video

[Tutorial] Dasar Merajut Crochet: Membuat Chain Stitch

Sobat Shenisa, tahukah kamu bahwa membuat chain stitch atau tusuk rantai menjadi salah satu yang harus dipelajari pertama kali saat belajar merajut?

Yup. Ini teknik paling basic dan akan saya ulas di postingan kali ini.

Karena banyak teman yang bilang kalau belajar lebih mudah kalo melihat praktiknya secara langsung, jadi ya kali ini media belajarnya dari video aja.

Nah, karena aku dulu juga belajar dengan bantuan video tutorial cara membuat rajutan crochet dari YouTube akhirnya aku coba kasih referensi bagi pembaca blog ini dengan postingan macam-macam tusuk dasar rajut crochet.

Di antara tusuk dasar rajut crochet yang perlu diketahui adalah: chain, single crochet, double crochet, dan half double crochet. Kali ini kita akan belajar membuat chain stitch yang merupakan tahap paling awal dalam belajar merajut.

Saya sudah bikin tutorial fotonya. Untuk mempermudah penjelasan saya juga sertakan video untuk yang masih belum paham.

Tutorial Cara Membuat Chain Stitch

Chain atau tusuk rantai berfungsi sebagai tusuk paling dasar untuk membuat rajutan. Selain itu ch juga menjadi patokan untuk membalik rajutan dan menetapkan tinggi tusuk di awal baris.

Misalnya, untuk tusuk sc butuh 1ch, tusuk hdc butuh 2 ch, tusuk dc butuh 3ch, tusuk tr butuh 4ch, dan seterusnya.

Cara membuat chain stitch

Buat simpul hidup (slip knot), masukkan jarum. Tarik simpul hingga benang ketat / tidak terlalu longgar, jaga ukurannya agar kepala jarum tetap bisa keluar masuk lubang benang dengan leluasa. Kait benang sekali, keluarkan melalui lubang. Buat sepanjang yang kamu inginkan.

Teknik membuat tusuk rantai (ch)
Video dari Lionbrand
Tutorial by Bella Coco

Lihat juga: Cara Membuat Single Crochet (sc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *