guest post
Mengatasi Haid Tidak Teratur

Mengatasi Haid Tidak Teratur

Sebagian besar wanita dengan siklus reguler memiliki antara 11 hingga 13 periode menstruasi setiap tahunnya. Namun, tubuh wanita selamanya berubah. Dari waktu ke waktu, setiap wanita mencurigai bahwa siklus haidnya tidak normal karena satu dan lain hal. Penting untuk diingat bahwa setiap siklus wanita berbeda, sehingga “siklus normal” Anda mungkin tidak sama dengan “siklus normal” teman Anda.

Meskipun pengobatan tergantung pada apa yang menyebabkan menstruasi Anda terlewatkan, penting untuk mengobati kondisi atau penyakit yang mendasari yang mungkin menyebabkan menstruasi tidak teratur Anda, karena mereka dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Ada sejumlah sejumlah perawatan umum yang bisa membantu mengatur jadwal menstruasi tidak lancar. Beberapa opsi yang paling umum untuk wanita dengan periode tidak teratur meliputi:

  1. Mempertahankan berat badan ideal
  2. Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan
  3. Menambah berat badan jika Anda kekurangan berat badan
  4. Makan lebih banyak kalori jika Anda menderita gangguan pola makan
  5. Mengurangi olahraga berlebihan dan/atau olahraga berat
  6. Mengurangi stres
  7. Pil KB
  8. Obat-obatan yang membantu kehamilan dan kesuburan
  9. Hormon jika Anda mengalami menopause dini
  10. Operasi jika Anda memiliki masalah dalam sistem reproduksi

Jika Anda biasanya memiliki periode menstruasi bulanan yang teratur dan terjadi perubahan pada “siklus normal” Anda, dokter Anda dapat melakukan pemeriksaan dan melakukan tes darah untuk memeriksa kadar hormon dan fungsi tiroid Anda – ini dapat mengesampingkan kemungkinan kehamilan atau masalah kesehatan biasa.

Gunakan pembalut yang nyaman selama menstruasi berlangsung. Pembalut atau protex adalah potongan kecil dari bahan yang Anda tempel di pakaian dalam. Beberapa memiliki “sayap” atau lipatan yang melipat sisi pakaian dalam Anda untuk melindungi dari kebocoran dan noda. Ada banyak cara memakai protex yang baik untuk kesehatan organ kewanitaan Anda. Jangan gunakan pembalut beraroma atau deodoran vagina – mereka  dapat menyebabkan iritasi atau infeksi. Beberapa orang khawatir tentang bagaimana menstruasi mereka berbau, tetapi kemungkinan besar tidak ada yang akan tahu bahwa Anda mengalami menstruasi. Pastikan untuk mengganti pembalut Anda secara reguler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *