geek
Masa Pandemi, Saatnya Belajar Peluang Bisnis Baru

Masa Pandemi, Saatnya Belajar Peluang Bisnis Baru

Pandemi yang berlangsung sekian lama ini, membuat hidup banyak orang telah berubah. Dari yang dulu biasa nongkrong bareng, sekarang cuma bisa nongkrong dengan conference call. Yang biasa ngantor, bisa full WFH.

Tentu bagi yang terdampak harus memutar otak lebih keras untuk mencari pemasukan lainnya. Saya selalu ingat kata ayah, “jangan mengandalkan rezeki dari satu kran saja”.

Inilah yang terjadi sekarang. Banyak orang berbondong-bondong sekaligus mencari peluang bisnis baru untuk menyambung hidup.

Cari Ide Usaha Baru untuk Tambahan Pemasukan

Dorongan untuk mencari peluang bisnis baru, ada kesulitan lainnya yaitu tidak bisa bebas pergi ke mana-mana karena pandemi. Solusinya, cari saja peluang bisnis via online.

Di Indonesia ini sudah banyak website atau blog yang membahas tentang peluang bisnis, bahkan bagi yang kurang suka membaca, banyak sumber tersedia secara audio-visual di YouTube. Jika diamati, ide bisnis yang lumayan laris ternyata masih berkaitan dengan hobi. Misalnya, beberapa bulan terakhir ini, tiba-tiba ikan cupang menjadi viral, tanaman hias dalam pot kecil nge-hits, urban farming, bahkan baking class pun marak di internet.

Hampir semuanya bisnis ini bisa dipelajari lewat online, baik gratis maupun berbayar. Pengalaman saya sendiri selama pandemi ini, semakin rajin mencari online course di internet. Ubek-ubek skillshare, Udemy, bahkan YouTube untuk belajar bidang yang saya sukai. Nggak cuma skill profesional saja (saya remote writer), tetapi juga hobi yang bisa menambah pemasukan. Alhasil dalam 6 bulan, saya bisa belajar banyak hal, mulai dari; hidroponik, food preparation, baking, craft, graphic design, hingga Bahasa Inggris.

Belajar online sangat potensial untuk membantu meningkatkan skill, sekaligus juga membantu menghemat pengeluaran dan menambah pemasukan. Menurut prinsip saya, ketimbang kuota habis buat lihat konten yang alay dan minim faedah, kenapa nggak dimanfaatkan untuk hal-hal berguna?

Online Terus, Kuota Meringis

Saya paham bahwa perjuangan membutuhkan pengorbanan, sama dengan online terus membutuhkan kuota. Banyak dari kita yang mengandalkan online dari paket internet operator seluler, mereka inilah para operator seluler menjadi salah satu bidang bisnis yang justru mengalami kenaikan signifikan. 

Ada beberapa faktor menurut saya penting ketika memilih internet dari operator seluler:

  1. Harga. Bagi saya ini adalah faktor utama ketika memilih operator seluler untuk internet. Masa pandemi ini membuat semuanya serba sulit sehingga perbedaan harga sekecil apapun akan membawa pengaruh. 
  2. Kuota Internet. Indonesia ini termasuk negara yang biaya internetnya termasuk mahal. Aktivitas online masih dibatasi oleh banyaknya kuota, jadi siapapun provider yang menawarkan harga murah dan kuota banyak, niscaya mereka akan jadi perhatian. 
  3. Kekuatan Sinyal. Ini faktor tak kalah penting. Sinyal yang lemah akan mengganggu proses mencari peluang bisnis baru. Belum lagi kita butuh untuk streaming, men-download materi, dan sebagainya. Apalagi penggunaan internet yang latency-sensitive; seperti streaming, akan menjadi gangguan utama bila sinyal tidak kuat.

Provider yang cocok dengan tiga kriteria di atas sangatlah pantas menjadi provider impian.

Jadi Lebih dengan Dunia Tri, One-stop Service Layanan Internet

Di Indonesia sebenarnya telah ada provider yang masuk tiga kriteria sekaligus. 3, lewat inisiasi barunya Dunia Tri, menawarkan berbagai fitur yang sangat dibutuhkan banyak orang. Contohnya, paket Kuota Unlimited, menyelamatkan pengguna yang overuse pemakaian kuota, tetap bisa online tidak perlu terlalu khawatir dengan kehabisan kuota lagi.

Inovasi baru dari 3 Indonesia lainnya, seperti:

AlwaysOn, internetan sepuasnya tanpa takut kuota hangus. 3 adalah provider pertama di Indonesia yang berani memberi kuota tanpa expiration date.

♦  bima+, adalah aplikasi untuk mendukung lifestyle-mu. Berbagai konten hiburan ada disana, dijamin tidak bikin bosan.

♦  Bima Agent, sembari menikmati keseruan Dunia Tri, kamu bisa berbisnis lho dengan kirim pulsa maupun data ke temanmu.

♦  BonsTri, program loyalty reward yang tentunya sangat menguntungkan bagi pengguna kartu 3. Poin-poin yang terkumpul bisa ditukar dengan hadiah menarik.

♦  KeepOn, paket komplit untuk mendukung aktivitas sehari-harimu, mulai dari telepon dan SMS, bahkan beberapa kanal hiburan streaming juga masuk dalam paket bundling ini, lebih simpel.

♦  H3RO, jaringan prioritas bagi kamu yang hobi mobile gaming.

Guna mendukung ekosistem baru Dunia Tri, 3 Indonesia juga menambah banyak instalasi tower di berbagai tempat di Indonesia, menjadikannya provider dengan cakupan yang sangat luas. Kekuatan network 3 menjadi 4,5G Pro, berpotensi menjadi yang terbaik di kelasnya.

Dunia digital sudah menjadi bagian dari hidup kita. Aktivitas online telah menjadi nafas kita. Kelancaran aktivitas online didukung oleh operator seluler yang berkualitas. Ayo tinggalkan dunia lama dan gabung dengan Dunia Tri!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *