Tutorial Membuat Stik Es Krim Warna-Warni

Tutorial Membuat Stik Es Krim Warna-Warni {diy colorful ice cream sticks}- 

Saya sangat berterima kasih pada Mbak Hasna yang udah berbagi tips kali ini. Stik es krim biasa dipakai untuk kerajinan tangan/ craft. Bukan cuma anak-anak, bahkan remaja dan dewasa pun bisa membuat karya yang luar biasa dengan stik es krim ini.

Stik yang bisa dipakai untuk berkreasi adalah yang memiliki bahan tebal dengan tekstur permukaan halus. Harga pasaran sekitar 2.000-3.000/pak. Atau pilih yang halus banget  dengan harga lebih mahal sekitar 6.000-7.500/pak

Bahan:



  • Stik es krim 4 pak/bungkus
  • Pewarna cair (kalo ini pake pewarna makanan biar lebih aman untuk anak-anak). Merk terserah.
  • Air 100 ml


Tutorial ini untuk 4 bungkus stik. Satu resep satu warna. Sesuaikan takaran untuk jumlah stik yang lebih banyak/sedikit.

Cara Membuat:


- 80 tetes pewarna masukkan ke dalam 100 ml air. (bisa tambahkan beberapa tetes pewarna untuk hasil lebih pekat)

- Aduk rata lalu tuang ke wadah kecil.

- Celupkan stik, usahakan warna rata di seluruh permukaan stik.

- Atur stik pada wadah lebih lebar, tuang rata sisa larutan.

- Biarkan beberapa jam agar larutan warna meresap hingga ke dalam stik (bisa juga dibiarkan semalaman).

- Setelah warna meresap, tata stik es krim dengan posisi vertikal/ disandarkan agar bagian depan dan belakang cepat kering.

- Jemur di tempat yang tidak terlalu terik atau bisa juga diangin-anginkan.

Catatan:

Saat menjemur, upayakan larutan sudah meresap sempurna. Caranya dengan mengamati pada permukaan stik yang sudah agak mengering/ tidak basah kuyup. Kalau masih basah kuyup, warna bisa 'turun' (bagian bawah lebih gelap) dan juga membekas garis pada bagian belakang stik yang disandarkan saat dijemur.

Hasilnya:

foto dokumentasi: Nur Hasna (2016)

Nah, bagaimana kalo stik es krim udah cantik begini? Mau dibikin apa?
Ini dia beberapa ide untuk berkreasi dengan stik es krim.
gambar: recycled-things.com

atau

gambar: aliexpress

Cara membuat rumah dari stik ini bisa dilihat di wikihow. Bagus banget hasilnya kan?

Bagi yang rada males buat bikin tutorial ini, bisa kok dapetin stik eskrim warna-warni tanpa ribet. Beli aja di Mbak Hasna, Insya Allah menyediakan. Harganya? Saya lupa, yang pasti terjangkau kok dan insya Allah aman karena pakai pewarna makanan.

Okee... sekian tutoral kali ini.


Happy crafting

-Nisa
Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
Muthi Haura
admin
26.9.16 ×

mbk Hasna jualnya brapa itu mbk? tapi pengen cba ngewarnai stik dulu ah :D

Reply
avatar
Enny Law
admin
28.9.16 ×

Wah bagus nih, save dulu lah, klo udh rumah sendiri baru bikin gini2, hihi

Reply
avatar
F. Nisa
admin
30.9.16 ×

5000/pak kayaknya. per pak isinya 48 stik.
Iya boleh dicoba bikin dulu... tapi kalo saya mah beli aja, punya bayi soalnya. hehe

Reply
avatar
F. Nisa
admin
30.9.16 ×

save, save... bookmark, bookmark... share, share... ^ ^

Reply
avatar