Posted on Leave a comment

Yuk, Mengenal Tas Noken Papua dan Filosofinya!

tas noken papua

Kebudayaan Indonesia memang gak akan pernah habis untuk dibahas. Nah, salah satu kebudayaan Indonesia yang banyak dibicarakan belakangan ini adalah tas Noken Papua. 

Pada tanggal 4 Desember 2020 silam, tas yang berasal dari Papua ini tampil sebagai ilustrasi di halaman depan Google Doodle, loh. Hal ini bertepatan dengan hari di mana tas Noken ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda dari Indonesia, oleh UNESCO. Keren banget kan?

Mengenal Tas Noken, Identitas Masyarakat Papua

Tas Noken merupakan salah satu dari sekian banyak kebudayaan unik Papua yang terus dilestarikan hingga saat ini. Apakah kamu pernah melihat tas yang sering dikenakan pada bagian kepala atau disampirkan ke bahu oleh kawan-kawan dari Papua? Ya, itulah dia tas Noken yang sedang dibicarakan ini.

Sumber: Unesco/Foto: Dede Priyana

Tas asli dari negeri Cinderawasih ini biasanya terbuat dari kulit kayu yang dikupas terlebih dahulu untuk diambil seratnya. Nah selanjutnya, serat kayu ini nantinya bakal ditumbuk, diremas-remas, kemudian dijemur. Setelah dikeringkan dari sisa-sisa air, serat kayu tadi kemudian akan dibelah menjadi bagian-bagian kecil buat dipintal menjadi tas bertekstur anyaman unik. 

Proses pembuatannya memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan untuk tas berukuran kecil saja, dibutuhkan waktu sekitar 1-2 hari untuk membuatnya, loh. Jadi, tidak heran jika tas yang satu ini memang sangat eksklusif dan memiliki nilai seni yang tinggi. Terutama jika dibuat langsung oleh mama-mama Papua, pasti bakal lebih bagus kan?

Jika tertarik, kamu akan sering menemui tas Noken yang terbuat dari benang berwarna-warni indah, yang berasal dari bahan pewarna alami dari akar dari tanaman hutan Papua. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai tas dengan bentuk yang lebih tradisional dan eksotik, yakni terbuat dari akar anggrek, daun tikar, kulit kayu koji, daun pandan yang besar, serta ilalang rawa. 

Uniknya, tas yang satu ini bisa dipakai untuk penggunaan yang sangat beragam. Tas Noken Wamena yang berbentuk seperti totebag, cocok digunakan oleh kamu yang ingin tampil lebih stylish di kampus. Selain digunakan untuk membawa barang, beberapa jenis Noken (mis: Noken asal Raja Ampat) juga sering digunakan untuk membawa hasil pertanian dan kebun, dan bahkan untuk menggendong anak juga, loh.  

Filosofi Noken Bagi Masyarakat Papua

Bagi masyarakat Papua, tas rajut Noken memiliki makna tersendiri. Kamu tahu nggak kalau tas Noken ini, dulunya menjadi simbol kedewasaan perempuan, loh?

Proses pembuatan Noken yang rumit (AntaraNews)

Dalam hal ini seorang perempuan dapat dikatakan telah beranjak dewasa, ketika ia telah mampu membuat sebuah tas. Jadi pada saat itu, kalau belum bisa membuat Noken, seorang perempuan Papua belum bisa diizinkan untuk menikah.

Meskipun tradisi itu sudah tidak banyak dianut, tas Noken masih dianggap melambangkan perdamaian bagi masyarakat Papua. Tas ini juga memiliki arti kehidupan yang baik dan sejahtera, serta melambangkan kesuburan Tanah Papua. 

Saat ini tas Noken tidak hanya banyak digunakan oleh masyarakat Papua, tetapi juga diminati oleh banyak wisatawan baik mancanegara maupun lokal. Bahkan tidak perlu jauh-jauh ke Papua, kamu yang ingin memiliki Noken sudah bisa menemukan tas unik ini karena banyak diperdagangkan di mana saja.

Namun, jika kamu ingin memiliki tas Noken buatan mama-mama Papua asli, memang akan lebih afdol kalau langsung mengunjungi Tanah Papua, sekaligus menikmati alamnya yang elok dan indah, serta melihat langsung kebudayaan masyarakat Papua lainnya. 

Posted on Leave a comment

Kupas Tuntas Bisnis Cat Hotel dan Spa Khusus Kucing

Pengen punya usaha hotel, tapi bingung konsepnya seperti apa? Gak usah khawatir karena saat ini, sudah banyak tempat-tempat menarik anti-mainstream yang lucu-lucu, seperti yang dikunjungi Kekeyi ini, yaitu Cat Hotel dan Spa.

Sebagaimana namanya, hotel yang satu ini diperuntukkan untuk kamu yang memiliki kucing-kucing lucu, dan ingin memanjakannya. Di hotel ini, kucing kamu bisa mendapatkan perawatan yang menyenangkan, seperti mandi sehat, mandi kutu, dan lainnya, mendapatkan kamarnya sendiri dengan berbagai tipe, hingga tersedia area bermain yang cukup luas dengan fasilitas lengkap, agar kucing terhindar dari stres.

Nah, untuk kamu cat lovers sejati, peluang usaha yang satu ini bisa banget dicontoh, karena bisa mendatangkan profit yang cukup tinggi. Sebagai contoh, Arnamir Cat Hotel dan Spa setiap bulannya, mampu menghasilkan pendapatan mulai dari Rp 8 juta sampai Rp 12 jutaan, lho. Jadi, selain bisa memanjakan kucing-kucing kesayangan, kamu juga bisa memanjakan diri sendiri, dan memberdayakan karyawan-karyawan yang bekerja untuk hotel kucing kamu. 

Apa Saja yang Harus Disiapkan Untuk Memulai?

Lalu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika memulai usaha cat hotel ini? Pertama, tentunya kamu harus menyediakan space untuk hotel kucingnya. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir akan biaya, karena hotel kucing ini biasanya tidak membutuhkan ruang yang begitu besar seperti hotel-hotel pada umumnya. Bahkan, bukan hal yang mustahil bila kamu memutuskan untuk memulai usaha hotel kucing ini di rumah sendiri, loh.

Setelah itu, hal berikutnya yang harus dipersiapkan adalah tentunya mengenai penguasaan dan pemahaman tentang hal-hal yang berhubungan kucing dan perawatannya. Jika selama ini kamu merupakan tipe cat lovers yang lebih sering menyerahkan langsung perawatan kucing kepada ahlinya, dan oleh karenanya tidak begitu paham akan hal ini, kamu bisa banget mempekerjakan tenaga-tenaga profesional yang tentu sudah lebih mahir. 

Nah, setelah tempat untuk hotel kucing tersedia, dan tenaga-tenaga yang dibutuhkan juga telah terkumpulkan, selanjutnya kamu tinggal mempersiapkan alat-alat grooming, dan juga fasilitas-fasilitas lainnya yang dibutuhkan. Sebagai permulaan, jika modal yang kamu miliki terbatas, kamu bisa banget memulai usaha yang mengkhususkan pada perawatan atau cat grooming terlebih dahulu. Nah, kalau untuk usaha ini, kamu bisa mendapatkan alat-alat grooming dengan harga yang cukup murah, yakni sekitar Rp 3 jutaan saja.

Bagaimana, sejauh ini sudah tertarik belum? Penting untuk diketahui, bahwa usaha Cat Hotel dan Spa ini, selain bisa mendatangkan keuntungan, juga bisa menjadi sarana untuk menyalurkan rasa cinta kamu terhadap kucing-kucing. Bahkan lebih jauh dari itu, memelihara dan merawat kucing, terbukti mampu menjaga kesehatan kamu secara keseluruhan, lho.

Seberapa Penting sih Manjain Kucing?

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Michigan, sekitar 90% responden menyetujui bahwa adanya hewan peliharaan mampu membuat hidup mereka lebih berwarna, bermakna, dan bahkan merasa dicintai. Adapun sekitar 60% di antaranya menyetujui bahwa hewan peliharaan mampu membuat mereka aktif secara fisik, sehingga tubuh bisa menjadi lebih prima. 

Akhir kata, usaha Cat Hotel dan Spa ini, merupakan peluang yang akan sangat disayangkan jika tidak ditekuni, terutama bagi kamu cat loversyang punya banyak kucing di rumah. Selalu sibuk bermain dan merawat anabul? Kenapa tidak sekalian dijadikan peluang bisnis dari rumah yang mampu mendatangkan keuntungan, saja? Dengan begini, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang kamu senangi, sekalian membuka peluang bagi masyarakat umum, untuk lebih produktif masa pandemi ini. Simak ulasan video lengkap bisnis cat hotel di video Youtube ini.

Terinspirasi dari ide bisnis cat hotel dan spa ini? Ikuti terus channel Youtube Ninja Xpress dan pantau konten-konten BERGURU-nya. Ninja Xpress berkomitmen membantu akselerasi UKM di Indonesia dengan program Ninja Academy. Program Ninja Academy menyediakan fasilitas maupun pendampingan demi suksesnya calon-calon pengusaha baru.

Posted on Leave a comment

Kerajinan Tangan Seraung Khas Dayak

Kerajinan tangan Seraung khas Dayak dibuat oleh masyarakat di Kalimantan sejak zaman dahulu. Bentuknya topi lebar. Mirip caping di Jawa.

Seraung digunakan setiap hari. Digunakan di ladang, di luar rumah, bahkan untuk acara adat suku Dayak.

Memang topi lebar seraung ini cocok untuk melindungi dari sengatan matahari yang terik. Di daerah Kalimantan yang panas. Yang dekat dengan garis khatulistiwa.

Selain melindungi dari terik, seraung juga dipakai saat hujan tiba. Begitu pun saat acara adat yang sering digelar di kalangan suku Dayak. Sejak dulu di masa lampau.

Pinterest

Seni kriya atau kerajinan tangan masyarakat Dayak sebenarnya bukan seraung saja. Dan kebanyakan memang dibuat untuk aktivitas rutin.

Topi seraung banyak beredar di Kalimantan. Ada banyak daerah yang membuat topi ini. Tapi salah satu yang terkenal ada di Dayak Kenyah. Yang lokasinya di Lekaq Kidau, Kalimantan Timur.

via IndonesiaKaya

Membuat seraung tidaklah mudah. Perempuan Dayak yang biasa bertugas untuk membuatnya. Seraung dianyam dari daun pandan kering. Dihias dengan manik-manik yang indah.

Selain daun pandan, ada juga menyebut seraung ini dibuat dari daun biru. Daun ini permukaannya lebar. Tumbuhnya di pedalaman hutan Kalimantan. Butuh perjuangan untuk mendapatkan daun yang menyerupai palem ini.

Masyarakat Dayak Kenyah di Datah Bilang Hilir harus menempuh jarak yang jauh. Perjalanan hingga 2,5 jam. Menggunakan perahu ketinting. Lalu berjalan kaki sekitar 2 jam.

Seraung
Pinterest

Begitu susahnya mencari daun biru masyarakat Dayak akhirnya memilih daun lain. Yang sama-sama bisa dipakai bahan  membuat topi. Tapi lebih mudah dicari : daun pandan atau daun kajang.

Mencari bahan sudah susah. Apalagi membuatnya. Satu topi bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Itu pun bikinnya harus teliti. Biar hasilnya maksi. Tak heran para perempuanlah yang membuat topi ini. Karena biasanya perempuan lebih jeli dan rapi. Membuat karya seni kerajinan tangan yang akhirnya disenangi hingga kini.

Bagaimana dengan laki-laki? Mereka juga berkarya. Hanya saja berbeda. Mereka membuat karya yang kokoh hasilnya. Seperti keranjang. Untuk dibawa berburu atau ke ladang.

Kini banyak warga yang membuat seraung-seraung ukuran kecil untuk hiasan.

Bahkan ada juga yang berinovasi. Membuat topi seraung dengan motif khas
Dayak Kenyah. Demi meningkatkan minat masyarakat untuk mencintai kriya khas nusantara.

Saya pernah membaca tugas akhir mahasiswa ISI tentang Karya kriya kulit untuk membuat seraung. Bukan untuk topi. Tapi untuk hiasan rumah. Seraung bertransformasi menjadi karya seni dekoratif.

Dalam tugas tersebut, mahasiswi tersebut menulis bahwa karya kriya yang ia buat menggunakan teknik jahit manual, teknik solder (pyrography) dan teknik tatah timbul.

Proses pembuatannya dimulai dengan mengeringkan daun biru selama satu minggu. Lalu cuci hingga bersih sekitar lima menit.

Daun biru lalu diluruskan dengan cara digulung-gulungkan di tangan. Lalu simpan di bawah tikar agar lurus dan rata selama sekitar seminggu.

Daun yang sudah rata, lalu disusun. Dijahit dan dibentuk seperti kerucut. Setelah selesai dilapisi bagian daun tersebut dengan kain berwarna cerah.

Agar kokoh, bagian pinggir topi dipasangi lidi dari daun kelapa. Kemudian ditambah hiasan seperti sulaman atau manik-manik.

Manik-manik sendiri istimewa bagi suku Dayak. Hiasan ini  sudah dikenal sejak zaman logam di kawasan Kalimantan.

Manik-manik dibuat dengan kreativitas tinggi. Dibuat dari tulang, batu atau damar dari zaman purba.

Suku Dayak membedakan manik-manik besar dan manik-manik halus.

Yang besar dibuat dari kaca berwarna-warni. Sementara yang halus dipakai untuk sulaman pada benang.

Manik-manik besar berbeda-beda bentuk dan warnanya. Manik-manik ini bernilai tinggi.

Hasil kerajinan manik ini bervariasi. Mulai dari kalung, gelang, bening, pakaian, ikat pinggang, peralatan rumah, hingga hiasan pada seraung.

Topi seraung khas Dayak, kini makin banyak dilirik wisatawan. Bukan untuk dipakai, tapi untuk hiasan dinding, pajangan, hingga lampu hias. Tulisan saya tentang seraung ini, semoga makin membuat kita menghargai kearifan lokal di bidang kriya khas Indonesia.

Sumber
Blog pariwisatakukar.wordpress.com

Seraung Dayak Kenyah Sebagak Sumber Ide Penciptaan Karya Kriya Kulit, karya Elvia Juliana, ISI Yogyakarta 2018

Posted on 1 Comment

Inspirasi Undangan Pernikahan Unik, Elegan, Keren

Undangan pernikahan yang unik itu sebenarnya perlu nggak, sih? Bukannya ntar undangan juga bakal dibuang kalau udah nggak terpakai? Masa kita harus mahal-mahal pesan undangan pernikahan yang dibuat dengan desainer khusus hanya untuk dipakai sekali? Ini sih, bakal nambah-nambahin biaya aja. Padahal tanpa pesan undangan yang mahal pun, biaya nikah udah alamak… mahal bangeeet.

undangan pernikahan unik

Kalau kamu sempat berpikir seperti itu. Berarti kamu sepemikiran dengan saya. Saya juga tipikal orang yang nggak mau ribet, termasuk soal undangan.

Tapiiii… Penyesalan mungkin datangnya belakangan. Setelah beberapa tahun menikah, rasanya nggak ada something special yang bisa dijadikan bahan untuk kenang-kenangan tentang sakralnya upacara pernikahan waktu itu.

Eits, bukannya saya mau bilang saya nyesel, ya. Sebenarnya undangan pernikahan mah unik atau nggak, yang penting secara fungsi bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Undangan Unik, Dibuang Sayang

Saya pun jadi teringat lagi waktu kecil dulu. Sering dapat undangan khitanan yang templatenya massal gitu. Beli di pasar. Kita tinggal ngisi bagian nama, tanggal, alamat yang punya hajat, dan nama/alamat orang diundang.

Namanya juga template massal. Cetakannya juga kertas murah dan gambarnya monokrom gitu, kan. Sama sekali nggak menarik. Sesudah acara, kami nggak segan untuk membuang undangan semacam itu di tong sampah.

Beda lagi perlakuan kita, kalau dapat undangan yang lucu, yang elegan, yang unik, yang keren. Entah dari segi desainnya, bentuknya, tema, atau fungsinya.

Saya nggak akan tega membuang undangan yang eksklusif gitu. Misalnya, nih. Saya pernah dapat wedding invitation dari bahan yang elegan banget. Ada kata-kata mutiara yang didesain dengan bentuk typography yang ciamik. Waah, nggak bakal saya buang kalau undangannya kayak gitu. Minimal akan saya pajang di kamar.

Lain lagi dengan adik saya. Dia dapat undangan yang juga berfungsi sebagai notebook. Meski udah lewat tanggal nikahnya, notebooknya masih bisa dimanfaatkan untuk catatan kuliah. Asyik, kan.

Baca juga: Undangan Pernikahan Unik BALI

Memang ada harga, ada rupa. Membuat undangan pernikahan yang unik, keren, elegan dan bernilai tinggi tentunya nggak murah.

Tapi bagi kamu yang emang menyediakan budget khusus untuk undangan nikah nan berfaedah semacam ini. Kenapa nggak? Bikin aja yang worth it sekalian.

Butuh ide?

Inspirasi Undangan Pernikahan Unik, Elegan, Keren

1. Undangan Pernikahan Floral {cutting laser}

Undangan pernikahan dengan laser cut memang bisa menjadi salah satu ide yang bisa kamu terapkan. Motif floral yang curvy, atau desain geometris yang rumit akan memberikan kesan elegan. Ditambah dengan warna pastel yang lembut, undangan pernikahan model ini pasti akan memberikan kesan impresif untuk yang menerimanya.

2. Undangan Pernikahan Pop-Up Card

Kalau dulu pernah populer kartu ucapan lebaran yang model pop-up masjid itu. Sekarang ada lagi yang baru: pop-up wedding invitation.

Undangan pernikahan pop-up ini mulai ngetren dan kekinian banget. Desainnya bervariasi, mulai yang bertema kartun lucu, hingga siluet pasangan yang terkesan romantis.

3. Undangan Pernikahan Bentuk Cermin

Undangan pernikahan keren dalam bentuk cermin hias. Ini salah satu alternatif setelah sebelumnya sempat booming undangan dalam bentuk kipas tangan.

4. Undangan Pernikahan Baju Adat Indonesia

Ingin yang bernuansa nusantara? Model baju adat ini bisa menjadi ide undangan pernikahan yang unik dan Indonesia bangeet.

Baca Juga: 10 Ide Hantaran, Seserahan, Peningset Pernikahan

5. Undangan Pernikahan Origami

Undangan pernikahan yang unik sekaligus elegan ini dibuat dengan teknik origami. Kesan yang diinginkan bisa dipilih dari jenis kertas yang dipakai.

6. Undangan Pernikahan Unik Model Cincin

Mau undangan pernikahan yang beda? Undangan dengan desain di atas boleh juga, ya. Unik karena ada tangan yang menjulur hendak memasang cincin di jari pasangannya. Is it romantic, isn’t it?

Yang ini setali tiga uang dengan desain sebelumnya. Hanya saja bentuknya cincin dan bisa kita pakai beneran.

7. Undangan Pernikahan Unik: Paspor dan Tiket

Ide undangan pernikahan bentuk paspor kali ini sepertinya cocok untuk traveler atau siapa saja yang doyan pulang-pergi ke luar negeri. Model paspor, model tiket perjalanan, dll. Pokoknya kalau kamu tipe traveler sejati, contoh undangan nikah ini bakal mewujudkan the real you!

8. Undangan Pernikahan Roll Film

Last, but not least, undangan pernikahan unik bentuk roll film. Kece banget, kan? Saya sudah tahu ada model seperti ini sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi nggak ada salahnya menuliskannya di sini karena tetap saja bagi saya undangan pernikahan roll film ini unik dan keren abis.

Jadi, gimana? Sudah kamu putuskan mau pesan undangan pernikahan yang mana untuk hari spesialmu?

Images: www.pinterest.com dan Sam Arista Wedding Card

Posted on 9 Comments

Mengenal Kreasi Stencil Art bersama Reika Agustina #3C

Bismillah…

Halo, Sobat Shenisa. Melihat respon yang cukup bagus dari ChitChat with Crafter sebelumnya, akhirnya segmen #3C ini hadir kembali dengan ulasan tentang dunia crafting di Indonesia.

Kali ini saya berhasil melakukan tanya-jawab sederhana bersama Reika, crafter Indonesia yang menggeluti bidang stencil art.

1. Hai, Mbak Reika. Sebelumnya terima kasih atas waktu yang diberikan untuk chit-chat kali ini. 
Boleh cerita nggak sih, gimana awalnya Mbak Reika menekuni stencil art dan apa yang membuatmu konsisten di bidang itu daripada jenis craft yang lain?

Terimakasih banyak mbak Nisa, saya benar-benar tersanjung, baru pertama ada yang meminta wawancara, tentang STENCIL pula, benar-benar tidak menyangka ada yang begitu memperhatikan.

Sekitar tahun 2012 saya sering ke Toko Prapatan di Jatinegara untuk beli bahan-bahan menggambar dan melukis di kain. Saya senang lihat-lihat ada benda apalagi ya yang baru. Ketemu sama STENCIL. Saya lupa sudah pernah baca sebelumnya atau sesudah beli STENCIL baru saya cari artikel tentang STENCIL.

Karena saya belum jago menggambar, STENCIL datang memberikan banyak pilihan motif, jadi seperti menyablon, sudah ada cetakannya. Anak – anak juga suka dan mudah memakainya.

Saya coba jual lagi dan peminatnya sangat banyak jadi saya keterusan suka dengan STENCIL. Sampai di dua supplier saya, tidak lagi masuk STENCIL nya. Sementara permintaan masih bagus.

Saya coba bikin sendiri. Awalnya dengan plastik map yang tebal, kertas cover kliping, mika meteran kaku, kertas paper art karena saya ingin langsung bisa diprint dan tinggal dipotong dengan cutter, sampai akhirnya ketemu Mylar plastic sheet yang paling awet dan bagus hasilnya.

Stencil di kain.
Image copright by Reika Agustina (2016)

Bersyukur sekali waktu SMP kelas 1 pelajaran seni rupa nya memberikan materi khusus bagaimana membuat STENCIL, dari menggambar pola sampai memotongnya dengan cutter, waktu itu bahannya lebih tebal, pakai paperboard dan yang dibuat huruf-huruf besar dengan benang-benang halus yang rentan putus. Sayang pas materi huruf-huruf yang meliuk-liuk saya pindah sekolah.

Awalnya masih meniru pola motif yang pernah saya beli, ukuran A4 atau lebih kecil, lalu datang permintaan ukuran besar, WALL STENCIL untuk mengecat dinding. Kalimat yang datang itu yang membuat saya yakin harus terus mengembangkan jasa custom STENCIL,” saya sudah cari kemana-mana akhirnya ketemu sama fp rumah kreatif ufaira.”

Sebelum membuat STENCIL saya membuat tas, pouch, dan kerajinan dari kain lainnya. Setiap bazar hasilnya belum pernah memuaskan. Sejak jualan spidol dan krayon khusus untuk di kain, saya coba tambah materi melukis di kain di stan saya, mulai ada respon meski masih sedikit.

Setelah ada STENCIL saya coba buka pelatihan, waktu itu di Karawang, dengan crafter lain kami mengadakan pelatihan di Mall, alhamdulillah pelatihan melukis dengan STENCIL yang pertama berjalan dengan baik dan ramai.

Dan terus berlanjut, kalau ada acara bazar saya lebih suka buka pelatihan spontan melukis dengan STENCIL, saya sediakan media kainnya seperti tas, tempat pinsil, STENCIL beragam motif untuk dipakai bersama dan bergantian, cat dan spidol, juga meja-meja kecilnya,  yang dibawa pulang hasil karya peserta saja, Alhamdulillah omset sehari bisa sampai satu juta lebih, jika bazarnya di suatu acara yang banyak anak-anak dan orangtuanya.

Itu dia alasan paling kuat kenapa bisa konsisten disini, pasarnya ada, peminatnya bagus, masih langka, nilai jual bagus, omset pun memuaskan.

Stencil di apron.
Image copright by Reika Agustina (2016)

2. Apa sih bedanya stencil art dengan lukis biasa?

Lukis biasa mengandalkan keahlian dan keluwesan gerak tangan kita dalam menarik garis dan kuas, kalau STENCIL kita menggunakan pola atau cetakan, yang kalau kita ulang-ulang hasilnya akan sama persis. STENCIL itu bisa dibilang kegiatan mewarnai sebuah pola atau cetakan motif tertentu. Tapi dengan ditambah pemahaman teknik shading dan gradasi warna, hasil melukis dengan STENCIL akan sama dengan hasil lukisan biasa.

Perbedaan lainnya, melukis dengan STENCIL itu harus tipis-tipis, supaya tidak bleber ke bawah STENCIL, kalau istilah luar itu dry and crisp. Saat kita sentuh hasilnya nyatu dengan medianya, tidak terasa kasar.

Tapi ada juga melukis dengan STENCIL yang tiga dimensi, menghasilkan tekstur timbul.
STENCIL itu adalah salah satu alat yang bisa dipakai sendiri dan bersamaan dengan alat dan teknik lukis lainnya.

STENCIL ART, adalah beragam karya lukis yang menggunakan STENCIL dari beragam teknik yang dipakai.

Dalam scrapbook, ada STENCIL
Dalam menyablon, ada STENCIL
Dalam decoupage, ada STENCIL
Dalam quilt, ada STENCIL
Dan lain-lain

3.Media yang bisa dimanfaatkan untuk project stencil art itu apa aja sih? Dan apa media favoritmu?

Inilah istimewanya STENCIL, bisa diterapkan di semua media, mulai dari kertas, kayu, kain, sampai dinding dan lantai, kue pun juga bisa dihias dengan STENCIL. Jadi STENCIL itu bisa diterapkan dimanapun, media apapun, media yang flat maupun tiga dimensi, tinggal pewarnanya yang menyesuaikan media apa yang dipakai.

Stencil untuk dekorasi kue.
Image copright by Reika Agustina (2016)

Favorit saya media kain, mungkin karena saya memang sudah cinta kain dari dulu ya, bisa dicuci, dan mudah untuk bereksprimen, penyimpanannya pun mudah, dilipat-lipat tidak makan tempat.

Tapi karena permintaan WALL STENCIL semakin banyak, penting bannget untuk saya mencoba langsung dan berekperimen langsung di dinding, terutama untuk tes STENCIL yang dibuat, tapi sayangnya belum ada dinding yang bisa saya jadikan tempat eksperimen, suami saya belum kasi ijin dinding rumah dijadikan percobaan.

Karena saya membuat tas polos, media saya kebanyakan tas, mulai bosan juga, apalagi respon terhadap tas sudah mulai berkurang, saya mulai mencoba media paperboard dan mdf, untuk hiasan dinding atau gantungan kunci.

4. Apa saja alat dan bahan yang musti dimiliki bagi yang ingin belajar stencil art? 

Alat dan bahan yang harus dimiliki , pertama sudah pasti STENCIL nya ya, beragam motif.

Kedua, kuas khusus untuk stencil dan spons.

Ketiga, medianya, pilih mau pakai media apa karena akan berpengaruh pada pewarna yang akan dipakai.

Keempat, pewarnanya, bisa cat, spidol, glitter, bubuk, royal icing (untuk kue), dll, ada banyak pewarna yang bisa dipakai.

Kelima, solasi kertas dan gunting.

Keenam, lem semprot, ini alternatif, ini saat dibutuhkan saat melukis di kaos, atau saat menggunakan motif yang detail kecil-kecil yang rentan terangkat-angkat bagian-bagiannya.

Ketujuh, tisu basah, penting sekali untuk membersihkan jari dan STENCIL. Kedelapan, palet atau piring kertas atau wadah untuk pewarnanya, butuh beberapa tempat.

pixabay.com

5.Untuk pewarnaan, dari pengalaman Mbak Reika, jenis cat seperti apa yang bagus untuk diaplikasikan di kain? 

Sampai saat ini saya masih suka dengan acrylic marie’s, merupakan cat termurah yang bisa dipakai untuk semua media, tidak cuma kain. Tapi jika ingin hasil yang lebih soft tentunya harus pakai cat khusus kain, seperti merk deco textile. Harganya jauh lebih mahal, tapi sesuai kualitasnya.

6. Adakah tips bagaimana merawat produk-produk stencil art?

Produk-produk stencil art, biasa saja, tidak ada perawatan khusus, harus dilihat apa bendanya, apa boleh kena air atau tidak, apa fragile atau tidak.

Stencil batik.
Image copright by Reika Agustina (2016)

7. Saya lihat di foto kegiatan, anak-anak juga bisa berkreasi dengan stencil art. Apakah memang stencil art itu bisa untuk stimulasi kreativitas anak-anak? Kalo ya, umur berapa sebaiknya? 

Iya, pelanggan terbesar saya anak-anak, ibunya membeli untuk anak-anaknya, yang meramaikan kegiatan melukis di stan saya juga anak-anak, kemarin mulai bu guru nya yang tertarik mau ikutan melukis.

Karena mudah untuk dipakai, dari umur 2 tahun sudah bisa, anak saya Husna waktu itu umur 2 tahun sudah saya kasi kesempatan bermain dengan stencil. Cuma cocol-cocol spons, ibunya yang pegangin stencilnya, angkat stencil, taraa….! Jadi deh lukisannya.

Anak pun senang dan bangga,”Ini Husna yang buat, Bu!”

Karena bermain cat, mewarnai juga termasuk melatih motorik anak sejak dini, mengenal warna dan bentuk. Permainan yang paling disukai anak-anak.

Tapi lagi-lagi harus atas kemauan dan keinginan anak, ya. Kalau sudah dikenalkan masih tidak mau, ya jangan dipaksa.

8.Bisa dijelaskan apa saja teknik mewarnai untuk memberikan efek yang menarik untuk hasil stencil art? 

Kuasai teknik shading dan gradasi. Hasilnya akan sangat natural. Saya masih harus banyak belajar untuk ini, harus banyak latihan, uji coba, karena melukis itu berdasarkan pengalaman, praktek, bukan sekedar teori.

9.Adakah tempat favorit untuk nge-craft? Di manakah itu?
:
Wah dimana ya, kalau di rumah mungkin di garasi dan teras.

10.Selain Stencil art, Mbak Reika juga punya project apa nih yang berhubungan dengan craft? 

Saya sekarang ingin fokus serba STENCIL. Beragam craft yang ada pemakaian STENCIL nya. Kalau di luar STENCIL, saya sedang membuat pesanan tas rutin untuk seorang teman. Hasil yang didapat dari membuat tas untuk mendanai project STENCIL saya.

Menggambar di kain dengan pensil warna Luna.
Image copright by Reika Agustina (2016)

11.Adakah crafter yang menjadi favorit dan inspirasi bagi Mbak Reika? Siapakah dia? 

Mayumi Takushi, orang Jepang yang tinggal di Brazil, pelukis profesional yang menggunakan STENCIL dipadukan dengan keahliannya dalam memberikan shading dan gradasi yang berkesan vintage, hasil akhirnya akan terlihat seperti lukisan tangan.

Awalnya seorang temang ngetag saya di fb video mayumi, benar-benar membuat saya terbengong-bengong, selain videonya yang sangat cepat, juga teknik yang dipakai. Seterusnya saya mencari info tentang Mayumi, ketemu fb nya, IG nya, channel youtube nya, dan sedang menunggu teman yang di Chile belikan video tutorial Mayumi.

Karena saya tidak belajar melukis dari awal, teknik shading dan gradasi belum saya kuasai, itu yang sangat ingin saya pelajari dari Mayumi.

12. Last QUESTION, jika Mbak Reika terdampar di pulau asing, dan Mbak hanya boleh bawa satu tas. Kira-kira apa isi tas itu?

Hmmm… aaapa yaaa…mungkin  jarum, benang dan pisau.

pixabay.com

Menarik sekali. Waah, saya jadi tahu banyak sekarang tentang dunia stencil art. Terima kasih sudah bersedia berbagi ilmunya, Mbak Reika.



Yuk, bagi yang ingin kenalan lebih dekat dengan Mbak Reika, silahkan kunjungi ke:

Facebook: www.facebook.com/rkufaira atau www.facebook.com/rumah.kreatif.ufaira 
Instagram: www.instagram.com/Gallery_rei
WA : 081391896719
Blog: http://ufairaku.blogspot.com

Happy inspiring ^ ^

Nisa

Posted on 5 Comments

Glass Painting: Interview dengan Restya Mochtar (Owner Mini Sumoz) #3C

Glass Painting: Interview dengan Restya Mochtar (Owner Mini Sumoz) #3C

Bismillaah…

Holaa…semua! Senang sekali hari ini kita bisa berdiskusi dengan salah satu crafter dalam segmen ChitChat with Crafter (#3C) on Shenisa.com : )

Yay.

Sebagaimana yang udah saya janjikan beberapa waktu lalu, akhirnya saya berkesempatan untuk mempublish hasil interview singkat tentang dunia craft. Kali ini adalah Glass painting atau melukis di gelas/kaca.

Untuk itulah saya menghubungi Mbak Restya owner Mini Sumoz DIY yang juga menekuni bidang glass painting ini. Harapannya, kita bisa sedikit punya gambaran sebelum menggelutinya. Thank you, Restya! Semoga ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua… : )

1. Hai, Restya. Aku udah lihat karya-karya terbarumu (terutama glass painting). Bisa dijelaskan nggak itu awalnya gimana sih, kok bisa tertarik menekuni glass painting?

Sebelumnya dulu tertarik glass painting pas acara Expo, karna warnanya yang colorful & terkesan mewah bikin media kaca (yang dipakai) jadi semakin berkilau. Itu udah beberapa tahun yang lalu, sebelum akhirnya ikutan pelatihan Glass Painting bulan Juli kemaren.

Awalnya cuma iseng aja pengen nyari kesibukan buat ngisi waktu luang di sela-sela bikin makanan. Kebetulan waktu itu ada pelatihan yang diadain Dinas Koperasi Jatim. Dari pelatihan itu ternyata hasilnya tak terlalu mengecewakan hingga akhirnya aku diikutkan untuk pelatihan lanjutan setelah melalui proses seleksi. Dari situ jadi sering eksperimen di rumah dengan motif simple. Ternyata keterusan bikin karna respon orang sekitar cukup banyak. ^_^

copyright (2016): MiniSumoz DIY


2. Trus, tools yang dipakai untuk membuat glass painting itu apa aja? Di mana dapetinnya?
Toolsnya ga banyak, cuma butuh beberapa bahan yang gampang dicari di sekitar. Cuma cat yang dipakai ga bisa sembarang cat soalnya berpengaruh pada penyerapan ke media. Di sini kita bisa memakai cat yang khusus buat kaca.

Bahan-bahan:
– media gelas atau kaca
– outliner
– cat khusus kaca
– pola
– kuas/lidi
– palet
– tissue & cotton bud (untuk menghapus kesalahan)
– thinner

Buat yang ada di Surabaya, bahan-bahan ini bisa didapatkan di Toko Bintang Palapa, Jalan Tunjungan Surabaya. Atau di Toko Pasifik, Malang.
3.Menurutmu yang paling susah dalam proses membuat karya itu apa sih? Gimana kamu menghadapinya?

Mungkin karna perlu kesabaran & ketelatenan, sedangkan aku sebaliknya, jadi disitulah letak kesulitannya. Hehe.. Dalam proses pembuatannya yang detail butuh ketelitian & ketelatenan biar hasilnya maksimal.
copyright (2016): MiniSumoz DIY
4.Kamu terjun ke dunia craft itu murni hobi atau untuk berbisnis?
Sebelumnya sih karna hobi aja, buat ngisi waktu luang. Tapi seiring waktu, aku rasa peluang bisnis ini lumayan menjanjikan juga. Dengan modal yang relatif kecil, hasil jadinya sangat menjanjikan. 😉
5.Kalau ada orang yang melihat karyamu trus mencemoh atau mengkritik pedas, kira-kira apa yang akan kamu sampaikan pada orang tersebut?
Kritikan sih biasanya aku artikan sebagai bentuk perhatian orang lain terhadap kita. Aku tipe orang yang santai mendengar kritikan, jadi kalau ada yang mengkritik biasanya aku tampung semua, meski tetep memfilter juga mana yang baik & mana yang engga.

copyright (2016): MiniSumoz DIY


6.Oh ya, selain sebagai crafter aku lihat kamu juga aktif berorganisasi. Bisa dijelasin nggak kamu aktif apa aja? Dan apa saja kegiatannya?
Waah.. ini yang bingung gimana jelasinnya! Hahaha..

Sekarang lagi aktif sebagai salah satu pengurus di Grup Asosiasi UMKM Bojonegoro, dimana para pelaku bisnis UMKM di Bojonegoro berkumpul. 

Kegiatan kami di organisasi adalah memberikan wadah bagi pebisnis UMKM untuk mendapatkan pelatihan, informasi peluang & kerjasama. Selain itu kami juga mengadakan kegiatan seminar & bazaar. 

Oh iya, kami juga memfasilitasi pelaku UMKM Bojonegoro dengan pemasaran online melalui web khusus di www.umkmbojonegoro.com dimana profil anggota UMKM ditampilkan & www.etrade.id sebagai tempat mendapatkan informasi cara menjalankan bisnis.
7.Kereeen! Btw, jika ada orang yang tertarik ingin berkecimpung di bidang glass painting, nasihat apa yang akan kamu berikan?
Kadang orang takut memulai karna banyak yang bilang melukis Glass Painting itu susah, padahal sebenernya sih gampang banget. Gak perlu keahlian untuk melukis, yang penting adalah ketelatenan & kesabaran.

Melukis itu gak harus sempurna, karna itulah ke-khas-an kita & disanalah letak seninya. Jadi kalau bisa, ciptakan kreasimu & jangan takut untuk salah. 😉

copyright: Restya Mochtar (2016)



8.Siapa orang yang menginspirasimu untuk berkarya selama ini?

Mba Siti Hidayah – Zahida. Beliau adalah pebinis & motivator muda Bojonegoro yang multitalenta, yang berhasil membuat craft daur ulang menjadi barang bernilai tinggi. 

Selama ini beliau yang sering memotivasi & memberikan inspirasi dalam bidang crafting & bisnis.
9.Selain glass painting, kamu juga menekuni bidang apa aja?

Karna hobi yang banyak, jadi selain Glass Painting ini juga bikin Clutch & Tas Decoupage, belajar merajut (udah dapet 2 kantong hp. Hehe), & eksperimen melukis kain. 

Selain craft, aku juga berbisnis makanan kecil bernama MINI SumoZ..dimana Coklat Kopi menjadi salah satu produk favorite nya.  😉

10. Cokelat Kopi??!! That looks super-delicious! Saya HARUS COBA, kayaknya…hehe

Oke, itulah tadi sesi wawancara ChitChat with crafter (#3C) edisi perdana tentang glass painting.
Bagi yang ingin tahu lebih detil tentang crafter satu ini silahkan kepoin di media sosialnya di:

Facebook: restya mochtar| Instagram: @rrezt & @minisumoz_diy| Line: minisumoz_id

Semoga bisa menginspirasi sobat shenisa semua : )
Happy crafting

Nisa

—-
Well, saya cukup terbuka dengan para crafter yang ingin diwawancara untuk berbagi ilmu dan pengetahuan seputar craft. Saya akan mempublish-nya di blog ini gratis. Hitung-hitung buat mendukung crafter dan promosi UKM dalam negeri.

Apa saja bidangnya? Ya…banyak. Mulai sewing, crochet, knitting, decoupage, scrapbooking, quilt, wire craft, clay, …hmmmm, ngga bisa disebut satu-satu deh kayaknya. 

Kamu salah satunya? Jangan ragu, hubungi saya via contact.

Posted on 2 Comments

Inspirasi Tas Kulit Vintage untuk Wanita: Unik, Handmade, Asli Indonesia

Saya termasuk penggemar tas vintage handmade, karena itulah tiap lihat produk dari kulit dengan style jadoel gitu rasanya seneng banget. Pengen punya.
Nah, berhubung kemarin lagi jalan-jalan ke situs marketplace untuk handmade Indonesia (namanya Qlapa, lucu ya?) saya jadi kepikiran buat nge-list tas kulit vintage untuk perempuan yang sekiranya bisa nunjukin kepribadian yang casual, classy, dan tetep bercita rasa 90s gitu deh. 
Yah, sekedar buat inspirasi aja sih.
Dari galeri situs Qlapa, saya lihat tas-tasnya bagus-bagus banget. Ada yang dibuat dari kulit sapi asli, ada yang sintetis. Biasanya yang kulit asli lebih mahal, bisa sampe jutaan harganya. Kalo yang sintetis lebih terjangkau untuk kalangan yang masih sekolah atau kuliah. Very affordable yet so cool.
Inilah beberapa model tas yang saya suka:
#1. Tas Kulit Polos by Adib Craft (Jogja, DIY)
  • Material kulit sintetis
  • Desain simpel dan feminin

 #2. Sentanu Messenger Bag by Adisher Leather (Jakarta Barat, DKI Jakarta)

  • Bahan kulit sapi asli
  • Inner dari kain motif batik parang
  • Unisex 

 #3. Killen Hobo Sling Vintage by New Brand Colony (Bandung, Jawa Barat)

  • Nggak terlalu vintage sih, tapi modelnya keren… >,<
  • Bahan kulit imitasi kualitas bagus
  • Cocok untuk aktivitas harian yang nggak berat

#4. Tas Wanita Vintage by Coruscate Leather Bag (Semarang, Jawa Tengah)

  • Bahan kulit sapi dan dijahit tangan
  • Model simpel dan feminin

 #5. Semeru- Postman Bag by Kecapung (Jakarta Utara, DKI Jakarta)

  • Bahan kulit sapi 
  • Bentuk vertikal
  • Terdapat garansi perbaikan

#6. Duke City Messenger by Noble (Bekasi, Jawa Barat)

  • Bahan kulit sintetis import
  • Desain classy dan vintage
  • Mirip kulit asli, waterproof, lebih ringan

#7. Tas Kulit Pouch Vintage by Saheka Leather (Jogja, DIY)

  • Bahan kulit asli full (pull up)
  • Tali bisa diatur panjang-pendek, dipasang maupun dilepas.

#8. Leather Bag by Tasques (Bandung, Jawa Barat)

 
  • Bahan kulit sapi floter grade A
  • Tekstur tas seperti kulit jeruk
  • kokoh dan awet

#9. Selempang by Ataro Leather (Jogja, DIY)

  • Dari kulit nabati dan tekstur kaku
  • Dilapisi bludru untuk bagian dalam
  • Feminin dan stylish

#10. Vintage Leather Messenger Bag by Visser (Depok, Jawa Barat)

  • Semua dari bahan kulit asli (pull up)
  • Dilapisi suede untuk inner
  • Dilapisi busa empuk di bagian dalam

Semua produk handmade biasanya unik dan personal. Tak terkecuali dengan produk yang mejeng di showcase-nya website Qlapa ini.
Untuk pemesanan, sebagian tas vintage handmade ini bisa langsung dibeli online, dan sebagian lagi harus pre-order dulu.
Nah, buat kamu pecinta handmade vintage stuff, mungkin di antara kamu ada yang tertarik untuk memiliki salah satu dari karya buatan crafter asli Indonesia ini. So, langsung aja kunjungi situs Qlapa ya, pilih yang kamu suka.
Kalau saya sih gara-gara lihat banyak yang saya suka, jadi bingung sendiri mau pilih yang mana. Semuanya bagus-bagus, ih! Love. Love. Love
Happy Window-shopping!
-nisa
All images are from Qlapa
Posted on 4 Comments

10 Ide Hantaran, Seserahan, Peningset Pernikahan

Beberapa hari lalu kakakku request, dia sedang mencari inspirasi untuk bikin hantaran pernikahan yang kekinian. Kakakku ini emang punya bisnis kecil-kecilan, nerima jasa bikin wedding souvenir dan hantaran pernikahan (orang sini bilangnya seserahan atau peningset).

Yah, sebenarnya kakak sendiri udah punya buku tutorial kerajinan untuk menghias kotak hantaran. Sayangnya itu desain-desain di buku udah kelewat old skul, alias jadoel. Jadi demi menyesuaikan selera pasar yang bergeser ke tren terbaru mau tak mau harus berubah. Realistis aja toh, nggak banyak kostumer yang mau order desain hantaran yang kelewat jadoel. Lha kalo nggak beradaptasi dengan kondisi ini gimana usaha mau jalan?

Browsing-browsing akhirnya nemu banyak ide keren tentang hantaran seserahan pernikahan. Mungkin banyak juga sebenarnya yang butuh ide ini, bukan cuma kakakku doang. Akhirnya aku putuskan untuk sekalian mempostingnya di blog ini.

Nah, bagi yang mau menikah atau yang lagi punya bisnis jasa bikin hantaran seserahan peningset pernikahan, bolehlah mencari inspirasi kreasi-kreasi ini.

Oh ya, perlu dicatat. Gambar-gambar ini bukan milikku pribadi. Aku cantumkan link di mana aku mendapatkannya.

10 Ide Hantaran, Seserahan, Peningset Pernikahan

 

1. Boks Unik

Menempatkan hadiah seserahan dalam boks kayu yang diukir atau bermotif bisa memberi kesan eksklusif.

sumber

2. Mix and Match

Perpaduan yang serasi sesuai tema wedding party bisa menjadi ide dasar untuk membuat hantaran yang cantik

sumber


3. Wadah/ Tray Unik

Membuat hantaran tidak melulu musti dalam boks kotak. Coba pakai wadah yang unik dan tidak biasa. Seperti, tray, nampan, keranjang, atau sangkar burung.

sumber

4. Pilih Bunga yang Tepat

Agar tidak terlihat norak. Pilih yang sesuai.

sumber

5. Seserahan untuk Pria.

Biasanya ada tradisi mengembalikan lamaran. Ini bisa jadi ide untuk menghias seserahan bagi pengantin pria.

sumber

6. Warna Pastel: Yes yes yes!

Untuk pernikahan, warna pastel yang soft dan netral bisa menjadi alternatif sepanjang masa. Timeless…yet elegant.

sumber

7. Komposisi dan Pengaturan

Menyusun beragam produk untuk seserahan nggak perlu tumplek blek semua jadi. Coba deh sesekali bikin yang komposisinya ringan, minimalis, dan diatur sesuai kreativitas. Seperti gambar ini, misalnya kosmetik diletakkan dalam posisi “tidur”, nggak mesti harus tegak kan? Hasilnya tetep keren pastinya.

 

8. Al Quran

Salah satu ide hantaran berisi quran.

sumber

9. Nuansa Tradisional

Memakai tampah anyaman untuk pengganti boks? Why not! Kereen banget hasilnya.

 

sumber

10. Shabby chic

Masih digemari tema shabby chic hingga kini.

sumber

Intinya sih kita boleh aja terinspirasi dengan karya orang lain. Tapi tetap kita berkarya dengan kerja keras sendiri disertai dengan kreativitas untuk membuat karya yang khas kita banget. Prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi) bisa dilakukan agar kita nggak plagiat dengan karya orang lain. Just be creative person…oke.

Happy crafting

Nisa

 

Artikel lain:

Undangan Pernikahan Unik Bali

Posted on 9 Comments

Inspirasi: Karya Rajutan Yarn Bombing Street Art yang Wow

Ada saja cara seniman rajut mengekspresikan karya seni di ruang publik. Salah satu yang selalu membuatku takjub adalah karya-karya rajutan yang dipajang di jalanan, di trotoar, pedestrian, taman, pertokoan, bahkan di kendaraan, terlihat sangat unik dan “wow”.

sepeda impian
credit: pinterest

Apalagi kalau yang dijadikan objek seni itu benda-benda yang sangat besar dan permanen. Memangnya bisa merajut benda-benda seperti sepeda, mobil, telepon umum, pagar, rumah, lubang di jalan, bahkan pohon?

Tidak ada yang tidak mungkin, itulah jawabannya. Kalau kamu pernah dengar Yarn Bombing Street Art (guerrilla art… whatever), mungkin kamu tidak akan heran. Memang ada kok, art street seperti. Di Indonesia juga ada.

Yarn Bombing di Jakarta  Indonesia
credit: Rajut Kejut

Yarn Bombing sendiri merupakan salah satu street art yang menampilkan seni menghias ruang publik dengan rajutan. Tekniknya bisa knit bisa crochet, tergantung perajutnya. Meski berukuran besar, karya seni semacam ini biasanya dilakukan secara bertahap untuk bisa secara keseluruhan membalut objek-objek yang ada.

Tidak seperti street art yang lain seperti grafitti yang relatif susah untuk dihilangkan. Artinya yarn bomb bukanlah karya yang permanen. Bila rusak atau dianggap tidak tepat, rajutan dari yarn bomb ini bisa dilepas.

Kalau ditanya, apa sih menariknya merajut benda-benda di ruang publik atau ruang privat seperti itu? Buat apa, sih? Jawabannya ya bisa macam-macam. Ada yang memang ingin bereksperimen, ada yang bilang ya…sekedar iseng aja, ada yang memang punya tujuan atau misi khusus (biasanya untuk persoalan sosial, kemanusiaan, reklamasi), dan macam-macam alasan lain.

Kebanyakan dari para seniman suka membuat karya yang unik semacam ini karena mereka mendapat banyak komentar dan tanggapan positif dari orang-orang yang melihatnya. Saat mereka menuangkan inspirasi rajutan di ruang terbuka, banyak orang sekedar berhenti dari kendaraan untuk mengamati dan memberikan komentar positif untuk hasil karya mereka. Dukungan yang mengalir bisa membuat para seniman itu semakin bersemangat untuk membuat instalasi karya ruang publik dan street art dengan lebih baik lagi. Bahkan hal ini juga bisa mendongkrak popularitas mereka dengan adanya liputan khusus di media massa. Diliput TV, koran, website, social media, di mana pun karya mereka bisa membuat orang berbondong-bondong datang untuk melihatnya.

Aku sendiri sih, belum pernah ikutan Yarn Bomb, walaupun di Indonesia juga ada. seperti yang sering dilakukan oleh komunitas RajutKejut.

Yarn bomb di Indonesia oleh Rajut Kejut di kawasan Museum Nasional, dan Bundaran HI.

Sementara itu di luar negeri aksi merajut di ruang publik ini sudah booming sejak beberapa tahun lalu. Menurut sumber di Wikipedia, yarn bombing juga disebut yarn storming, guerrilla knitting, kniffity,. urban knitting, atau grafitti knitting.

Sejarahnya bermula dari seorang pengrajin rajutan, Magda Sayeg dari Houston USA, yang ingin memanfaatkan benang-benang sisanya dan juga rajutan yang tak selesai (unfinished product) menjadi sesuatu yang berguna.

Pada akhirnya yarn bombing pun merebak hingga ke seluruh dunia. Semua pengrajin ikut meramaikan aksi membungkus dengan rajutan untuk membuat kursi taman, kendaraan, dan tempat-tempat lainnya.

Berikut ini foto-foto yarn bombing di seluruh dunia. Inspiratif banget ya… ^ ^

Inspirasi: Karya Rajutan Yarn Bombing Street Art yang Wow

Seperti mainan ya?
Bangku taman
Belanda, 2011
Lidköping, Swedia, Juli 2013
Jendela makin cantik
Di jembatan pun ada
Madrid, 2011
Pagar berduri pun harus keren
Kalau ini personal project, tapi tetap bisa dinikmati orang-orang
Boks Surat
Mobil

Bus
di Jerman, 2013
Retakan jalan pun dirajut

Patung air mancur
Andy Warhol Bridge di Pittsburgh

Nah, kalau kamu punya kemampuan merajut entah itu crochet atau knit, kamu bisa dong mencoba berkarya dengan sesuatu yang beda, unik, dan luar biasa?

sumber:
http://www.buzzfeed.com/melismashable/25-amazing-yarn-bombs#.ph9bx7yOR
http://blogs.wsj.com/indonesiarealtime/2014/08/26/jakarta-benches-get-yarn-bombed/
http://mashable.com/2013/07/23/crazy-yarn-bombs/
https://streetcolor.wordpress.com/2012/09/20/yarnbombing-after-a-landslide-brienno-lake-como-italy/
http://www.flickr.com/photos/39380641@N03/3900730509/in/photostream
http://www.buzzfeed.com/alannaokun/yarn-bombing-rocks?sub=2053167_934489#.jfPM6yL3O
http://www.justbehappylife.com/2012/09/mailbox-yarn-bombing.html

http://knithacker.com/2011/03/24/mail-box-spotted-at-the-university-of-washington/?utm_source=feedburner&utm_medium=feed&utm_campaign=Feed:+Knithacker+(KnitHacker)
http://en.wikipedia.org/wiki/Yarn_bombing
Posted on 2 Comments

Merajut Membantu Menekan Stres bagi Tahanan Perempuan di Amerika Serikat

Sejak belajar crochet dari beberapa tahun lalu, saya mendapat banyak manfaat positif dari aktivitas merajut. Crochet sangat bagus untuk melatih kemampuan berhitung, mendesain dengan struktur yang rapi, melatih otak untuk tetap fokus, meningkatkan kreativitas (misalnya, dalam memadukan warna dan motif), hingga kemampuan untuk bersabar.Merajut mengoptimalkan kinerja otak melalui koordinasi yang sinkron antara tangan dengan mata. Bahkan dalam keadaan terdesak, merajut bisa menjadi solusi mendapatkan serpihan rupiah guna menjaga agar asap dapur tetap ngebul.

credit
Sebenarnya inti dari postingan kali ini bukan semata-mata tentang manfaat merajut. Namun lebih pada kemampuannya untuk terapi psikologis. Semua berawal dari sebuah artikel yang saya baca di sini.
Menarik sekali ketika di negara lain, merajut ternyata digunakan untuk membantu orang dalam mengatasi masalah-masalah psikis bahkan menjadi program khusus untuk para napi.Seperti di sejumlah penjara di Amerika Serikat, program merajut menjadi bagian dari aktivitas yang bisa dipilih oleh narapidana. Para napi akan diajari crochet atau knit dan hasil karyanya akan disumbangkan di komunitas tertentu yang membutuhkan.

Salah satu program yang dianggap sukses membantu para napi adalah program crochet di Snyder County Prison, Pennsylvania. Program ini dilatarbelakangi dengan keinginan untuk membuat para napi tetap produktif dan sibuk tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Bahkan di penjara ini para tahanan perempuan  bisa menjadi guru rajut bagi tahanan lainnya.
Material seperti benang dan hakpen diperoleh dari sumbangan masyarakat. Lalu mereka pun bersama-sama merajut dan saling membantu untuk menghasilkan karya-karya cantik seperti selimut, topi, dan item-item lain untuk disalurkan kembali kepada masyarakat seperti rumah sakit, panti asuhan atau panti jompo.Program ini laris manis dan banyak menarik  minat para tahanan. Bukan hanya perempuan saja, malah para napi laki-laki juga ikut bergabung dalam program ini lho.

Menurut laporan riset, aktivitas ini bukan hanya berhasil menekan biaya untuk terapi kesehatan jiwa kaum hawa di Snyder County, malah tindak kekerasan verbal antar napi perempuan di penjara tersebut berkurang drastis dengan diluncurkannya program ini.
foto

Selain itu mereka bisa menyibukkan diri dengan berkarya, menjadi lebih produktif, lebih sabar dan tenang dalam mengatasi masalah-masalah psikis. Para napi pun bisa rukun satu sama lain karena energi mereka dialihkan untuk kegiatan merajut ini.

Program merajut di Snyder County banyak diminati para tahanan karena:
  • Merajut (terutama crochet di sini) bisa menjadi cara yang positif untuk menghabiskan waktu luang di dalam penjara.
  • Para tahanan merasa senang jika bisa berbagi pada orang lain yang membuat mereka merasa nyaman.
  • Merajut dengan sesama tahanan wanita lain memberikan perasaan tenang dengan kontak sosial yang terjadi antara mereka.
  • Kegiatan itu mengingatkan mereka dengan aktivitas merajut bersama keluarga yang saat ini tidak bisa mereka lihat di dalam penjara.
  • Merajut secara efektif bisa bermanfaat untuk kesehatan mental (misalnya, stres).
Riset yang dilakukan di Snyder County akhirnya semakin membuka mata saya bahwa  merajut bisa menjadi solusi masalah-masalah kejiwaan. Merajut ternyata bisa menjadi semacam terapi untuk membuat orang kembali melakukan hal-hal yang lebih positif dan bermanfaat untuk sekitar, meskipun hanya membuat satu-dua topi kecil untuk bayi kecil di panti asuhan.
Merajut bisa meredakan stres, membuat otak tetap fokus dan senantiasa berpikir, dan bahkan bisa juga untuk menaikkan self esteem atau kepercayaan diri.

Saat seorang perajut berhasil membuat karya, orang lain yang melihatnya biasanya akan memberikan feedback. Begitupun saat melihat karya orang lain yang jauh lebih bagus, biasanya akan timbul keinginan untuk memperbaiki kualitas diri untuk membuat karya rajutan yang terbaik.

Jadi, sudahkah Anda belajar merajut? Atau mendapatkan manfaat nyata dari merajut? Sampaikan opini di kolom komentar ya, ^ ^
Let’s crochet more and more
sumber:

Snyder County Prison Crochet Program Succeeds

Prisoners Crochet


http://www.dailyitem.com/news/snyder-county-inmates-make-afghans/article_b79c7898-2dc2-5510-a484-5a28817cc5c6.html