diy
Pola dan Tutorial: Peta Mini Desa Kota untuk Buku Flanel

Pola dan Tutorial: Peta Mini Desa Kota untuk Buku Flanel

Bismillah. Kali ini saya akan membagi tutorial cara membuat peta mini desa kota untuk buku flanel. Mudah sekali, lho.

peta mini desa dan kota

Diagram di atas saya buat dari Inkscape. Masing-masing bagian dibuat dari gambar yang dijiplak di kain flanel. Setelah itu flanel dilem di halamannya.

Agar terlihat lebih lucu, bagian pintu saya bikin bisa dibuka-tutup. Sehingga bisa disisipkan figur kecil di dalamnya (saya pakai kancing mini). Selain itu, bagian ayunan pohon juga dibuat dari pita yang bisa digerak-gerakkan seperti ayunan beneran.

Cara memainkan halaman ini adalah dengan menggunakan figur kecil (kancing bentuk hewan atau lainnya) dan mobil-mobilan seukuran Hot wheels. Mobil bisa digerakkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Peta Mini Desa Kota untuk Buku Flanel

Alat dan Bahan:

  • Gunting kain
  • Lem tembak
  • Manik-manik kecil
  • kancing untuk roda/ jendela
  • Flanel 25 x 25 cm aneka warna

 

Cara Membuat:

  1. Gunting flanel sesuai bentuk pola yang diinginkan. Bisa bentuk gedung, gunung, pohon, rumah, mobil, truk, kolam ikan, jalan raya, dll. Bagian ini merupakan bagian tersulit. Karena kita harus menggunting kecil-kecil beragam bentuk yang ada. Pastikan gunting yang dipakai tajam dan sedikit melengkung di ujung. Biasanya gunting seperti ini disebut embroidery scissors/ gunting bordir. Bentuknya yang sedikit melengkung memudahkan kita untuk menggunting bagian kurva yang menikung pada kain flanel (misalnya pada bentuk pohon).
  2. Pasang jalan raya di halaman desa dan menyambung ke halaman kota. Tidak perlu mirip seperti yang saya buat. Tergantung kreativitas aja, ya. Intinya ada jalan yang saling berhubungan.
  3. Susun masing-masing bentuk yang sudah digunting di halaman. Punya saya, yang dasarnya warna cokelat adalah desa, sementara yang kota berwarna dasar ungu dengan setting gedung, mobil, dan lampu merah.
  4. Terakhir saat semua sudah siap, bisa dilem atau dijahit permanen.
  5. Voila, selesai.

Semoga bermanfaat, ya.

 

Happy Crafting

Nisa

 

Artikel Lain:

Pola Buku Flanel Busy Book: Anyaman

Membuat Halaman Sempoa untuk Busy Book Buku Flanel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *