Yuk, Mengenal Tas Noken Papua dan Filosofinya!

Kebudayaan Indonesia memang gak akan pernah habis untuk dibahas. Nah, salah satu kebudayaan Indonesia yang banyak dibicarakan belakangan ini adalah tas Noken Papua.  Pada tanggal 4 Desember 2020 silam, tas yang berasal dari Papua ini tampil sebagai ilustrasi di halaman depan Google Doodle, loh. Hal ini bertepatan dengan hari di mana tas Noken ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak […]

Kupas Tuntas Bisnis Cat Hotel dan Spa Khusus Kucing

Pengen punya usaha hotel, tapi bingung konsepnya seperti apa? Gak usah khawatir karena saat ini, sudah banyak tempat-tempat menarik anti-mainstream yang lucu-lucu, seperti yang dikunjungi Kekeyi ini, yaitu Cat Hotel dan Spa. Sebagaimana namanya, hotel yang satu ini diperuntukkan untuk kamu yang memiliki kucing-kucing lucu, dan ingin memanjakannya. Di hotel ini, kucing kamu bisa mendapatkan perawatan yang menyenangkan, seperti mandi […]

Kerajinan Tangan Seraung Khas Dayak

Kerajinan tangan Seraung khas Dayak dibuat oleh masyarakat di Kalimantan sejak zaman dahulu. Bentuknya topi lebar. Mirip caping di Jawa. Seraung digunakan setiap hari. Digunakan di ladang, di luar rumah, bahkan untuk acara adat suku Dayak. Memang topi lebar seraung ini cocok untuk melindungi dari sengatan matahari yang terik. Di daerah Kalimantan yang panas. Yang dekat dengan garis khatulistiwa. Selain […]

Inspirasi Undangan Pernikahan Unik, Elegan, Keren

Undangan pernikahan yang unik itu sebenarnya perlu nggak, sih? Bukannya ntar undangan juga bakal dibuang kalau udah nggak terpakai? Masa kita harus mahal-mahal pesan undangan pernikahan yang dibuat dengan desainer khusus hanya untuk dipakai sekali? Ini sih, bakal nambah-nambahin biaya aja. Padahal tanpa pesan undangan yang mahal pun, biaya nikah udah alamak… mahal bangeeet. Kalau kamu sempat berpikir seperti itu. […]

Mengenal Kreasi Stencil Art bersama Reika Agustina #3C

Bismillah… Halo, Sobat Shenisa. Melihat respon yang cukup bagus dari ChitChat with Crafter sebelumnya, akhirnya segmen #3C ini hadir kembali dengan ulasan tentang dunia crafting di Indonesia. Kali ini saya berhasil melakukan tanya-jawab sederhana bersama Reika, crafter Indonesia yang menggeluti bidang stencil art. 1. Hai, Mbak Reika. Sebelumnya terima kasih atas waktu yang diberikan untuk chit-chat kali ini.  Boleh cerita […]

Glass Painting and roof isolation

Liven up the exterior of your home with a fresh lick of window frame paint.  Window frames are usually made of wood so you’ve got a good base to play with, although the task does require a fair bit of attention to detail. You may have already learnt how to prep walls for painting and how to paint a wall. While window frame […]

Inspirasi Tas Kulit Vintage untuk Wanita: Unik, Handmade, Asli Indonesia

Saya termasuk penggemar tas vintage handmade, karena itulah tiap lihat produk dari kulit dengan style jadoel gitu rasanya seneng banget. Pengen punya. Nah, berhubung kemarin lagi jalan-jalan ke situs marketplace untuk handmade Indonesia (namanya Qlapa, lucu ya?) saya jadi kepikiran buat nge-list tas kulit vintage untuk perempuan yang sekiranya bisa nunjukin kepribadian yang casual, classy, dan tetep bercita rasa 90s […]

10 Ide Hantaran, Seserahan, Peningset Pernikahan

Beberapa hari lalu kakakku request, dia sedang mencari inspirasi untuk bikin hantaran pernikahan yang kekinian. Kakakku ini emang punya bisnis kecil-kecilan, nerima jasa bikin wedding souvenir dan hantaran pernikahan (orang sini bilangnya seserahan atau peningset). Yah, sebenarnya kakak sendiri udah punya buku tutorial kerajinan untuk menghias kotak hantaran. Sayangnya itu desain-desain di buku udah kelewat old skul, alias jadoel. Jadi […]

Inspirasi: Karya Rajutan Yarn Bombing Street Art yang Wow

Ada saja cara seniman rajut mengekspresikan karya seni di ruang publik. Salah satu yang selalu membuatku takjub adalah karya-karya rajutan yang dipajang di jalanan, di trotoar, pedestrian, taman, pertokoan, bahkan di kendaraan, terlihat sangat unik dan “wow”. sepeda impiancredit: pinterest Apalagi kalau yang dijadikan objek seni itu benda-benda yang sangat besar dan permanen. Memangnya bisa merajut benda-benda seperti sepeda, mobil, […]

Merajut Membantu Menekan Stres bagi Tahanan Perempuan di Amerika Serikat

Sejak belajar crochet dari beberapa tahun lalu, saya mendapat banyak manfaat positif dari aktivitas merajut. Crochet sangat bagus untuk melatih kemampuan berhitung, mendesain dengan struktur yang rapi, melatih otak untuk tetap fokus, meningkatkan kreativitas (misalnya, dalam memadukan warna dan motif), hingga kemampuan untuk bersabar.Merajut mengoptimalkan kinerja otak melalui koordinasi yang sinkron antara tangan dengan mata. Bahkan dalam keadaan terdesak, merajut […]