guest post
Alasan Mengapa Anda Harus Memakai Sepatu Boot Safety

Alasan Mengapa Anda Harus Memakai Sepatu Boot Safety

Sebuah penelitian dari Bureau of Labor Statistics (BLS) Amerika Serikat menunjukkan bahwa kecelakaan ringan yang membuat kaki cedera terjadi di tempat kerja hingga mencapai lima persen. Rilis penelitian yang diterbitkan oleh BLS ini menunjukkan betapa pentingnya penggunaan sepatu boot safety oleh pekerja.

Ada berbagai jenis industri terutama industri berat seperti industri di bidang minyak, pertambangan, konstruksi, dan industri mesin berat yang mengharuskan pekerja memakai sepatu boot safety. 

Ada banyak alasan mengapa para pekerja diharuskan mengenakan sepatu safety saat berada di tempat kerja. Risiko kecelakaan kaki termasuk jenis risiko yang banyak menghantui para pekerja. 

Risiko Kecelakaan Kaki di Tempat Kerja

Risiko kecelakaan kaki di tempat kerja sangat beragam dari mulai kecelakaan ringan atau hingga kecelakaan yang bersifat fatal hingga menyebabkan kematian. Berikut jenis kecelakaan kaki yang paling sering terjadi:

1. Luka Tertusuk di Bagian Kaki

Apabila Anda bekerja di tempat yang paling sering berhubungan dengan benda tajam seperti staples, paku, keeping logam dan lainnya, maka jenis luka satu ini adalah jenis yang paling berisiko. Pekerja yang bekerja di tempat konstruksi paling kemungkinan terkena cedera satu ini.

2. Luka Bakar

Pekerja yang bekerja dengan banyak material kimia keras kemungkinan bisa berisiko terkena luka bakar akibat cipratan bahan kimia ataupun logam yang panas.

3. Tersengat Listrik

Bagi pekerja yang bekerja di bidang konstruksi dan listrik sangat berisiko terkena risiko sengatan listrik. Oleh karena itu mereka diharuskan untuk mengenakan sepatu keselamatan saat bekerja.

4. Kaki Patah atau Retak

Kaki yang patah (fraktur), retak, hancur hingga kehilangan jari pada kaki sangat mungkin dialami oleh pekerja yang bekerja di bidang industri konstruksi. Selain pekerja konstruksi, pekerja di industri perikanan dan kehutanan juga sangat mungkin terkena risiko kaki patah.

5. Amputasi 

Amputasi termasuk jari kaki terputus menjadi salah satu risiko yang paling sering dialami oleh pekerja yang berhubungan dengan peralatan listrik dan juga mesin yang berputar. 

6. Terpeleset

Risiko terpeleset adalah risiko yang paling umum dapat timbul di tempat bekerja. Oleh karena itu salah satu fungsi penggunaan sepatu safety adalah untuk menghindarkan pekerja dari risiko terpeleset dan terjatuh.

Alasan Mengapa Harus Menggunakan Sepatu Boot Safety

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa terdapat berbagai risiko kecelakaan kaki yang mungkin timbul di tempat kerja. Untuk itu para pekerja diharuskan untuk selalu memakai sepatu safety apapun kondisinya. Pegawai yang tidak mengenakan sepatu safety sesuai standar keselamatan yang ditentukan, maka perusahaan bisa terkena sanksi dari OSHAS.

1. Melindungi Kaki dari Benda Tajam

Sebagaimana dengan penjelasan terkait risiko kecelakaan pada kaki di atas, kaki sangat berisiko terkena luka akibat benda tajam saat bekerja. Apalagi mengingat bahwa kaki adalah bagian luar dari tubuh yang akan selalu bersentuhan dengan lingkungan tempat bekerja. Untuk itu sepatu safety dapat melindungi kaki para pekerja dari risiko benda tajam yang berbahaya.

2. Meningkatkan Kenyamanan Pemakai

Meski terlihat berat dan juga ribet untuk digunakan, nyatanya safety shoes dirancang agar nyaman dipakai oleh para pekerja. Saat dikenakan, safety shoes juga tidak berat sama sekali sehingga memudahkan para pekerja untuk dapat beraktivitas dengan aktif tanpa terhambat oleh kaki yang terasa berat.

3. Melindungi dari Benda yang Jatuh

Benda yang jatuh dari ketinggian sangat mungkin terjadi di semua jenis industri, terutama industri konstruksi. Benda-benda ini memiliki bobot yang tidak ringan sehingga akan sangat berbahaya bagi keselamatan para pekerja. Safety shoes dapat mengurangi risiko kecelakaan yang diakibatkan oleh jatuhan benda berat. Hal ini karena sepatu safety dapat menahan bobot hingga 34 kg dari benda yang jatuh dengan ketinggian sampai 2,7 meter.  

Bhinneka.com Tempatnya Membeli Sepatu Safety

Sepatu boot safety (sumber: bhineka.com)

Jika Anda menginginkan sepatu boot safety yang berkualitas dengan harga terbaik, maka Bhinneka adalah tempat yang tepat. Bhinneka merupakan toko online pertama di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1993 dan menjual berbagai macam kebutuhan barang untuk masyarakat. Dari mulai kebutuhan elektronik rumah tangga, kantor hingga peralatan para professional tersedia di Bhinneka dengan harga terbaik. Temukan Harga Sepatu Safety Bhinneka sesuai kebutuhan Anda.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *