travel
Dijamin Ketagihan! Inilah Kuliner Lampung dan Medan yang Wajib Dicoba

Dijamin Ketagihan! Inilah Kuliner Lampung dan Medan yang Wajib Dicoba

Bicara tentang kuliner Lampung, pasti identik dengan olahan pisang. Apa saja yang berbahan dasar pisang diolah menjadi hidangan nikmat yang wajib dicoba. Tak heran, Lampung memang didominasi oleh banyaknya kebun pisan di sepanjang jalan. Para pebisnis di bidang kuliner, khususnya UMKM,  banyak sekali yang menjual olahan pisang menjadi oleh-oleh khas Lampung.

Program BEDAH (Berita UKM Daerah) merupakan gagasan dari Ninja Xpress untuk menyajikan berita terkini mengenai UKM di Indonesia, sekaligus memberi inspirasi kepada masyarakat tentang ide bisnis yang layak dicoba di masa pandemi. Semua konten-konten bermanfaat ini bisa kamu lihat di Blog Ninja Xpress, yuk visit!

Oleh-Oleh Makanan Khas Lampung

Di konten BEDAH dari Ninja Xpress kali ini, kami akan merekomendasikan 3 makanan khas Lampung yang bisa dijadikan oleh-oleh. Mari kita BEDAH satu persatu.

Keripik Pisang Aneka

Nama keripik pisang Aneka sudah familiar bagi warga Lampung. Yup, oleh-oleh yang satu ini memang sudah melegenda dan dijadikan kuliner khas bagi wisatawan yang datang ke Lampung. Berbeda dengan keripik pisang lain, keripik pisan Aneka bertekstur renyah dan tipis. Dibumbui dengan beraneka rasa, seperti coklat, keju, menambah kenikmatan keripik pisang. Kamu harus banget coba keripik pisang ini.

Pie Pisang 

Olahan pisang lainnya yang tak kalah nikmat adalah pie pisang. Bentuk pie pisang yang berbeda dari pie-pie lainnya, menjadi ciri khas pie pisang Lampung. Dibagian atas pisang ditaburi berbagai macam toping (coklat, kacang, keju, almond, dan lain-lain) yang dapat menambah cita rasa. Tekstur pisang dibuat menyerupai pastry yang garing di luar tetapi empuk di dalam. 

Banana Foster

Masih dengan olahan berbahan pisang, banana foster menjadi olahan yang modern dibanding olahan lain. Banana foster merupakan kue berbahan dasar pisang yang dibagian atasnya diberikan varian rasa nutella, coklat, kacang, dan karamel. Walaupun oleh-oleh yang satu ini dimiliki oleh artis, namun produknya masih eksis karena rasa enak dan berkualitas. 

Tiga rekomendasi oleh-oleh di atas bisa banget kamu coba kalau berwisata ke Lampung. Beli ke toko langsung atau secara online, tidak masalah. Dukung UKM Indonesia dengan membeli produk-produk dalam negeri. Kamu bisa cek video Ini Yang Buat Keripik Pisang Lampung Jadi Paling Enak BEDAH (Berita UKM Daerah) untuk tahu kuliner Lampung lainnya.

Oleh-Oleh Makanan Khas Medan

Beralih dari Lampung ke Medan, Medan juga memiliki beragam makanan khas yang tidak kalah nikmatnya. Bagi pecinta kuliner Indonesia, Medan adalah surganya kuliner. Cita rasa yang dimiliki makanan Medan yang unik, tidak dapat ditemukan di kota-kota lainnya. Bumbu rempah dan bahan dasar yang digunakan sangat khas di lidah.

Penasaran kuliner apa saja yang khas di Medan?. Mari kita BEDAH rekomendasi makanan khas Medan yang wajib untuk dicobab siapapun yang datang ke Medan.

Bika Ambon

Siapa sih yang tidak tahu Bika Ambon?. Bika Ambon menjadi urutan pertama makanan khas Medan yang harus dicoba. Walaupun bahan dasarnya sederhana, seperti telur, gula, dan santan, Bika Ambon memiliki rasa yang sangat nikmat dengan aroma yang menggugah selera. Tekstur di bagian tengah Bika Ambon yang berongga membuat makanan ini kenyal dan mudah dikunyah. 

Mie Gomak 

Mie yang satu ini adalah khasnya Medan, yang tidak akan dijumpai di kota lain. Mie Gomak kuat akan rasa dari bumbu-bumbu rempah, berkuah kental, dengan tekstur mie lebih besar dari mie lain (mirip spaghetti). Mie Gomak cocok disantap pagi hari karena kuahnya yang hangat dan porsinya yang sesuai.

Teri Bajak

sumber: teribajakmedan.blogspot.com

Teri Bajak atau sering disebut Teri Medan, adalah makanan laut khas Medan yang sudah terkenal ke seluruh Indonesia.  Teri Bajak biasanya dicampur dengan kacang, atau cabe merah. Kandungan protein, vitamin, kalsium, dan zat besi yang ada pada Teri Bajak baik dikonsumsi bagi tubuh. Rasanya yang gurih, asin, dan pedas, menjadi daya tarik wisatawan untuk mencobanya.

Masih banyak makanan khas Medan yang rasanya tidak bisa terlupa. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner lain jika kamu mengunjungi Medan yang dijamin, bikin kamu ketagihan. Untuk tahu info seputar kuliner Medan yang lain, kamu bisa cek disini Makanan Khas Medan yang Wajib Dicoba, Rekomendasi Bang Mpin! (BEDAH).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *