tips tutorial merajut
Anatomi, Fungsi, dan Konversi Ukuran Hakpen US, UK, Jepang

Anatomi, Fungsi, dan Konversi Ukuran Hakpen US, UK, Jepang

Mengapa hakpen berbentuk meruncing? Mengapa ada ujung point yang membulat dan ada yang runcing? Kenali bagian-bagian anatomi, ukuran hakpen, dan fungsi dari setiap lekukan jarum crochetmu. Hal ini akan sangat membantu untuk membeli hakpen yang paling sesuai dengan preferensi.

Mengenal Anatomi Jarum Crochet (Hakpen/Hakken/Hook)

anatomi hakpen jarum crochet rajut

Jarum crochet atau hakpen yang biasa dipakai merenda memiliki desain ujung yang melengkung untuk mengait benang. Tepat di bagian bawah pengait terdapat leher hakpen yang mengecil (bowl atau groove), lalu di bawahnya lagi merupakan bagian yang menentukan besar-kecilnya lubang stitch yang dihasilkan (throat). Setelah itu, terdapat bagian untuk jempol tangan yang berfungsi memudahkan kita mengarahkan hakpen ke titik yang dituju (thumb rest). Terakhir ada gagang atau handel sebagai pegangan.

Baca juga: 10 Tusuk Crochet untuk Hasil Rajutan yang Eksklusif dan Elegan, yang Mana Favoritmu?

Fungsi Bagian-Bagian Anatomi Hakpen

1.Head : Terdiri dari beberapa bagian, yakni:

Point : ujung kepala hakpen yang fungsinya untuk menusuk stitch yang dituju. Point ada yang ujungnya halus membulat, dan ada yang tajam meruncing. Ujung point yang tajam bisa memecah pilinan benang, sehingga tidak direkomendasikan untuk kamu yang memakai benang yang mudah terurai pilinannya (misalnya, benang poliester/polycherry, atau katun lokal). Sementara ujung point yang tumpul relatif aman untuk segala jenis benang.

Lip : bagian yang berfungsi menangkap benang sewaktu merajut. Sebagian jarum yang dijual di pasaran ada yang ujungnya lancip dan ada yang tumpul/membulat.

Bowl/Groove: cekungan di bawah kepala hakpen yang fungsinya untuk menarik dan mengumpulkan benang. Sebagian jarum di pasaran ada yang cekungannya dalam dan ada pula yang cekungannya dangkal/pendek. Jika bowl/groove-nya pendek, biasanya akan menyebabkan benang terlepas dengan mudah. Namun, jika kamu memakai yang bowl/groove-nya terlalu dalam, bisa menyebabkan proses merajut lebih lama karena ada kemungkinan benang tersangkut.

Throat : bagian ini terletak di bagian working area yang fungsinya untuk membantu memperjelas posisi loop yang akan dirajut. Bagian ini juga menentukan konsisten atau tidak-nya lebar gauge yang dihasilkan. Ada 2 jenis throat, yakni yang memiliki lebar sama dengan kepala hakpen (inline throat) dan melebar (tapered throat). Versi inline berbentuk sama lebarnya antara ujung kepala hakpen dan leher hakpen, sehingga membantu menghasilkan gauge yang konsisten (cocok untuk kamu yang sering merajut rapat-rapat) sehingga menghasilkan stitch ukuran lebar yang mudah dirajut. Sementara versi tapered berbentuk kecil di bagian head dan throat, lalu makin membesar ke bawah batang hakpen .

Shaft: bagian batang di bawah leher hakpen yang berperan menentukan besar-kecilnya lubang stitch yang dihasilkan. Sebagian ada yang berbentuk lurus (straight), sebagian lagi ada yang bentuknya melebar (tapered).

Thumb rest: tempat meletakkan jempol tangan. Bagian ini cukup penting bagi sebagian perajut, karena membantu proses mengait hakpen dengan nyaman dan tak mudah lelah. Namun sebagian jarum juga ada yang tidak memiliki bagian ini. Jika kamu merasa bagian ini penting, kamu bisa mengecek sebelum membeli hakpen.

Handle: Bagian ini untuk memegang hakpen saat merajut. Sebagian hakpen memiliki handle yang nyaman karena didesain ergonomis untuk memudahkan merajut, tentunya hakpen dengan gagang spesial memiliki harga lebih mahal dibandingkan gagang biasa atau hakpen tanpa gagang.

Ukuran Hakpen dan Penomoran Jarum Rajut

Nomor ukuran hakpen terdiri dari beberapa versi. Kebanyakan jarum rajut di Indonesia diimpor dari China atau Jepang, sehingga umumnya yang beredar memakai satuan mm (milimeter). 

Terkadang pihak pembuat hakpen memiliki penomoran sendiri, sehingga mau tak mau kita sendiri yang harus mencocokkan ukuran tersebut ke satuan yang tepat.

Tabel Konversi Hakpen Crochet versi USA, UK, dan Jepang

Berikut konversi ukuran jarum crochet alias hakpen yang saya lansir dari situs: Habbedash.

Semoga postingan kali ini bermanfaat ya!

Happy crocheting!

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *