[GRATIS] Pola Rajut Tas Cantik – Crochet Terbaru

You are currently viewing [GRATIS] Pola Rajut Tas Cantik –  Crochet Terbaru

{Free Pattern} Pola Tas Rajut Crochet 2019

Tren tas rajut selalu berganti. Dari tas selempang mini, ransel, hingga tas tangan, selalu ada perubahan gaya. Sejak tahun 2018 saya amati tas rajut crochet yang populer adalah tas dari bahan rafia. Sebelumnya tas bergaya bohemian/ boho chic, dan tapestry. Meski begitu tas dengan tusuk rajut sederhana dengan warna solid, gradasi, atau pun aneka warna, juga masih mendapat tempat di hati crocheter.

Saat mencari pola rajut tas (crochet) baik untuk dipakai sendiri maupun untuk diberikan/ dijual ke orang lain, saya bisa memilih hingga berjam-jam. Saya terbiasa membaca setiap detail langkah-langkah pembuatannya secara utuh. Apalagi jika ada foto tutorialnya.

Setelah melihat keseluruhannya, belum tentu juga saya bikin. Biasanya saya lihat dulu spesifikasi benang yang dipakai. Setiap desainer crochet punya rekomendasi masing-masing untuk bahan utama (jenis benang, warna, dll) maupun bahan pendukung (tali tas/ strap, kancing, rivet, eyelet, lining, tassel dll). Jika bahan utama dan pendukung ada semua, baru deh merajut

1.The Jackfield Tile Tote Bag

By Christine Bateman

Granny square sekarang makin fancy. Pola rajut tas Jackfield ini dibuat dari square tersendiri. Namanya juga square, proyeknya nggak terbatas cuma tas aja. Bisa untuk proyek kecil seperti gantungan kunci, dekorasi rumah, sarung bantal, hingga selimut. Sangat fleksibel.

Saya tertarik menyimpan pola tas rajut  ini karena ingin berkreasi, bermain warna dengan keindahan tusuk crochet yang bervariasi di setiap barisnya. Ini projek yang keren bagi yang punya sisa benang aneka yang cukup banyak. Karena saya sendiri termasuk orang yang pantang beli benang baru sebelum benang lama habis.

Pola tas rajut Jackfield tersedia di Ravelry. Bisa diunduh gratis dalam format pdf.  Dilengkapi dengan foto dan rekomendasi benang dan ukuran hakpen yang bisa dipakai. Untuk ketahanan dan kekokohan tas, kamu bisa menambahkan lining dan tali tas dari bahan apa saja sesuai imajinasi kreatifmu.

2. Easy V Bag

By Michael Sellick “The Crochet Crowd”

Mikey ini salah satu desainer crochet yang produktif melahirkan kreasi dan pola-pola rajut gratis. Mulai dari apparel hingga tas. Pola tas rajut yang saya bagi kali ini adalah Crochet Easy V Bag yang cukup populer di Ravelry.

Mulai dari bawah hingga badan tas dibuat dengan pola yang sama berulang-ulang. Sangat mudah bahkan bagi yang baru belajar merajut sekali pun. Tali tas juga dibuat dengan merajutnya secara melingkar seperti tabung.

3. MATILDA TOTE BAG

By Megan Saimes

Suka yang simpel tapi juga berkelas? Pola rajut tas Matilda tote bag bisa menjadi pilihan. Saya suka tekstur cable meski cable crochet itu agak boros benang dan terlihat kurang halus (nggak sehalus cable knit, imho).

Senangnya pola crochet Matilda Tote ini gratis dan tutorialnya sangat lengkap hingga sekedar melihat foto-fotonya pun bisa dengan mudah diikuti.

Struktur untuk membuat tas ini, setidaknya ada tiga bagian. Satu bagian depan, satu untuk belakang, dan bagian samping kanan-alas-samping kiri yang menjadi satu bagian. Dan tips agar tas bisa berdiri tegak, kamu bisa tambahkan lining dari bahan yang kokoh, kanvas misalnya (saya pribadi biasanya pakai alas tas yang dijahit tindas dengan busa).

4. CABANA CROCHET BAG

By Sierra Tosner

Lagi musim tas rafia bundar besar yang bisa diisi banyak barang dan dirajut ekstra cepat. Cabana crochet bag ini salah satu pola rajut tas rafia gratis yang bisa kamu ikuti tutorialnya.

Dibuat dengan 2 lingkaran besar secara spiral (continuous round) dan 1 bagian flat untuk pinggiran dan alas tas.

Tas model ini mudah dan cepat. Dan bagi pelupa seperti saya, tiap 1 lingkaran harus ditandai. Bisa dengan stitch marker, peniti, atau sehelai benang kecil yang diselipkan di sela-sela tusuk pertama setiap lingkaran.

5. SUMMER CROCHET SHOULDER BAG

By Anabelia Craft Design

Pola rajut tas summer shoulder bag ini dibuat dari granny square solid. Saya sudah pernah posting cara membuatnya di blog ini.

Baca juga: Tutorial Granny Square Solid untuk Pemula

Ukurannya pun bisa disesuaikan besar-kecilnya. Mau kelihatan agak boho? Tambahkan tassel di bawahnya. Mau kelihatan lebih girly? Tambahkan bunga di tengah tasnya.

6. FLORENCE BACKPACK

By Olivia

Beberapa tahun lalu susah sekali mencari pola tas rajut gratis untuk membuat ransel/ backpack. Mungkin karena lagi demam Korean style, di mana pemakaian tas backpack ini (setahu saya tas ransel model ini pernah populer di tahun 1995-1998, saya juga punya waktu itu) kembali hit banget.

Simpel dan klasik, kini kamu pun bisa membuat tas Florence backpack ini dengan pola gratis yang dibuat Olivia.

Pilihan benangnya sih, sesuai selera aja. Lebih baik kalau benangnya yang kuat. Bisa dengan cara memakai dua benang yang dirajut bersamaan atau pakai 1 benang yang dirajut dengan hakpen yang agak kecil biar hasil rajutannya rapat.

7. MALIA SHOULDER BAG

By: Rebecca Langford

Saya jatuh cinta dengan tusuk crochet yang dipakai di pola tas rajut tas Malia shoulder bag ini. Ukurannya juga pas untuk dipakai hangout.

8. SUZETTE CROCHET BAG

By make and do crew

Pola tas rajut 2019 terbaru

Banyak tas crochet bagus yang dihasilkan dari pola yang sederhana. Salah satunya Suzette crochet bag ini. Tote bag dengan gaya modern dan warna netral, tapi tetap cantik dengan tekstur yang dihasilkan dari tusuk crochet suzette stitch.

Pola rajut tas Suzette bag ini dilengkapi dengan video tutorial suzette stitch. Meski kelihatan rumit, sebenarnya hanya berbekal kemampuan membuat dua tusuk dasar sc dan dc saja, kamu bisa membuat tas ini.

Dengan bahan pendukung yang tepat (tali tas dari kulit, mata sapi/eyelet, rivet, gantungan hias/ charm, dll), tas sederhana saja bisa jadi terlihat stylish dan berkelas.


9. COOL STRIPES BAG

By Jennifer Pionk

Tas cool stripes ini dirajut dengan rapat. pilihannya bisa dengan memakai benang yang ply besar atau ply kecil yang dirangkap atau memakai jarum kecil (yang terakhir ini bakal lama ngerajutnya). Tergantung waktu yang kamu miliki. Di sini kamu juga akan belajar membuat hhdc (herringbone half double crochet).

10. EASY GIFT BAG

By Allyson

Pola tas rajut ini bisa untuk berbagai acara. Kalau kamu ingin mengadakan acara lalu ingin memberi semacam souvenir untuk para tamu, easy gift bag ini bisa menjadi solusi. Ada beragam ukuran tas yang  bisa kamu pilih. Karena pola crochet bag ini sederhana dan mudah, bagi pro crocheter, tas ini bisa dibuat secepat kilat untuk acara mendadak sekali pun.

Happy crocheting

Nisa

Tinggalkan Balasan

This Post Has 15 Comments

  1. Rini Uzegan

    Jadi pengen ngerajut lagi, tapi blom sempet beli benang 😀

  2. Ermawati enay

    Terimakasih jadi ketagihan untuk merajut2 dan merajut lagi.

  3. F. Nisa

    Hehe, kebalikan ma aq. Benangku bnyak… Tapi gk sempet bikin, hufff

  4. F. Nisa

    Hehe, kebalikan ma aq. Benangku bnyak… Tapi gk sempet bikin, hufff

  5. Chichityo

    Sukak banget kak… nambah pengalaman kak

    1. Nisa

      Terima kasih, sudah berkunjung yaa… semoga bermanfaat.

  6. Anisa

    Bagus-bagus banget kak tas rajutannya 🙂

    1. Nisa

      Bagus, makanya saya simpan dan share di sini. Hehe

  7. Ewafebri

    Hoaaa kece banget. Terima kasih rekomendasinya mbak. Saya pingin lanjut belajar. Tahun lalu cuma bikin kotak pensil. Itu aja bikin capek. Hahaha.. semoga tahun ini tertantang.

    1. Nisa

      Sama-sama. Hehe..
      Sejujurnya saya juga naik-turun mood ngerajutnya. Hwaah..gimana dong.

  8. Lusi

    Waaah lucu2 ya. Aku belum sanggup merajut gini, bongkar melulu. Ibuku jauh lebih canggih. Entah kapan punya kesempatan untuk belajar.

    1. Nisa

      Mbak Lusi punya keahlian sendiri di bidang sewing. Itu nilai plus juga, walhamdulillah. Hehe…
      Menjadi orang kreatif kan nggak harus menguasai semuanya.

  9. Diah Herawati

    Koleksi yg bagus… jadi pingin mencoba utk membuat tas… apakah ada buku khusus pola rajut yg dijual di toko2 buku? Saya pingin ngoleksinya mbak…
    Terima kasih…

    1. Nisa

      Banyak sekali buku rajutan di tahun-tahun belakangan ini. Beda sekali dengan awal saya belajar merajut di tahun 2009-2010, buku pola rajut masih minim. Silakan cek saja di toko buku online atau di Toga Mas, Gramedia. Sepengetahuan saya, buku-buku rajutan (apalagi tas) sangat cepat ludes di pasaran. Semoga membantu *senyum