diy
Cara Membuat Sarung Tangan Oven (oven mits DIY sewing)

Cara Membuat Sarung Tangan Oven (oven mits DIY sewing)

Tutorial shenisa.com kali ini akan membahas proyek do it yourself cara membuat sarung tangan oven (oven mitts) dengan teknik menjahit tindas. Kamu boleh pakai kain katun untuk motif luaran atau bisa pakai kemeja bahan katun/kaos tak terpakai untuk bahan percobaan.

cara membuat sarung tangan oven by shenisa

Agar lebih tahan panas, tambaukan kain busa pelapis yang agak tebal. Bisa juga pakai pelapis antipanas (kain silikon) atau fleece/flanel di bagian inner.

Jenis kain pelapis memengaruhi ketahanan panas sarung tangan oven-mu. Semakin bagus kualitas kain lining/pelapisnya, sarung tangan bakal lebih tahan panas (biasanya harganya agak mahal).

Namun, jika kain pelapis yang bagus susah didapat di tempatmu, pakai busa angin yang tebal atau kain pelapis yang biasa untuk tas juga bisa kok. Nah, sudah penasaran? Yuk, kita mulai tutorial sederhana cara membuat sarung tangan oven mitts ala shenisa!

Persiapan: 30 menit
Lama Pembuatan: 2 jam
Total: 2 jam 30 menit

Level: pemula-menengah

Bahan:

  • 1/4 meter kain motif/polos untuk luaran
  • 1/4 meter kain lining
  • 1/4 meter kain busa
  • Benang
  • 1 meter bias tape/ bisban

Alat:

  • Jarum
  • Mesin jahit
  • Meteran/penggaris
  • Gunting khusus kain

Cara Membuat Sarung Tangan Oven DIY

Langkah 1

Gambar pola sesuai ukuran tangan. Jiplak pola pada kertas karton.

Langkah 2

Potong kertas dengan menyisakan batas kampuh untuk jahitan sekitar 1-2 cm dari outline pola.

Langkah 3

Tempelkan pola ke 3 jenis kain (kain motif, kain lining, dan busa pelapis) yang telah dilipat 2. Hasilnya setiap kain memiliki 2 lembar pola tangan.

Langkah 4

Susun posisi lembaran kain dengan posisi terbalik. Mulai dari kain motif, busa pelapis, dan kain lining. Sematkan jarum pentul di bagian atas dan bawah. Lalu jahit longgar (basting) agar posisi kain tidak berubah.
Buat sebanyak 2 buah (untuk sarung tangan bagian depan dan belakang).

Langkah 5

Jika kamu ingin sarung tanganmu memiliki aksen jahit tindas (membentuk kesan garis-garis diagonal), jahit tindas dulu busa dan kain motif membentuk garis kotak-kotak diagonal atau sesuai selera. Sesudah itu baru disatukan dengan kain lining dan disematkan jarum pentul.

Langkah 6

Buat sebanyak 2 buah (untuk bagian depan dan belakang sarung tangan). Lalu tumpuk dengan posisi kain yang bagus (bermotif ) menempel dengan kain yang bagus.

Langkah 7

Untuk membuat bisban di bawah sarung tangan, kamu bisa membeli bisban jadi di toko atau membuatnya sendiri. Cara membuatnya, gunting kain sepanjang 1 meter dan lebar 5 cm.

Langkah 8

Lipat menjadi 2 memanjang lalu setrika hingga bagian tengahnya memiliki lipatan garis lurus. Kemudian, lipat bagian kiri dan kanan kain ke tengah, setrika lagi hingga membentuk kain bisban dengan pinggiran rapi.

Langkah 9

Ukur bagian pergelangan sarung tangan, lalu potong bisban sesuai panjang bagian bawah sarung tangan. Jahit hingga rapi.

Langkah 10

Agar bisa digantung, kamu bisa menambahkan tali kecil di sarung tanganmu. Caranya, potong kain sepanjang 10 x 6 cm. Lipat memanjang dengan posisi kain yang bagus bertemu/menempel (kain yang buruk menghadap di luar). Jahit dengan jarak kampuh 1/2 cm.

Langkah 11

Setelah dijahit memanjang, balik hingga kain yang bagus berada di luar dan kain yang buruk di dalam. Setrika hingga tali tersebut rata.

Langkah 12

Satukan ujungnya hingga membentuk lubang tali gantungan. Letakkan tali di bagian tengah (di bagian sarung tangan/kain motif luar) lalu pasang jarum pentul di bagian bawah agar nanti bisa dijahit sekaligus dengan pinggiran sarung tangan.

Langkah 13

Beri jarum pentul kedua bagian, lalu jahit di sekeliling sarung tangan.

Langkah 14

Jahit hati-hati bagian jempol tangan. Rapikan hingga semua bagian terjahit rapi.

Langkah 15

Balik oven mits dengan kain motif yang bagus berada di luar dan kain lining di dalam. Keluarkan bagian jempol. Terakhir, setrika hingga sarung tangan mendatar dan rapi.

Voila!! Sudah jadi, deh! Yuk, bikin sendiri biar makin mood saat bikin kue!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *