geek
Ingin Otomatisasi Proses HR? Yuk, Kenalan dengan HRIS!

Ingin Otomatisasi Proses HR? Yuk, Kenalan dengan HRIS!

Perkembangan teknologi membuat banyak perusahaan untuk mengimplementasikan produk digital dalam perusahaan. Digitalisasi pun menjadi hal yang tak terelakkan jika perusahaan ingin menambah efektifitas dan efisiensi kerja. HRIS adalah salah satu produk digital yang dapat perusahaan gunakan dalam efektifitas kinerja. Simak ulasan di bawah ini!

Apa itu HRIS?

HRIS adalah kepanjangan dari Human Resource Information System, yaitu adalah sebuah sistem yang dapat menyimpan, mengolah, dan melacak segala informasi yang diperlukan dalam pengelolaan karyawan di divisi HR. HRIS umumnya berbasis web sehingga HRD dapat mengakses informasi dan data karyawan di mana saja dan kapan saja semalam masih terkoneksi dengan internet.

Tujuan dari implementasi HRIS adalah mendukung kegiatan dan kinerja HRD agar pengelolaan karyawan dapat dilakukan lebih baik dari cara manual.  Ketika kinerja HRD lebih efektif dan efisien, maka HRD bisa lebih fokus untuk mengerjakan hal lain yang bersifat strategis untuk mengembangkan kinerja karyawan. Dengan begitu, pengembangan karyawan pun dapat didukung dengan baik.

Baca juga: Attendance Software: Solusi Kelola Kehadiran Karyawan

Apa Saja Keuntungan HRIS

Implementasi dari HRIS dapat memberikan beberapa keuntungan bagi HRD dan karyawan itu sendiri. Akibatnya, secara tidak langsung lingkungan kerja yang positif akan tercipta dan berpengaruh terhadap meningkatnya operasional perusahaan. Apa saja sih keuntungan dari HRIS?

  1. Otomatisasi proses administrasi HR
  2. Mempermudah pengelolaan kinerja karyawan
  3. Mempercepat proses rekrutmen
  4. Mengurangi human error
  5. Fleksibilitas akses
  6. Keamanan dan kerahasiaan data karyawan
  7. Terintegrasi dengan berbagai sistem, salah satunya dengan  attendance software
  8. Efektifitas dan efisiensi kinerja tim HRD
  9. Hemat waktu dan biaya
  10. Penyimpanan data dan informasi secara terpusat

Kapan Perusahaan Anda Butuh HRIS?

Semakin bertambahnya jumlah karyawan menandakan bahwa perusahaan semakin berkembang. Berarti tanggung jawab dan tugas HRD pun semakin banyak. Padahal jumlah tim HRD cenderung sedikit dibandingkan dengan jumlah karyawan dalam suatu perusahaan. Ini menandakan bahwa HRD tubuh bantuan sistem yang lebih baik untuk mengelola karyawan keseluruhan. Di bawah ini adalah tanda-tanda jika perusahaan Anda butuh HRIS:

  1. Sering terjadi human error
  2. Gajian terlambat
  3. Penilaian kinerja tidak akurat
  4. Sering terjadi kebocoran data karyawan
  5. Kepuasan kinerja menurun

Jika salah satu poin di atas dialami oleh perusahaan Anda, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan menggunakan HRIS di perusahaan.

Implementasi HRIS dengan LinovHR

Tidak semua perusahaan mampu mengembangkan HRIS secara mandiri, mengingat terbatasnya kemampuan dan keterampilan karyawan. LinovHR dapat membantu perusahaan dalam mengelola karyawan yang lebih efektif dan efisien. Pengalaman dalam membantu banyak client membuat LinovHR dipercaya sebagai salah satu vendor terbaik yang menyediakan HRIS untuk berbagai jenis perusahaan.

HRIS dari LinovHR mempunyai tampilan yang mudah dipahami sehingga memudahkan HRD untuk beradaptasi dengan penggunaan sistem. Tunggu apa lagi? Segera hubungi LinovHR untuk mendapatkan demo gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *