diy
Bikin Kreatif! Inilah 5 Ide Kerajinan Lilin Mainan untuk Anak

Bikin Kreatif! Inilah 5 Ide Kerajinan Lilin Mainan untuk Anak

Bosan dengan kegiatan itu-itu saja di rumah selama pandemi? Mengapa nggak mencoba melakukan kegiatan nge-craft yang seru? Salah satunya bikin kerajinan lilin mainan untuk anak yang cocok untuk usia balita hingga sd. 

Selain bisa didapatkan di mana saja, kreasi dari lilin mainan juga sangatlah beragam dan mudah untuk dibuat, loh. Kreasi dari lilin mainan ini bisa banget dijadiin ladang bisnis yang menguntungkan, karena banyak dicari oleh ibu-ibu yang ingin melatih dan juga mengembangkan kreativitas anak.

Yuk, langsung aja kita bedah beberapa kreasi kerajinan kreatif dari lilin mainan, di bawah ini.

5 Ide Kerajinan Lilin Mainan untuk Anak

1.Membuat bentuk bumi

Kerajinan dari lilin mainan pertama yang bisa banget kamu coba adalah dengan mengkreasikan bentuk-bentuk yang ada di alam semesta. Contohnya, bulan, bintang, matahari, atau bumi.

Freepik

Ajak si Kecil membuat bumi versi imut dengan 2 warna saja untuk daratan dan lautan. Dengan begini, anak bakal bisa mempelajari macam-macam hewan sambil bermain. 

Cara membuatnya pun mudah, loh. Simak berikut ini:

  • Pertama, sediakan lilin mainan biru tua dan hijau muda. 
  • Buat bentuk bola dari lilin biru
  • Pipihkan lilin hijau, potong dengan cutter, tusuk gigi, atau penggaris menyerupai pulau. 
  • Tempelkan pulau-pulau dari lilin hijau membentuk daratan. Mudah dan simple, kan?

2.Membuat bentuk buah-buahan dan sayuran

Salah satu cara mengenalkan berbagai macam sayuran dan buah-buahan sejak dini kepada anak juga bisa dilakukan lewat permainan ini, lho. Kamu bisa membuat kerajinan berbentuk buah dan juga sayuran dari plastisin/lilin yang seru pastinya.

Pinterest

Nah agar lebih bernilai seni, kamu bisa banget membuat miniatur berupa sekeranjang sayuran dan buah-buahan segar, kemudian menjadikannya gantungan kunci yang lucu.

3.Membuat bentuk huruf dan angka

Kerajinan dari lilin mainan berikutnya yang bisa banget untuk kamu coba adalah dengan membentuknya menjadi huruf dan angka.

Pixabay

Kamu tahu nggak, kalau mengenalkan huruf dan juga angka pada anak juga seharusnya dilakukan sedini mungkin, lho. Nah dalam hal ini, dibanding membeli poster atau buku, menggunakan huruf dan angka yang dibentuk dari lilin mainan tentunya lebih asyik, bukan?

4.Membuat bentuk bangun datar

Nah, berikutnya adalah salah satu alternatif belajar dengan kreasi dari lilin mainan yang juga sangat cocok untuk anak-anak. 

Youtube

Kamu bisa membuat kerajinan dari lilin mainan yang dibentuk menjadi sepaket bangun datar, seperti bentuk bola, tabung, kerucut, segi empat, dan lain sebagainya. Dengan begini, anak bakal bisa belajar dan diharapkan bakal lebih memahami tentang bangun-bangun datar.

5.Membuat bentuk dekorasi

Tidak selamanya untuk pembelajaran, kerajinan dari lilin mainan bisa banget dibuat dekorasi untuk menghias kamar anak atau meja kerja di rumah, loh. Nah, disini kamu bisa mengkreasikan bentuk bunga yang tersimpan dalam pot nya, atau membuat boneka yang lucu. 

Pinterest

Tidak hanya itu, dekorasi lainnya yang bisa banget kamu coba adalah dengan membentuk lilin mainan menjadi miniatur makanan, seperti kue tart, semangkok mie, dan lainnya. Nah dekorasi miniatur makanan ini bisa kamu tambahkan magnet untuk dijadikan tempelan yang menghiasi kulkas.

Itulah dia 5 ide kerajinan dari lilin mainan yang bisa kamu coba. Selain menyenangkan, mengisi waktu karantina dengan berkreasi bersama lilin mainan merupakan cara yang unik dan menarik untuk tetap produktif.

Bahkan si Kecil juga makin terampil dan happy meski di rumah saja. Bagaimana, tertarik mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *