guest post
6 Makanan untuk Bayi Sehat dan Cerdas

6 Makanan untuk Bayi Sehat dan Cerdas

Setiap orangtua menginginkan agar anaknya dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas. Untuk mewujudkannya, orangtua tentu harus memberikan nutrisi yang baik untuk mendukung perkembangan otak anak. Akan tetapi, banyak ibu yang masih bingung untuk memberikan makanan padat pertama pada bayi. 

Banyak dokter menyarankan agar pengenalan makanan dapat dilakukan satu per satu, lalu tunggu 2 hingga 3 hari kemudian untuk melihat ada atau tidaknya reaksi alergi. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat Anda berikan agar bayi sehat dan cerdas. Informasi lebih lanjut mengenai makanan yang mengandung gizi yang baik untuk bayi, dapat Anda lihat di https://www.guesehat.com/apa-saja-makanan-yang-memengaruhi-kecerdasan-bayi

1. Alpukat

alpukat memberi nutrisi penting untuk si kecil @freepik.com

Banyak ibu percaya bahwa alpukat adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi pertama kali oleh bayi. Alpukat kaya akan lemak yang bagus untuk meningkatkan perkembangan otak anak, dan juga mengandung banyak serat dan vitamin E yang baik untuk kesehatan bayi.

2. Ubi

Rasa manisnya menjadikan ubi sebagai salah satu makanan yang disukai bayi. Selain itu, ubi jalar juga memiliki kandungan yang baik untuk bayi, seperti vitamin C, mineral, dan zat besi yang berperan dalam menunjang perkembangan tulang pada bayi.

3. Yogurt

yoghurt kaya vitamin D dan kalsium. @freepik.com

Sebagaimana dilansir dari guesehat, bahwa kandungan kalsium dan vitamin D yang terdapat dalam yogurt baik dikonsumsi oleh bayi mulai dari umur 6 bulan. Agar bayi menyukainya, Anda dapat memberikan yogurt plain dengan teksturnya yang padat terlebih dahulu.

4. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang mengandung serat, folat, dan kalsium, yang bahkan memiliki manfaat dalam menangkal kanker. Memperkenalkan brokoli kepada bayi sejak dini, baik agar nanti bayi terbiasa dan menyukai sayuran hijau. 

5. Pisang

Buah pisang mengandung zat gizi yang tinggi, yang terdiri dari kalium, kalsium, magnesium,fosfor, belerang, zat besi, dan tembaga. Kalium sendiri bertugas untuk menjaga fungsi otot dan kesehatan jantung. Zat besi juga diperlukan oleh bayi untuk menjaga kadar sel darah dan hemoglobin.

6. Labu Kuning

Labu kuning memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya vitamin A,B, dan C, karbohidrat, serat, protein, kalsium dan potassium, serta asam folat dan zat besi. Kandungan tersebut daoat membantu melancarkan sistem pencernaan pada bayi. 

Perhatikan asupan konsumsi makanan dan minuman bayi setiap harinya. Pastikan nutrisi yang dibutuhkannya selalu tercukupi. 

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *