubuh

Adapun dampak trombosit rendah lainnya pada tubuh dapat Anda simak uraiannya di bawah ini.

1. Kehilangan banyak darah

Apabila Anda mempunyai penyakit trombosit, maka Anda sangat berpotensi mengalami memar berlebihan. Bahkan luka ringan saja bisa membuat Anda pendarahan. Terlebih jika kadar trombosit berkurang jiwa Anda terancam hanya karena cedera kecil. 

2. Anemia

Penurunan jumlah trombosit juga meningkatkan risiko terkena anemia. Gejala umum bila Anda mengalami anemia maka Anda ajan mudah lelah, sesak napas, sakit kepala, rasa dingin pada tangan dan kaki, dan jantung pun berdebar kencang. Sebetulnya, anemia penyakit ringan dan hanya sementara saja. Tapi untuk kasus kronis dapat mengakibatkan cacat sampai jiwa terancam.

Image: Public domain picture

3. Gangguan pada sistem kekebalan tubuh

Jika sistem kekebalan tubuh Anda terganggu bisa jadi itu karena menurunnya jumlah trombosit pada tubuh. Penyakit HIV dan leukimia dapat menyebabkan jumlah trombosit yang dihasilkan tidak cukup pada tubuh Anda.

4. Komplikasi hingga mengancam jiwa

Kadar trombosit yang sedikit sangat berpotensi menyebabkan pendarahan pada otak hingga nyawa Anda pun terancam. Hal ini pernah terjadi pada beberapa orang. Dan pada penderita trombositopenia berat sebanarnya dapat diobati jika penyebab utama bisa diobati. Karena itu, segera konsultasikan ke dokter jika merasakan gejalanya agar terhindar dari komplikasi.

Dengan mengetahui penyebab dari trombosit menurun ini, setdaknya Anda bisa waspada dan mendapat penanganan yang tepat bila mengalaminya. Untuk obat muntah vometa tablet strip ini dapat dikonsumsi bila Anda merasa mual dan muntah.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *