travel
5 Aplikasi yang Berguna Saat Traveling

5 Aplikasi yang Berguna Saat Traveling

Teknologi semakin memudahkan hidup kita, tak terkecuali saat melakukan perjalanan. Baik saat merencanakan liburan maupun ketika sedang dalam perjalanan, powerbank dan ponsel dengan beberapa aplikasi sangat membantu para traveler. Saat ini, apa pun yang Anda butuhkan saat bepergian, ada aplikasi untuk itu.

Aplikasi-aplikasi itu tak hanya menjadi sumber inspirasi, tetapi juga sangat berguna untuk memesan penerbangan, akomodasi, transportasi, bahkan logistik. Ada pula aplikasi yang berfungsi sebagai buku panduan atau kamus bahasa asing yang Anda butuhkan.

Nah, berikut ini beberapa aplikasi yang dapat membantu memastikan perjalanan Anda berlangsung dengan lancar.

1.   Skyscanner

Skyscanner adalah metode yang bagus untuk menemukan penerbangan murah. Aplikasi ini menelusuri jutaan penerbangan yang ada di lebih dari 1.200 sumber, kemudian memberi Anda opsi terbaik yang tersedia. Anda bisa memilih rute termurah atau rute termudah.

Dengan tampilan bagan yang praktis, Anda bisa membandingkan dan menemukan hari atau bulan termurah untuk terbang ke tujuan Anda. Tak hanya membantu Anda menemukan harga tiket pesawat terbaik, aplikasi ini juga memberitahu Anda saat harga turun.

Karena itu, aplikasi ini bisa membantu Anda menemukan “tujuan tak terduga”, hanya dengan menyusun urutan berdasarkan anggaran dan lamanya waktu perjalanan Anda. Misalnya, tadinya Anda berpikir untuk terbang ke Eropa, tetapi tarifnya di luar kisaran harga Anda. Fitur Skyscanner bisa mengirimkan pemberitahuan saat perjalanan itu mengalami perubahan harga.

2.   TripAdvisor

Aplikasi ini dapat diandalkan untuk menemukan rekomendasi. TripAdvisor memiliki lebih dari 700 juta ulasan yang membahas 8 juta tujuan. Sebelum memutuskan untuk memesan hotel, reservasi makan malam, atau merencanakan kegiatan di tempat wisata tertentu, Anda bisa membaca ulasan dengan teliti, bahkan menemukan beberapa tips agar rencana Anda berjalan lancar.

Anda juga bisa mengikuti teman dan orang-orang yang berpengalaman dalam hal traveling untuk melihat video perjalanan, mendapatkan saran-saran yang sesuai dengan minat Anda, atau membaca artikel perjalanan untuk mendapatkan inspirasi. Jika Anda bersedia, Anda juga bisa menulis ulasan sendiri.

3.   AirBnB

AirBnB memungkinkan Anda menyewa kamar, apartemen, atau seluruh rumah dari penduduk lokal. Platform ini tadinya berada di antara kelas hostel dan hotel. Namun kini, Airbnb telah mengakuisisi HotelTonight, sehingga Anda juga dapat memilih kamar hotel dengan terjangkau.

Anda perlu memasukkan tanggal dan mengisi tujuan. Lalu, Anda dapat memilih akomodasi dengan melihat seluruh hasil pencarian, lengkap dengan harganya, jenis akomodasi, juga fasilitas yang Anda perlukan. Setelah menemukan tempat yang Anda suka, Anda bisa memesan langsung melalui aplikasi. Cara seperti ini sangat memudahkan Anda saat dalam perjalanan.

Di aplikasi, Anda bisa mengakses semua pemesanan Anda, melihat reservasi disertai alamat atau petunjuk arah, mengubah pemesanan, atau menghubungi pemilik rumah. Anda juga bisa mencari wisata bertema tertentu di tujuan Anda, misalnya mencicipi anggur, melihat konser atau pertunjukan, tur kayak, hiking, dan sebagainya.

4.   Transportasi online

Di tempat asing yang tidak Anda ketahui bahasa, tulisan, atau tata kotanya, aplikasi transportasi online sangatlah penting. Berbeda dengan taksi konvensional, transportasi online memberi Anda kenyamanan karena Anda tahu terlebih dahulu tarif yang harus Anda bayar. Jadi, Anda tak perlu khawatir dengan risiko terjadinya penipuan.

Data pengemudi dan fitur pelacak lokasi kendaraan juga menjadi kelebihan aplikasi ini sehingga menambah rasa aman di perjalanan. Selain itu, Anda tidak perlu repot bertransaksi dengan mata uang yang masih terasa asing atau menukar dengan uang lokal.

Meski tidak tahu jalan, Anda cukup memasukkan lokasi penjemputan dan pengantaran, lalu memilih opsi perjalanan Anda. Aplikasi akan mencarikan pengemudi yang bisa menjemput sesuai permintaan Anda dan mengantar Anda ke tujuan.

5.   Google Translate

Menanyakan arah, menawar harga, atau berkomunikasi dengan orang lain akan sulit dilakukan di tempat asing dengan bahasa yang belum Anda kenal. Anda bahkan merasa seperti orang yang buta huruf ketika melihat tulisan dengan huruf-huruf yang asing.

Nah, untuk membantu Anda, Google Translate mampu menerjemahkan perkataan Anda ke dalam 103 bahasa. Anda bisa mengetik dan mengakses hampir 60 bahasa secara offline. Aplikasi ini bahkan bisa menerjemahkan tulisan tangan. Jadi, Anda tak perlu mengetik, tetapi hanya menggunakan gambar teks saja.

Terjemahan kamera tersedia dalam 37 bahasa. Anda tinggal mengarahkan kamera untuk memotret dan mendapatkan terjemahan instan. Google Translate juga menawarkan terjemahan ucapan instan dua arah yang tersedia dalam 32 bahasa. Google Translate mudah digunakan, dengan ikon di bagian atas yang dapat Anda klik untuk mengambil foto, menggambar, mengetik, atau berbicara.

Nah, itulah beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda menjelajahi kota atau negara baru. Mengingat pentingnya ponsel Anda yang berisi aplikasi-aplikasi tersebut, sebaiknya Anda tidak lupa untuk membawa powerbank. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir ponsel Anda akan kehabisan baterai di perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *