curcol

5 Sumber Makanan Alami untuk Pre Workout

Apakah kamu sering merasa mudah lelah saat berolahraga? Merasa kurang energi dan butuh penambah stamina untuk pre workout?

Photo by Angele J / Pexels

Jika kamu ingin menguatkan stamina menjadi lebih prima saat menjalankan fitness dan olahraga di gym, ada baiknya kamu mengecek kembali menu makanan yang kamu biasa konsumsi.

Makanan sehat menjadi kunci utama untuk pre workout terutama jika kamu mengandalkan sumber makanan alami. Sayangnya, sebagian atlet atau pecinta fitness mengabaikan makanan pre workout sama seperti sebagian orang memilih untuk skip sarapan pagi. Padahal penting sekali asupan nutrisi yang benar untuk mendukung performa selama menjalani olahraga, lho.

Makanya, jika kamu belum tahu, inilah saatnya kamu mengkonsumsi 5 makanan pre workout ini agar stamina tetap kuat dan tubuh lebih mudah pulih setelah berolahraga.

1.Telur Rebus

Bukan rahasia lagi jika telur rebus menjadi menu andalan atlet ( Mona Sabha Cabrera / Pexels)

Sumber protein ini menjadi salah satu favorit bagi para atlet fitness. Kandungan telur rebus terdiri dari 6,3 gram protein, 5,3 gram lemak, dan 78 kalori. Selain itu telur rebus juga memiliki kandungan 1,3 gram BCAA dan 0,5 gram leucine

Nutrisi yang ada pada telur rebus matang sangat ideal untuk menyuplai energi karena kandungan proteinnya yang tinggi. Bahkan kuning telurnya pun bisa dikonsumsi karena protein di bagian ini juga cukup tinggi. Konsumsi telur rebus secukupnya dalam durasi minimal 2 jam sebelum menjalani latihan agar makronutrien dan mikronutrien terserap dengan baik.

2. Ayam

Pilih ayam organik terutama bagian dada (Harry Dona / Pexels)

Secara teratur kamu bisa mengkonsumsi ayam sebagai makanan pre workout alami. Ayam kaya protein hewani dan membantu memberikan nutrisi seperti asam amino untuk mendukung anabolisme otot.

Nutrisi ayam bukan hanya lemak dan kalori yang rendah, tetapi juga kadar mineral dan vitamin yang membantu diet sekaligus pembentuk otot tubuh.

Konsumsi ayam dalam waktu 2-3 jam sebelum olahraga agar sumber energi dari makanan keluar secara perlahan saat latihan beban atau fitness dimulai.

3. Kentang

Kentang baik dipanggang atau direbus cukup mengenyangkan, lho! ( Anna Tukhfatullina / Pexels)

Kentang menjadi sumber karbohidrat kompleks sekaligus antioksidan. Kentang banyak digunakan untuk membantu membentuk massa otot dan diet atlet fitness. Kandungan nutrisi dalam kentang cukup ideal untuk digunakan sebagai makanan pre workout sebelum olah raga di gym.

Kentang bisa menjaga kadar energi untuk olahraga intensitas tinggi dengan indeks kadar glikemik yang tergolong rendah. Selain itu kentang kaya akan serat dan membantu mengontrol kesehatan pencernaan, meningkatkan massa otot, dan meningkatkan nafsu makan. 

4. Gandum Utuh + Susu

Lezat dan sehat: gandum utuh dicampur susu untuk makanan preworkout ( Lisa Fotios / Pexels)

Gandum utuh yang ada pada serealia merupakan sumber alami makanan pre workout. Jika ditambah susu maka ada tambahan kalsium yang akan menambah energi dan stamina. Konsumsi menu ini 2 -3 jam sebelum olahraga.

5. Pisang

Konsumsi pisang sebagai penambah energi (Pixabay)

Pisang kaya akan potasium, karbohidrat, dan gula alami. Pisang juga kaya antioksidan dan membantu menambah stamina dengan cepat dalam waktu 30-60 menit setelah dikonsumsi. 

Tak heran jika buah pisang menjadi solusi cepat untuk asupan energi pre workout karena bisa memberikan cadangan energi glikogen dan gula darah. Tubuh juga relatif lebih cepat pulih 50% setelah usai menjalankan training atau latihan beban.

Mengapa Penting Mengkonsumsi Makanan sebelum Olahraga?

Makanan pre workout membantu meningkatkan performa, mempercepat pemulihan setelah workout dengan intensitas tinggi, dan mengurangi risiko cedera otot. Apalagi tubuh kita membutuhkan nutrisi yang bagus untuk semakin optimal dalam menjalani fitness. 

Konsumsi makanan kira-kira 1 jam hingga 30 menit sebelum workout. Hal ini perlu diperhatikan karena kamu memerlukan waktu untuk membakar lemak.

Bagaimana jika Tidak Tersedia Makanan Pre Workout?

Karena pentingnya fungsi nutrisi untuk olahraga di gym, kamu perlu mengupayakan asupan nutrisi terutama makronutrien (karbohidrat, protein, lemak). Setiap makronutrien memiliki peran penting untuk menyuplai energi. Makanan pre workout setidaknya harus mengandung karbo, lemak, dan protein dengan rasio yang tepat. 

Selain itu jenis workout yang dijalankan juga menentukan jenis asupan nutrisi yang dibutuhkan. Misalnya, workout dengan intensitas tinggi dan pendek, sumber energi yang dibutuhkan otot adalah glikogen. Glikogen diperoleh dari karbohidrat makanan.

Sementara itu lemak juga bermanfaat untuk jenis workout yang membutuhkan energi yang lebih lama dengan intensitas sedang-rendah. Protein berperan untuk memulihkan tenaga dengan cepat selesai workout dan memperbaiki sintesis protein.

Jika kamu tidak menemukan sumber makronutrien alami dalam menu makananmu, kamu bisa mengkonsumsi suplemen pre workout, BCAA, whey protein, atau creatine. Suplemen ini membantu tubuh mendapatkan stamina dan mengoptimalkan energi untuk melatih otot tubuh.

Di Mana Membeli Suplemen Pre Workout yang Berstandar BPOM RI?

Ada banyak supplier pre workout yang membantu atlet atau pecinta fitness di pasaran. Namun jika kamu mencari yang aman dan sesuai standar BPOM RI, kamu bisa memilih suplemen pre workout dari SFIDN.

SFIDN atau Suplemen Fitness Indonesia merupakan penyedia aneka suplemen dan aksesoris fitness yang lengkap di Indonesia. Temukan produk unggulan mulai dari whey protein, gainer, BCAA, pre-workout, dan post-workout.

Bukan hanya itu saja, SFIDN juga menjual beragam perlengkapan fitness untuk mendukung gaya hidup aktif penuh stamina. Satu-satunya situs yang melayani segala kebutuhan untuk para pecinta fitness, training workout dan latihan beban secara lengkap.

Bagi kamu yang masih baru dalam menjalani dunia fitness dan training beban, kamu bisa melakukan konsultasi dengan personal trainer juga, lho. Kamu bisa bertanya tentang apa saja terkait fitness mulai dari nutrisi, suplemen, program fitness, ataupun seputar produk SFIDN yang kamu konsumsi. Yuk, kunjungi website www.sfidn.com untuk mengetahui info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *