Manfaat Memiliki Hobi di Zaman yang Penuh Tekanan Ini

Saya sering berpikir bahwa hidup ini akan membosankan sekali jika tidak punya hobi. Apalagi bagi yang mengerjakan tugas atau kewajiban setiap harinya. Setiap hari, selama 24 jam, masa harus melakukan kerjaan yang sama? Tentu saja memanfaatkan waktu untuk hal-hal di luar kewajiban utama penting juga dilakukan untuk hal-hal yang positif dan bermakna. Saya termasuk yang senang mengalihkan dunia rutinitas dengan […]

Kreasiku: Membangun Mimpi Ideal tentang Kerajinan Lokal

Kedua mata saya tak lepas memandang tas etnik Bali itu. Setengah kagum, setengah penasaran. Membayangkan bagaimana perempuan Bali menganyam rotan hingga berhasil membuat tas yang sangat khas. Saya meraba permukaan tas yang halus, meski tampak “urat-urat” rotan yang masih berkelindan mencuat seperti hendak melompat dari jalinan benang warna pink ber-glitter itu. Tas itu cantik sekali. Setidaknya menurut saya, seorang pengrajin […]

Kerajinan Tangan Seraung Khas Dayak

Kerajinan tangan Seraung khas Dayak dibuat oleh masyarakat di Kalimantan sejak zaman dahulu. Bentuknya topi lebar. Mirip caping di Jawa. Seraung digunakan setiap hari. Digunakan di ladang, di luar rumah, bahkan untuk acara adat suku Dayak. Memang topi lebar seraung ini cocok untuk melindungi dari sengatan matahari yang terik. Di daerah Kalimantan yang panas. Yang dekat dengan garis khatulistiwa. Selain […]

Perempuan yang Merajut Gaun Pengantinnya

Chi Krneta. Seorang gadis dari Seattle, Amerika Serikat yang istimewa. Ia merajut sendiri gaun pengantinnya. Hobi yang ia jalani sedari kecilnya. Gaun itu dirajut dengan hati-hati. Di dalam bus. Yang ia naiki setiap hari. Selama lebih dari 150 hari. Apa alasan Krneta melakukannya?Ia menjawab, kebanyakan perempuan menghabiskan ribuan dolar untuk gaun pengantin. Ia sendiri hanya perlu merogoh kocek sebesar 30 […]

Inspirasi Undangan Pernikahan Unik, Elegan, Keren

Undangan pernikahan yang unik itu sebenarnya perlu nggak, sih? Bukannya ntar undangan juga bakal dibuang kalau udah nggak terpakai? Masa kita harus mahal-mahal pesan undangan pernikahan yang dibuat dengan desainer khusus hanya untuk dipakai sekali? Ini sih, bakal nambah-nambahin biaya aja. Padahal tanpa pesan undangan yang mahal pun, biaya nikah udah alamakā€¦ mahal bangeeet. Kalau kamu sempat berpikir seperti itu. […]

Zentangle: Pola abstrak Tangan

Saya sudah lama suka menggambar abstrak di kertas. Tapi saya baru tahu kalau gambar yang biasa saya buat itu namanya zentangle. Selain itu saya pikir zentange dan doodle itu sama. Ternyata beda. Bedanya di mana? Setahuku sih, kalo doodle itu refleksi dari peristiwa yang kita alami dan diekspresikan lewat gambar. Jadi gambar yang dibuat itu memiliki konsep makna sebelumnya. Menggambar […]

10 Ide Hantaran, Seserahan, Peningset Pernikahan

Beberapa hari lalu kakakku request, dia sedang mencari inspirasi untuk bikin hantaran pernikahan yang kekinian. Kakakku ini emang punya bisnis kecil-kecilan, nerima jasa bikin wedding souvenir dan hantaran pernikahan (orang sini bilangnya seserahan atau peningset). Yah, sebenarnya kakak sendiri udah punya buku tutorial kerajinan untuk menghias kotak hantaran. Sayangnya itu desain-desain di buku udah kelewat old skul, alias jadoel. Jadi […]

Daftar Handicraft Indonesia yang Tersohor Hingga Pasar Internasional

– Guest post – Selain kaya akan kekayaan alam dan budayanya, Indonesia juga kaya akan kerajinan tangannya loh. Dari ribuan handicraft Indonesia, ada beberapa yang identik dengan negeri maritim ini bahkan menjadi warisan dunia. Apa saja sih handicraft Indonesia yang namanya menggaung hingga kancah internasional? 1. Kain Batik Siapa yang tak kenal handicraft Indonesia yang satu ini. Kain batik sangat […]

Inspirasi: Karya Rajutan Yarn Bombing Street Art yang Wow

Ada saja cara seniman rajut mengekspresikan karya seni di ruang publik. Salah satu yang selalu membuatku takjub adalah karya-karya rajutan yang dipajang di jalanan, di trotoar, pedestrian, taman, pertokoan, bahkan di kendaraan, terlihat sangat unik dan “wow”. sepeda impiancredit: pinterest Apalagi kalau yang dijadikan objek seni itu benda-benda yang sangat besar dan permanen. Memangnya bisa merajut benda-benda seperti sepeda, mobil, […]

Merajut Membantu Menekan Stres bagi Tahanan Perempuan di Amerika Serikat

Sejak belajar crochet dari beberapa tahun lalu, saya mendapat banyak manfaat positif dari aktivitas merajut. Crochet sangat bagus untuk melatih kemampuan berhitung, mendesain dengan struktur yang rapi, melatih otak untuk tetap fokus, meningkatkan kreativitas (misalnya, dalam memadukan warna dan motif), hingga kemampuan untuk bersabar.Merajut mengoptimalkan kinerja otak melalui koordinasi yang sinkron antara tangan dengan mata. Bahkan dalam keadaan terdesak, merajut […]